Fungsi Besi Beton & Keunggulannya untuk Bangunan

Fungsi-Besi-Beton-dan-Keunggulannya-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Fungsi Besi Beton dan Keunggulannya dalam Konstruksi Bangunan

Dalam dunia konstruksi, besi beton merupakan salah satu material paling sering digunakan. Pernahkah Anda memperhatikan proses pembangunan rumah atau gedung bertingkat di sekitar lingkungan? Dalam pembangunannya, dibutuhkan rangka tulangan khusus. Tulangan tersebut dibangun sebagai rangka bangunan agar dapat berdiri tegak dengan kekuatan tertentu. Bangunan yang aman tentunya menjadi prioritas semua orang, baik pemilik maupun pengembangnya.

Baca Juga: Keunggulan Tempat Tidur Besi Hollow dan Cara Membuatnya

Bagi pemilik, kekuatan bangunan berdampak langsung pada keamanan serta keselamatan penghuninya. Sedangkan bagi pengembang, kegagalan pembangunan sebuah gedung akibat kesalahan material tentu dapat menghancurkan reputasinya sebagai kontraktor.

Beragam Fungsi Besi Beton

Besi dan juga beton adalah bahan andalan dalam setiap aktivitas konstruksi rumah, gedung bertingkat, jembatan, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui, bahwa jenis besi ini tersusun atas berbagai unsur. Antara lain bijih besi, sulfur, karbon, serta phosporous. Dengan komposisi tertentu, campuran unsur tersebut akan membentuk material yang sangat kuat sehingga menghasilkan kekerasan tinggi dalam struktur konstruksi.

Sementara itu, fungsi dari material ini antara lain adalah untuk bahan pembuatan pondasi hingga sebagai rangka cor dinding bangunan. Pembuatan rangka utama menggunakan material ini dapat menjadikan struktur suatu gedung sangat kokoh. Penggunaan material tersebut tentunya harus melalui perhitungan secara tepat sehingga strukturnya sesuai dengan kebutuhan bangunan serta standar keamanan. Apabila perhitungannya baik, maka akan menghasilkan konstruksi berkualitas.

Yakni konstruksi yang memiliki gaya tarik baik serta mempunyai kemampuan untuk menahan gaya tekan. Material besi beton tersebut tidak hanya dipakai pada rumah pribadi. Akan tetapi juga proyek konstruksi seperti gedung bertingkat dan lainnya. Bahan satu ini juga bertindak sebagai pengikat kuat antara besi dan beton.

Jenis besi ulir serta tulangan dapat menghasilkan daya ikat lebih kuat pada proyek pembangunan gedung atau infrastruktur lainnya. Penggunaan bahan tersebut juga memberikan daya lekat lebih besar. Ini berarti sebuah bangunan akan memiliki struktur lebih kuat dan kokoh ketika menggunakannya.

Jenis-jenis Besi Beton yang Dijual KPS Steel

Kami sebagai salah satu supplier material besi maupun baja terbesar sangat memperhatikan kebutuhan proyek pembangunan berbagai gedung. Untuk itu, kami menyediakan produk berkualitas terbaik untuk kebutuhan Anda.

1. Besi Polos

Jenis ini juga sering dikenal dengan sebutan plain bar. Ciri fisik plain bar yaitu mempunyai penampang berbentuk bulat. Sedangkan permukaannya bertekstur halus dan licin atau mulus. Umumnya produsen material tersebut memproduksi plain bar dengan standar ukuran tertentu, yaitu panjangnya 12 meter. Sementara standar ukuran diameternya antara lain 36 mm sampai 50 mm.

Semakin besar diameternya, maka kekuatannya juga akan lebih tinggi. Penggunaan plain bar biasanya diaplikasikan pada berbagai tulangan beton. Misalnya plat beton, kolom jembatan, sloof, dan lain sebagainya. Kekuatan plain bar terhadap tekanan adalah minimal 240 Mpa. Plain bar merupakan jenis yang bisa didapatkan dengan mudah di distributor material besi dan baja. Keunggulannya yaitu plain bar relatif mudah dibentuk dan murah.

2. Besi Ulir

Nama lain dari jenis material ini yaitu deformed bar. Sesuai sebutannya, deformed bar memiliki penampang unik dengan tekstur ulir pada permukaannya. Tekstur ulir ini membentuk sudut 45 derajat dan bentuknya seragam menyerupai sirip-sirip. Adanya tekstur ulir ini menjadikannya memiliki daya lekat lebih besar ketika menahan tulangan.

Deformed bar mempunyai kekuatan 1,67 kali dibanding jenis plain bar, yakni minimal 400 Mpa. Artinya, penguatan menggunakan deformed bar efeknya lebih besar. Kami adalah supplier plain bar serta deformed bar yang menyediakan berbagai ukuran. Sehingga Anda dapat menyesuaikan berdasarkan kebutuhan. Pastikan memilih ukuran besi beton yang sesuai berdasarkan perhitungan.

Baca Juga: 5 Jenis Cat Besi Anti Karat dan Cara Penggunaannya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu