Referensi Model Pagar Besi Tempa untuk Hunian Anda

jenis besi yang cocok untuk pagar taman minimalis model pagar besi tempa

Meskipun kini berkembang berbagai jenis model pagar, model pagar besi tempa masih diminati oleh banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya itu sendiri sebagai gerbang keamanan rumah tetapi juga mempertimbangkan nilai estetika dari pagarnya.

Besi tempa sendiri merupakan sebuah teknik penggabungan serta pembentukan besi secara klasik. Caranya yaitu dengan memanaskan besinya hingga logamnya lentur kemudian diberikan gaya mekanis, bisa berupa pukulan dari tangan atau menggunakan mesin.

Karena prosesnya manual, hal ini menyebabkan  keterbatasan dalam jumlah produksinya, yaitu waktu pengerjaannya cenderung lama sekali. Tetapi soal estetika tidak perlu dipertanyakan lagi, banyak orang mulai mempertimbangkan kembali menggunakannya sebagai pagar.

5 Model Pagar Besi Tempa Elegan dan Terkesan Mewah

Ada banyak material penyusun pagar yang kini mudah dapatkan serta dibentuk, seperti siku, CNP, dan pelat. Tetapi dari segi estetika dan nilai artistik cenderung kurang mewah apabila dibandingkan dengan besi tempa, terlebih beberapa model berikut ini.

1. Pagar Besi Melengkung

Model satu ini seperti namanya yaitu cenderung melengkung, variannya bisa dua yaitu melengkung seperti mangkuk atau bagian atasnya saja tidak rata ketinggiannya. Atau melengkung menjorok ke luar, biasanya digunakan pada balkon atau lantai dua.

Bentuknya yang melengkung menunjukkan sifat fleksibilitas, ini sangat cocok bagi Anda ketika ingin menunjukkan sikap fleksibel serta cenderung terbuka dengan orang – orang baru. Kombinasikan dengan berbagai warna cat, hasilnya jauh lebih elegan.

2. Ujung Bambu Runcing

Karakteristik khas dari model ini adalah bagian atasnya terkesan meruncing tajam, seperti bambu ketika telah dibentuk lancip. Variannya bisa beragam, runcing dan langsing atau runcing tetapi bermotif.

Keduanya terletak di bagian atas pagarnya. Model ini memungkinkan menjadi perlindungan ekstra dan dobel selain berfungsi sebagai hiasan atau estetika.

Perlindungan tersebut adalah mencegah orang lain menerobos masuk ke dalam rumah dengan nekat memanjatnya. Agar lebih aman, biasanya diberikan jarak agak rapat.

Baca Juga: Perbedaan Besi Kanal CNP dan UNP yang Perlu Dipahami

3. Motif Alam dan Floral

Model pagar besi tempa paling umum ditemui dan sering digunakan pada perumahan – perumahan besar biasanya adalah model floral atau bunga – bungaan. Ukuran uniknya tidak hanya mempercantik pagarnya tetapi juga mengingatkan akan keindahan alam.

Permasalahan ketika tinggal di kota adalah jarang sekali menikmati keindahan alam, dengan memiliki gerbang bermotif alami atau natural, cenderung memberikan kenyamanan tersendiri. Baik bagi penghuni rumah maupun bagi tamu yang akan berkunjung.

4. Pagar Tinggi dan Tiang Batu

Kombinasi antara pagar tinggi dengan tiang batu sangat elegan, karena jenis kombinasi demikian sering digunakan pada bangunan yang ingin mengedepankan sisi alam. Seperti hotel bertemakan alam, mansion, atau rumah pribadi yang ingin terlihat lebih asri.

Cirinya sangat sederhana, pagarnya tinggi 2 meter lebih dengan tembok batu di sampingnya. Apabila Anda ingin menampilkan kesan hunian alami dan mewah, boleh mencoba menggunakan model ini.

Tidak usah khawatir dengan keamanannya, tingginya yang lebih dari 2 meter sangat sulit ditembus. Untuk mempercantik, berikan emblem atau penanda di bagian depannya.

5.  Kombinasi Besi dan Kayu

Kombinasi pagar besi dan kayu juga bisa diterapkan pada hunian Anda, warna gelap dari logamnya berpadu dengan warna cerah dari kayu memberikan nuansa segar. Cocok dipadukan dengan konsep hunian minimalis, tetapi tetap terkesan klasik.

Pagar menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan rumah, fungsi utamanya adalah sebagai pelindung dari orang – orang tidak bertanggung jawab. Tetapi bisa juga dikembangkan sebagai salah satu sarana berekspresi, melalui model besi tempa.

Baca Juga: Pelajari Jenis-Jenis Besi Konstruksi Sebelum Pembangunan

Namun agar pagarnya terlihat eksklusif, harus ditempa oleh tangan-tangan profesional dan bahan berkualitas, seperti yang tersedia di perusahaan kami. Tidak perlu khawatir terhadap harganya, sangat bersahabat. Kini Anda bisa memiliki model pagar besi tempa sesuai keinginan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besi profil, mulai dari besi WF hingga INP.

Bagikan Artikel :
Menu