Fungsi Kawat Bendrat di Konstruksi Bangunan dan Harganya

Kawat-Bendrat-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Fungsi Kawat Bendrat dan Harganya

Fungsi kawat bendrat pada dasarnya tergantung dengan industri dan jenis kawat yang digunakan. Kawat bendrat merupakan salah satu jenis kawat yang sering digunakan sebagai pengikat antar sambungan tulang rangka dalam konstruksi. Kawat bendrat tersedia dalam berbagai variasi, mulai dari ukuran, jenis dan kualitasnya. Oleh karena itu, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja fungsi dari kawat bendrat baru kemudian mengetahui harga pasaran dari jenis kawat ini.

Baca Juga: Model Lisplang Rumah Minimalis untuk Mempercantik Hunian

Fungsi Kawat Bendrat Dalam Konstruksi Bangunan

Setiap bahan atau produk tentunya memiliki fungsinya masing-masing, termasuk kawat bendrat. Bagi Anda yang bekerja di bidang konstruksi pasti sudah tidak asing dengan material yang satu ini. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengenal apa saja fungsi kawat bendrat ini, khususnya di bidang konstruksi meskipun nanti ada fungsi tambahan dari kawat bendrat tersebut.

1. Sebagai Alat Pengikat

Pada umumnya, kawat bendrat berguna sebagai alat pengikat pada rangkaian besi yang bersifat kaku. Cara pemakaiannya adalah dengan melilitkan kawat bendrat tersebut ke bagian batang besi. Kawat bendrat juga sering digunakan dalam rangkaian dinding pagar beton, besi hingga pagar kawat karena membuat ikatan menjadi lebih kokoh dan kuat.

Lilitan kawat bendrat paling tidak dilakukan minimal tiga putaran agar lebih tebal. Fungsi utama kawat bendrat ini paling sering kita jumpai di bidang konstruksi karena memang fleksibilitasnya yang baik sehingga bisa dikaitkan ke besi lain sebagai pengikat.

2. Alat Penahan

Fungsi kawat bendrat yang lain adalah sebagai alat penahan rangka pada struktur bangunan. Kawat bendrat harus dililitkan pada setiap sudut balok besi menggunakan alat pemutar khusus yang bernama Tie Wire Twister. Kawat bendrat biasanya digunakan untuk mengunci setiap sudut besi balok dengan ketebalan besi dan ukuran tertentu.

Pada umumnya, kawat bendrat berdiameter kecil, antara 0,8 sampai 2mm digunakan dalam pembuatan pagar dari kawat besi. Pembuatan pagar dari kawat besi pasti membutuhkan manfaat dari kawat bendrat sebagai pelengkapnya agar bisa tertata dengan rapi dan kokoh. Fungsi ini juga termasuk sering kita jumpai di bidang transparan.

3. Sebagai Alat Komunikasi

Fungsi lain dari kawat bendrat adalah salah satu perangkat dalam menyusun alat komunikasi dengan sistem linking. Kawat bendrat ternyata juga bisa digunakan dalam sistem jaringan kabel sebagai sarana komunikasi. Namun, fungsi kawat bendrat yang satu ini cukup jarang dijumpai karena memang kawat bendrat lebih sering digunakan dalam konstruksi atau sebagai pengikat berbagai rangkaian alat, misalnya material beton, baja dan besi.

Harga Kawat Bendrat yang Bervariasi

Harga kawat bendrat cukup bervariasi tergantung dengan jenis kawatnya, misalnya kawat bendrat per meter, per roll, per kg, BWG 21, BWG 16 hingga BWG 8. Harga pada setiap variasinya berbeda jadi Anda harus tahu harga pasarannya terlebih dulu. Jika Anda membeli kawat bendrat dalam satuan meter, maka harga pasarannya adalah Rp 2.000/ meter. Berbeda lagi jika Anda membelinya dalam satu roll, maka harganya sekitar Rp 350.000/ roll.

Pada dasarnya, semakin banyak Anda membeli kawat bendrat maka harga per satuannya akan lebih murah. Namun, sesuaikan juga dengan kebutuhan, seberapa banyak Anda membutuhkan kawat bendrat di bidang konstruksi. Harga kawat bendrat ini juga dipengaruhi oleh kualitas kawat tersebut jadi pastikan Anda memilih penjual kawat bendrat yang sudah berpengalaman dan profesional. Jadi bukan hanya mendapatkan kawat berkualitas, tapi juga harga lebih bersahabat.

Baca Juga: Daftar Harga Plat Besi Per Lembar Berdasarkan Ukurannya

Bagi Anda yang ingin membeli kawat bendrat berkualitas, percayakan saja pada kami. Kami menyediakan kawat bendrat dengan beragam variasi jadi langsung saja hubungi kami untuk mendapatkan fungsi kawat bendrat yang maksimal. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS SteelĀ di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui WhatsappĀ di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu