6 Jenis Besi Konstruksi Selain Besi Expanded Metal

Besi-Expanded-Steel-KPS-Steel-Distributor-Besi Jakarta

Besi Konstruksi Selain Besi Expanded Metal

Berbentuk pipih tetapi memiliki rongga – rongga adalah salah satu karakteristik besi expanded metal yang sering digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan bangunan. Karakteristik ini selain memberikan kekuatan yang besar juga memberikan nilai artistik. Fungsi expanded metal cenderung banyak di bidang – bidang dekoratif, contohnya seperti pembuatan jaring – jaring keranjang, pagar pembatas, alas pada tangga, atau digunakan pada bak sampah berbahan metal. Selain itu juga dibentuk sebagai bahan pembuatan perabot.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Cat Besi Pagar Rumah yang Bagus

Nilai estetik ini menjadikannya sebagai salah satu material untuk mempercantik dekorasi interior maupun eksterior rumah. Selain itu, penggunaannya cukup populer karena ketahanannya cenderung lebih besar, mengingat sifatnya homogen, tidak ada campuran.

6 Jenis Besi Konstruksi Selain Besi Expanded Metal

Dalam pendirian sebuah bangunan, tidak hanya memerlukan expanded metal saja, terdapat banyak sekali jenis besi lainyang digunakan dalam konstruksi. Bergantung fungsi, kekuatan, bentuk, dan ketahanannya, akan memberikan peranan penting pada bangunan, baik sebagai penguat atau tambahan nilai artistik.

1. Pipa Besi

Pipa besi tidak ada bedanya dengan pipa paralon pada umumnya, yaitu berbentuk silinder panjang dengan lubang di bagian tengahnya. Lubang tersebut berfungsi sebagai pengalir fluida, baik berbentuk gas maupun berbentuk cair. Secara umum sebagai sistem transportasi. Fluida paling umum dialirkan melalui pipa besi ini biasanya minyak atau uap panas, namun pada hunian biasa, cenderung mengalirkan air panas. Pada pembangunan rumah biasa, fungsinya juga bertambah, sebagai pembentuk teralis atau gantungan lampu.

2. H-Beam

Bentuknya mencerminkan namanya, yaitu pelat berbentuk seperti huruf H memanjang. Jenis ini sering ditemui pada konstruksi – konstruksi besar, seperti pembangunan jembatan atau gedung – gedung bertingkat karena ketahanannya sangat kuat. Selain gedung bertingkat, ternyata juga bisa digunakan sebagai penyangga rumah industrial. Jenis serupa seperti Wide Flange lebih sering digunakan apabila ingin rumah industrial. Selain sebagai penguat, ini juga bisa sebagai dekorasi, banyak kafe yang sudah menggunakannya.

3. Wiremesh

Meski memiliki bentuk seperti besi expanded metal, yaitu berongga – rongga dan kotak – kotak ternyata wiremesh memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Jika expanded metal cenderung tanpa ada sambungan atau bentuknya homogen, berbeda dengan wiremesh. Wiremesh cenderung seperti anyaman dari beberapa silinder besi kecil – kecil. Karena bentuknya yang eksotis biasanya digunakan sebagai bahan pembuat pagar. Tetapi tidak jarang juga digunakan sebagai penguat dak ketika hendak membangun lantai bertingkat.

4. CNP

Besi kanal berbentuk C yang lebih dikenal sebagai CNP memiliki karakteristik kuat dan tahan lama. penggunaannya lebih banyak berperan sebagai penguat atau pembentuk rangka dari atap bangunan, menggantikan sistem rangka tradisional.

5. UNP

Meskipun termasuk sebagai besi kanal, UNP lebih terfokus pada pemfungsian sebagai alat transportasi air maupun sebagai penutup dari saluran air. Ketahanannya terhadap tekanan juga digunakan sebagai pelapis atap, agar lebih tahan lama dari benturan – benturan.

6. Pelat Besi

Seperti namanya pelat besi merupakan sebuah papan raksasa berbentuk lembaran. Ada dua jenis, polosan artinya tidak ada motif – motif di atasnya atau bermotif. Fungsinya beragam, tetapi cenderung digunakan sebagai bahan pembuat kendaraan atau alat transportasi. Selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan utama pembuat pagar, sifatnya yang kuat tidak tembus pandang serta mudah dibentuk menjadikannya sebagai material pagar kuat tetapi bisa menonjolkan sisi estetikanya.

Logam memerankan fungsi penting dalam mendirikan sebuah bangunan, baik untuk hunian pribadi juga untuk bangunan umum. Pemilihan besi atau material bangunannya juga mempengaruhi tidak hanya kekuatan tetapi juga estetikanya. Memilih berbagai jenis besi dari kami memberikan jaminan kualitas terbaik tetapi harga miring. Kami akan memberikan kelonggaran anggaran bagi Anda ketika ingin membangun rumah.

Baca Juga: Referensi Model Pagar Besi Tempa untuk Hunian Anda

Tersedia berbagai jenis, mulai dari besi expanded metal, wiremesh, galvalum, dan sebagainya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu