Karakter dan Kegunaan Besi Cor Kelabu di Industri Otomotif

Besi-Cor-Kelabu-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Kegunaan besi cor kelabu pada industri otomotif. Memilih besi cor kelabu memang wajib disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Jenis ini memiliki harga murah, dan paling banyak diproduksi di dunia.

Ketahui betul karakteristik dan kegunaannya sebelum memakainya. Apabila Anda sedang kebingungan mencari karakteristik metal yang pas untuk digunakan, tentu ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Karena setiap tipe memiliki spesifikasi berbeda.

Misalnya saja besi cor putih, cocok untuk peralatan yang membutuhkan ketahanan terhadap gesekan. Kekuatannya membuat tipe ini tidak mudah aus sehingga pas dijadikan sebagai suku cadang.

Lalu bagaimana dengan cor kelabu, mengapa harganya sangat murah dibandingkan dengan tipe lainnya. Alasan kuat mengapa memiliki harga paling murah adalah proses manufakturingnya mudah.

Selain itu banyak juga pabrik yang memproduksinya sehingga harga pasarnya rendah. Komponen penyusunnya juga relatif mudah ditemukan. Jadi memang tipe satu ini pantas jika memiliki harga murah.

Lalu mengapa banyak orang banyak memburu tipe logam ini. Selain karena murah, jenis ini memiliki kelebihan yang masih dapat ditoleransi jika dibandingkan dengan lainnya. Apa kelebihannya itu, simak pembahasan selengkapnya berikut.

Karakteristik Unik Besi Cor Kelabu

Besi cor kelabu memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan  jenis besi cor lainnya, salah satunya adalah tingkat keuletan bahan. Tipe gray cast iron memiliki tingkat keuletan yang medioker sehingga masih mudah ketika dibentuk ulang.

Kelebihan tersebut tentu saja membuat para penggunanya lebih mudah ketika melakukan proses penempaan. Karena ulet gray cast iron tidak akan terlalu mudah retak meskipun perlakuan penempaannya kurang sempurna.

Jadi bagi penempa awam cocok digunakan tanpa perlu khawatir bahan akan mudah rusak. Kemudian kekuatan tarikan yang dimiliki juga masih bisa ditoleransi. Hal tersebut tentu memudahkan proses penempaan ulang.

Anda bisa menjadikan bentuk dasar lebih panjang tanpa takut komposisi penyusunnya menjadi kurang kuat. Jadi satu block grey cast iron dapat diubah menjadi berbagai macam bentuk sesuai kebutuhan penggunaannya.

Meskipun sepertinya besi cor kelabu memiliki karakteristik besi yang lebih lentur, namun ketahanannya terhadap benturan cukup tinggi. Inilah salah satu keunikan dari besi cor kelabu yang sangat menguntungkan.

Siapa saja dapat menggunakannya, dan mengubahnya menjadi berbagai macam bentuk tanpa khawatir kekuatan komposisinya menurun drastis. Tentu sangat berbeda dengan besi lentur dimana kekuatannya dapat turun drastis setelah penempaan ulang.

Jangan lupa bahwa grey cast iron memiliki kekuatan luluh cukup tinggi. Jadi tingkat pemuaian molekulnya relatif lambat. Hal tersebut sangat cocok digunakan sebagai material di daerah tropis atau kebutuhan bersuhu tinggi.

Baca Juga: Jenis Besi Plat dan Daftar Harga Besi Plat 2021

Kegunaan Utama Besi Cor Kelabu dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan keunikan karakteristik yang dimilikinya, grey cast iron memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Besi cor ini selalu digunakan untuk berbagai komponen yang memiliki potensi terpapar panas tinggi.

Mesin mobil dibuat menggunakan grey cast iron karena tingkat panasnya akan naik saat mesin bekerja. Kemampuan jenis besi ini dalam menahan potensi pemuaian cukup bagus sehingga mampu menjaga struktur mesin tetap kokoh.

Selain untuk mesin, tipe ini juga pas digunakan untuk perangkat dengan potensi gesekan tinggi seperti gears. Permukaan pada grey cast iron tidak akan mudah aus meskipun mengalami gesekan secara konstan.

Tidak hanya untuk barang berat, jenis tersebut juga pas digunakan untuk peralatan rumah tangga. Misalnya saja komponen pada kompor yang selalu terpapar dengan suhu tinggi dan wajan penggorengan (cast iron pan).

Apabila Anda hendak membuat sesuatu yang konstan terkena panas atau gesekan maka besi cor kelabu paling pas digunakan. Miliki segera dari toko besi terpercaya yang berkualitas.

Akan sangat disayangkan ketika menggunakan karakteristik pas namun kualitasnya buruk. Jika Anda penasaran dimana mencari besi cor kelabu berkualitas paling bagus, pilihlah KPS Steel.

Baca Juga: Cara Merawat Besi Galvanis Agar Awet dan Tahan Lama

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis dan pipa galvanis dan beragam jenis besi lainnya. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu