Ini 4 Cara Merawat Besi Galvanis agar Awet dan Tahan Lama

Cara-Merawat-Besi-Galvanis-Distributor-Besi-Jakarta-KPS-Steel

Bagaimana cara Merawat Besi Galvanis agar Awet dan Tahan Lama? Besi galvanis menjadi salah satu material yang sering dijadikan sebagai pilihan untuk membuat pagar, kanopi, serta railing balkon.

Memiliki sifat yang awet serta anti pecah merupakan alasan mengapa banyak orang yang menggunakan besi ini. Besi ini dibuat dengan mencampurkan besi serta zat kimia sebagai pelapis.

Lapisan finishing terdiri atas 97% unsur coating besi dan sisanya merupakan alumunium dan bahan lain. tujuannya tentu saja agar besi bisa bertahan pada korosi serta karat meskipun diterpa berbagai cuaca.

Proses melapisi besi dilakukan dengan mencelupkan besi di seng cair. Metode galvanisasi ini dilakukan dari abad ke 19, dan dipatenkan tahun 1837. Peran dari lapisan seng tentu saja sangat penting untuk melindungi besi dari polutan yang menyebabkan banyak karat.

Selain awet, harga besi ini juga terjangkau dan mudah dicari, sehingga menjadi alasan mengapa besi ini lebih laris manis dibandingkan dengan jenis lain.

Cara Merawat Besi Galvanis dengan Mudah

Meskipun besi ini sudah diberi anti karat, namun bukan tidak mungkin karat tidak bisa terjadi. Tetap saja terdapat risiko perkaratan.

Untuk mengurangi risiko tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat besi. Berikut berbagai macam cara untuk merawatnya, antara lain:

1. Hindari besi dari air semen

Air semen mempunyai potensi yang besar untuk merusak lapisan anti karat baja ringan dengan adanya reaksi kimia yang timbul ketika terkena baja ringan. Seperti yang sudah dijelaskan, besi ini memang memiliki kemampuan anti karat, namun perkaratan tetap bisa terjadi.

Jika Anda melakukan pemasangan besi ini pada semen, hindari melakukan pemasangan secara langsung, lebih baik gunakan lapisan kedap air untuk pembatas keduanya, sehingga nantinya tidak terjadi korosi.

2. Hindari besi dari paparan hujan dan panas terus menerus

Pada dasarnya, baja ringan bukan menjadi material eksterior, sehingga tidak dibuat dengan ketahanan pada panas matahari dan hujan secara masif. Lebih-lebih cuaca di Indonesia tidak menentu.

Bila besi ini dipasang di bagian luar rumah dan terkena panas serta hujan secara terus menerus, nantinya hal ini bisa menggerus lapisan anti karat di baja ringan. Sehingga bila terkena hujan, akan terjadi korosi yang lebih cepat.

Agar bisa menghindari terjadinya korosi, lebih baik simpan besi galvanis di tempat yang tertutup serta tidak terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung dan terus menerus. Bukan hanya itu, Anda juga harus menghindari pemasangan besi ketika musim hujan, karena pemasangan besi ketika musim hujan lebih rentan terkena korosi.

Baca Juga: Fungsi Besi Beton dan Keunggulannya untuk Bangunan

 3. Menghindarkan besi dari larutan asam

Larutan asam bila terkena besi akan menimbulkan karat. Ketika larutan asam terkena rangka baja, lapisan anti karat yang berada di baja bisa mengelupas serta menimbulkan karat. Oleh sebab itu, sebelum Anda melakukan pemasangan, lebih baik hindari produk pembersih lantai atau keramik yang memiliki kandungan asam.

Simpan galvanis di tempat yang jauh dari cairan asam.

4. Menghindarkan besi dari goresan alat kerja

Galvanis yang terdapat goresan nantinya akan langsung berhubungan dengan oksigen. Proses oksidasi yang terjadi antara oksigen serta zat baja bisa menimbulkan karat.

Sehingga, bila terjadi kerusakan yang timbul karena bekas sambungan serta salah potong, lebih baik segera beri lapisan anti karat atau melakukan pengecatan ulang.Jika pengecatan tidak dilakukan, karatan bisa menjalar semakin jauh.

Agar tidak terjadi kesalahan pemotongan besi. Lebih baik orang yang melakukan pemasangan dan pemotongan merupakan mereka yang sudah profesional.

Baca Juga: Keunggulan Tempat Tidur Besi Hollow dan Cara Membuatnya

Untuk merawat rangka besi memang tidak mudah. Selain itu Anda juga harus menggunakan besi yang berkualitas. KPS Steel merupakan distributor besi yang menyediakan besi berkualitas untuk Anda, dengan besi galvanis yang berkualitas, besi akan lebih tahan lama.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi galvanis dan beragam besi baja ringan lainnya. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu