Yang Perlu Diperhatikan Saat Grating Besi Cor Pada Gedung

Grating-Besi-Cor-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Perhatikan Hal ini Saat Grating Besi Cor Pada Gedung

Grating besi cor menjadi sebuah komponen drainase dengan bentuk bar persegi dan memiliki lubang kotak di atasnya. Bahan baku dari grating tersebut ialah besi dengan proses pengecoran logam. Biasanya, komponen drainase ini disebut dengan grating, namun ada juga yang menyebutnya dengan grill. Bangunan yang menggunakan grating besi biasanya digunakan untuk penguat konstruksi bangunan yang bertujuan sebagai komponen drainase.

Baca Juga: Karakter dan Kegunaan Besi Cor Kelabu di Industri Otomotif

Besi ini juga sering digunakan sebagai jalan penyebrangan di saluran drainase. Grating besi biasanya digunakan untuk komponen proyek pembangunan tinggi serta besar seperti stadion, hotel, mall dan apartemen. Spesifikasi dari grating cast iron atau grating cor besi ini memiliki ketebalan kurang lebih 4 cm, dengan berat 70 kg. Ukuran panjangnya 100 cm, lebar 58 cm sedangkan tinggi 4,5 cm. Ukuran dari grating tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Grating Besi Cor

Sebenarnya, melakukan suatu pemasangan grating besi sangat mudah bahkan tidak membutuhkan peralatan tambahan. Tanpa adanya frame bisa juga secara langsung dipasang di beton saluran, asalkan telah disamakan jumlah besar ukurannya. Meskipun demikian, ada beberapa macam hal yang harus diperhatikan ketika Anda sedang melakukan grating besi. Anda harus memperhatikan tipe grating cast iron, desain dan lainnya.

Agar tidak bingung melakukan persiapan ketika pemasangan. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1. Sesuaikan tipe dengan beban yang akan melewati besi

Grating cast iron terdapat beberapa tipe yakni heavy duty serta medium duty. Untuk tipe heavy duty biasanya digunakan untuk area yang sering dilewati oleh kendaraan yang memiliki tonase berat contohnya seperti kontainer. Grating cast iron heavy duty biasanya dibuat dengan material besi grade A. Sedangkan untuk medium duty, dipergunakan untuk drainase kendaraan yang memiliki beban ringan seperti mobil keluarga atau motor.

Material yang dimiliki grating cast iron medium adalah cor besi biasa. Sehingga jika area seperti kantor, mall dan hotel, lebih cocok menggunakan heavy duty. Sedangkan jika bangunan sering dilewati dengan tonase ringan, bisa menggunakan medium duty.

2. Desain

Biasanya, besi cor mempunyai desain persegi panjang serta memiliki lubang-lubang yang memanjang di grating. Lubang ini berguna untuk jalan masuk dari air ke drainase sehingga tidak terjadi genangan. Namun, bila Anda tidak ingin menggunakan desain persegi panjang, Anda dapat memesan grating cast iron bentuk custom. Biasanya, ukuran saluran drainase yang dimiliki oleh setiap proyek berbeda-beda, oleh sebab itu untuk desainnya dapat disesuaikan dengan lokasi.

Karena memiliki fungsi yang sangat vital, penyesuaian desain harus diperhatikan dengan baik, jangan hanya mengandalkan segi estetika saja, namun juga harus mengandalkan segi keselamatan masyarakat yang nantinya melintas di sana.

3. Pemasangan rata

Ketika melakukan pemasangan grating cast iron, pastikan grating cast iron ini dipasang di permukaan yang rata. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi goncangan saat kendaraan melintas. Jangan sampai pemasangan grating cast iron di area yang tidak merata, sehingga nantinya orang yang lewat akan tersandung, karena permukaannya yang kurang rata. Untuk memastikan permukaannya rata, Anda bisa melakukan pengukuran dahulu.

Berbagai macam hal di atas adalah hal yang harus diperhatikan. Selain itu, pastikan menggunakan produk grating cast iron berkualitas. KPS Steel menjadi distributor besi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Kami memiliki besi cor dengan spesifikasi sesuai keinginan Anda.

Baca Juga: Jenis Besi Plat dan Daftar Harga Besi Plat 2021

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu