Mengenal Lebih Dalam Pondasi Cakar Ayam

Pondasi-Cakar-Ayam-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Mengenal Pondasi Cakar Ayam

Ada banyak pilihan pondasi ketika hendak mendirikan sebuah bangunan, seperti pondasi cakar ayam, sumuran, bored pile, plat beton lajur, dan lain sebagainya. Pemilihan pondasi ini harus tepat agar bangunannya kuat, lalu disesuaikan dengan jenis bangunan dan tanahnya. Bangunan memiliki beban, semakin tinggi bangunnya semakin besar juga bebannya. Bebannya ini perlu disalurkan secara merata pada tanah di bawah bangunannya, sehingga bisa kokoh berdiri dan tidak mudah ambruk.

Baca Juga: Fungsi Kawat Bendrat di Konstruksi Bangunan dan Harganya

Untuk menyalurkan tersebut diperlukanlah pondasi. Selain menyalurkan beban ke seluruh tanah secara merata, juga memperkuat bangunannya dari faktor eksternal, seperti angin, gempa, dan sebagainya. Ketidakcocokan dalam memilih pondasinya bisa menyebabkan kerusakan pada konstruksi, seperti retak hingga ambruk.

Sejarah Pondasi Cakar Ayam di Indonesia

Dinamakan cakar ayam karena bentuknya mirip dengan cakar ayam yang mencengkeram kuat tanah di bawahnya. Bentuknya sendiri unik, karena tidak hanya sebatas tiang beton saja, tetapi di bagian bawah terdapat pelat yang menyatu secara monolit. Tahukah Anda bahwa penemu dari pondasinya ini adalah salah satu Insinyur dari Indonesia, Prof. Dr. Ir. Sedijatmo. Proses penemuannya sendiri dilakukan karena saat itu sedang mengerjakan proyek menara listrik tegangan tinggi.

Tantangan terbesarnya saat itu adalah mendirikan konstruksi pada tanah – tanah kurang padat, sebagian besar berupa rawa – rawa. Terdapat total ada tujuh proyek menara, harus selesai karena akan digunakan pada pergelaran pesta olahraga Asian Games. Dua dari tujuh menara telah berhasil didirikan menggunakan cara konvensional, tetapi prosesnya cukup lama serta memakan banyak biaya. Karenanya Ir. Sedijatmo memikirkan cara lain yang lebih efisien untuk menuntaskan proyek tersebut tepat pada waktunya.

Caranya adalah dengan membuat sebuah pelat yang tertanam di tanah, serta bagian bawanya juga diperkuat dengan tiang pancang. Sistem tersebut memungkinkan pondasinya lebih kuat dalam mencengkeram serta mengalirkan beban secara merata di seluruh bangunannya. Berkat ide dan gagasan tersebut, proyek pengembangan menara listrik bertegangan tinggi tersebut dapat selesai tepat waktu. Kini pondasinya banyak digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Meskipun kini banyak digunakan pada berbagai wilayah di Indonesia, tidak semua bangunan cocok menggunakan ini. Karenanya sebelum mendirikan sebuah bangunan harus mengenal terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan jenis pondasinya.

1. Kelebihan Cakar Ayam

Kelebihan pertama dari jenis pondasi ini adalah cocok digunakan pada berbagai wilayah Indonesia, karena kontur dan teksturnya cukup lembek serta berawa. Cengkeraman kuat dari pondasinya memungkinkan bangunan untuk tidak tergeser dan tetap kuat. Kelebihan lainnya adalah tidak memerlukan sistem drainase pada pondasinya. Hal ini karena bentuknya sudah sangat padat, sehingga tidak memungkinkan air untuk masuk. Lebih sederhana dan hemat biaya dalam pembangunannya.

2. Kekurangan Cakar Ayam

Kekurangan utamanya adalah proses pembuatannya sangat rumit dan harus dengan perhitungan matang. Rumitnya pengerjaan biasanya akan berpengaruh pada molornya proses pembangunan. Sehingga harus diperhatikan secara matang apabila hendak menggunakannya. Kekurangan lainnya adalah tidak cocok digunakan sebagai pondasi bangunan kecil, Ada beberapa sebab, mulai dari rumitnya pengerjaan hingga tingginya biaya.

Pada dasarnya sistem pondasinya digunakan untuk konstruksi besar, seperti gedung dan menara. Kekuatan bangunan selain dipengaruhi dari pondasi juga dipengaruhi oleh material bangunannya. Mulai dari besi, plat, siku, dan lain sebagainya saling berkaitan menentukan kualitas bangunannya. Karenanya apabila ingin bangunan kuat juga harus memperhatikan materialnya.

Baca Juga: Model Lisplang Rumah Minimalis Untuk Mempercantik Hunian

Salah satu tipsnya adalah dengan mencari supplier bahan bangunan terpercaya, seperti kami. Beragam produk tersedia, mulai dari besi, atap, hollow, wiremesh, siku, dan berbagai jenis lainnya. Beragam jenis produk berkualitas dari kami akan memperkokoh pondasi cakar ayam. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu