5 Jenis Cat Besi Anti Karat dan Cara Penggunaannya

cat-besi-anti-karat-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Jenis-Jenis Cat Anti Karat dan Penggunaannya

Penggunaan cat besi anti karatmenjadi salah satu kunci untuk menjadikan hunian Anda semakin indah. Cairan pewarna ini bertanggung jawab atas tampilan permukaan logam pada barang-barang maupun furniture Anda. Selain itu, pengaplikasian cairan berwarna tersebut juga mampu membuat perabot besi atau logam lebih tahan terhadap karat. Akan tetapi, sebelum mengaplikasikan cairan tersebut ke perabot Anda, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis cat besi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat Pada Besi dengan Mudah

Rekomendasi Cat Besi Anti Karat

Cat Epoxy

Ini merupakan jenis cairan pewarna yang dapat membuat permukaan logam tersebut tidak mudah berkarat. Di samping itu, pengaplikasian epoxy dapat menghasilkan tampilan lebih indah. Anda disarankan menggunakan alat spray agar lebih merata.

Cat Efek/Tekstur

Sesuai namanya, cairan ini dapat menghasilkan efek gradasi warna maupun tekstur tersendiri pada permukaan besi. Sehingga permukaannya akan terlihat memiliki motif yang indah. Jenis satu ini juga semakin populer digunakan.

Cat Aluminium

Walaupun memakai nama aluminium sebagai sebutannya, namun cairan pewarna ini bisa diaplikasikan pada semua logam termasuk besi. Istilah aluminium mengarah pada warnanya yakni silver seperti warna khas logam tersebut.

Alkyd Sintetic

Keunggulan cairan pewarna jenis alkyd sintetic adalah harganya yang terjangkau. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampurkannya dengan cairan thinner. Jenis cairan pewarna ini dapat Anda temukan di toko dengan mudah.

Cat Duco

Jenis cairan pewarna ini populer untuk penyemprotan pada mobil maupun motor. Agar hasilnya maksimal, gunakan sprayer ketika mengaplikasikannya ke permukaan besi. Sprayer dapat membuat hasilnya lebih halus dan merata.

Cara Mengecat Besi yang Benar

Setelah memilih jenis cat besi anti karat, pastikan untuk mengetahui bagaimana cara aplikasinya secara benar. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Bersihkan Permukaan dari Debu dan Kotoran

Pertama, bersihkan seluruh bagian permukaan dengan mencucinya secara bersih. Sehingga tidak ada debu maupun kotoran yang menempel. Karena debu bisa membuat hasil pengecatan menjadi kurang rapi.

2. Gosok dengan Ampelas

Jika terdapat bagian permukaan yang sulit dibersihkan, ada baiknya menggosoknya dengan ampelas. Dengan begitu, hasil pengecatan akan lebih halus dan merata.

3. Hilangkan Cat Membandel dengan Cairan Penghilang Cat

Bersihkan juga sisa-sisa cat membandel menggunakan cairan khusus untuk menghilangkannya. Ini bertujuan agar tidak ada bekas warna terdahulu maupun menghasilkan tekstur kasar.

4. Keringkan

Setelah membersihkan seluruh bagian permukaan, tunggu beberapa saat sampai benar-benar kering. Karena permukaan yang masih basah akan mengubah komposisi campuran ketika diaplikasikan.

5. Gunakan Cat Primer ke Seluruh Permukaan Besi

Setelah semua permukaan benar-benar kering, Anda bisa mengaplikasikan cat dasar atau primer terlebih dahulu. Cairan primer akan membuat hasil pewarnaan pada permukaan besi lebih bagus.

6. Pilih yang Sesuai dengan Karakteristik Besi

Tiap-tiap logam memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda satu sama lain. Pahami karakteristik besi yang akan dicat kemudian pilihlah jenis paling sesuai dengan peruntukannya.

7. Aplikasikan Sebanyak Dua Kali untuk Hasil Terbaik

Mengaplikasikan cairan pewarna ini ke permukaan sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali. Karena pengaplikasian satu lapis biasanya hasilnya kurang maksimal. Mengaplikasikan dengan dua lapisan membuat warnanya lebih keluar sehingga tampak indah. KPS Steel menyediakan berbagai material besi dan baja secara lengkap dengan kualitas terbaik untuk Anda. Ini sangat bagus untuk membuat berbagai macam perabot rumah tangga. Supaya furniture tersebut semakin estetik, aplikasikan cat besi anti karat.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Furniture dari Plat Stainless Steel

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu