Cara Mengelas Besi Tebal yang Perlu Diperhatikan Pemula

Cara-Mengelas-Besi-Tebal-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Cara Mengelas Besi Tebal untuk Pemula

Cara mengelas besi tebal memang gampang-gampang sulit. Pada dasarnya, tebal besi menjadi parameter pengelasan yang harus diperhatikan dengan seksama. Tebal besi yang akan dilas nantinya akan mempengaruhi besar arus, kecepatan las, voltase hingga nilai panas yang nantinya masuk dalam material. Meskipun terlihat menyulitkan, pada dasarnya mengelas besi tebal jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan mengelas besi yang tipis.

Baca Juga: Karakter dan Kegunaan Besi Cor Kelabu di Industri Otomotif

Ketika mengelas besi tebal, kita tidak perlu cemas terjadi lubang di material. Berbeda ketika mengelas besi tipis yang sangat rawan lubang. Teknik seperti ayunan hingga jenis kampuh las juga harus diperhatikan dengan baik.

Cara Mengelas Besi Tebal dengan Mudah

Berbagai macam teknik mengelas ini harus diperhatikan agar memperoleh hasil las yang maksimal. Sehingga hasil las berkualitas dan tidak berlubang. Berikut cara mengelas besi yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1. Gunakan Kampuh yang Sesuai

Pada dasarnya, tebal material menjadi faktor yang harus diperhatikan ketika memilih jenis sambungan las atau kampuh las. Bila Anda menggunakan label material 5 hingga 6 mm, Anda masih dapat menggunakan kampuh I. Namun jika ketebalan besi yang akan di las sebesar 8 hingga 12 mm, disarankan menggunakan kampuh V. Besi dengan tebal material lebih dari 12 mm menggunakan double V.

2. Lakukan Persiapan Sambungan dengan Baik

Saat mengelas material tebal, Anda harus bisa mengelas sampai penembusan dengan baik. Sebelum melakukan pengelasan, Anda bisa mempersiapkan dimensi joint preparation. Untuk sudut bevel sebesar 30 derajat, sedangkan sudut kampuh sebesar 60 derajat. Untuk root gap sebesar 2 hingga 3 mm sedangkan root face sebesar 2 mm.

3. Gunakan Elektroda Sesuai

Cara mengelas besi tebal berikutnya adalah memperhatikan elektroda. Bila hasil las akan dilakukan pengujian tarik, Anda juga harus memperhatikan kekuatan elektroda. Bila kekuatan tarik material ialah 60 Ksi, kekuatan minimum elektroda minimal 60 Ksi. Elektroda atau kawat las juga memiliki kriteria tertentu. Anda bisa menggunakan jenis kawat LB-52.

4. Gunakan Prosedur yang Sudah Terkualifikasi

Agar hasil lasan besi lebih berkualitas, pastikan Anda memahami prosedur pengelasan yang sudah terkualifikasi. Karena, dengan prosedur tersebut, Anda hanya perlu mengikuti semua parameter yang ada serta hasil yang akan diperoleh sesuai dengan standar. Bila Anda tidak memiliki standar prosedur pengelasan, Anda bisa melihat standar AWS yang di dalamnya juga terdapat preWPS untuk beberapa material lain, sehingga nantinya tanpa mengikuti standar prosedur pengelasan, Anda sudah bisa mengacu ke semua parameternya.

5. Menggunakan Arus Las yang Tepat

Arus las sangat penting untuk diperhatikan saat mengelas besi yang tebal. Jika arus las yang digunakan terlalu kecil, besi tidak bisa menyatu dengan baik. Terdapat beberapa pertimbangan ketika pemilihan arus las seperti posisi pengelasan, diameter elektroda, jenis bahan, ketebalan material. Contohnya untuk diameter elektroda 1.5 mm, arus las yang dibutuhkan 20 hingga 40 amphere.

6. Tentukan Jumlah Layer

Ketika proses pengelasan, jumlah layer akan mempengaruhi masukan panas. Bila jumlah layer sedikit padahal tebal besi 10, nantinya proses pengelasan bisa berjalan dengan lambat.

7. Gunakan Mesin Las yang Sudah Terkalibrasi

Selain memperhatikan berbagai hal di atas, memperhatikan mesin las yang digunakan juga tidak boleh luput diperhatikan. Anda bisa melihat tabel kalibrasi, apakah sudah melewati masa kadaluarsa atau belum. Bila sudah melebihi batas waktu, lebih baik Anda melakukan kalibrasi ulang. Bila tidak dikalibrasi, bisa menyebabkan parameter tidak sesuai dengan output mesin las.

Baca Juga: Jenis Besi Plat dan Daftar Harga Besi Plat 2021

Memperhatikan tips di atas memang harus dilakukan, namun Anda juga harus memastikan sudah menggunakan material besi yang berkualitas. Jadi, jangan hanya memperhatikan cara mengelas besi tebal saja. Kunjungi KPS Steel distributor besi yang bisa dijadikan sebagai pilihan ketika mencari besi berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu