Perbedaan Besi Kanal CNP dan UNP yang Perlu Dipahami

ukuran-besi-kanal-c-jual-besi-jakarta-KPS-steel-besi-kanal-cnp-tabel-ukuran-besi-cnp-dan-unp

Besi Kanal CNP dan UNP

Sebuah konstruksi bangunan memerlukan berbagai jenis besi, seperti besi kanal CNP dan UNP, terutama untuk membuat sebuah atap yang kokoh. Kini pengerjaan konstruksi tidak lagi memperhatikan tentang kekuatan saja, tetapi juga kecepatan atau efisiensi pembangunan. Salah satu bagian paling lama adalah membuat konstruksi atap. Karena tidak hanya detail presisi tentang pengukurannya, tapi juga harus memastikan tidak ada rongga. Adanya rongga akan menyebabkan terjadinya kebocoran dan menimbulkan kondisi tidak nyaman bagi penghuninya.

Baca Juga: Pelajari Jenis-Jenis Besi Konstruksi Sebelum Mulai Pembangunan

Untuk mengatasinya dikembangkanlah besi kanal, yaitu berupa besi plat yang telah dilapisi dengan kromium atau galvalum yang ditekuk hingga menghasilkan bentuk tertentu. Ada dua jenis yang cukup populer, pertama adalah CNP dan kedua adalah UNP.

Karakteristik Unik Besi Kanal CNP

Sesuai namanya, bentuknya mirip dengan huruf C, ukurannya bervariasi tetapi biasanya standar produksinya adalah 6 meter. Penggunaannya pada proses konstruksi cukup beragam, mulai dari pembuatan atap, pembuatan pagar, dan lain sebagainya. Pada bangunan – bangunan pabrik dengan tingkat risiko besar, biasanya pembangunan atapnya menggunakan rangka dari CNP. Hal ini karena sifatnya yang kuat, tahan panas, serta pemasangannya cepat menjadikannya sebagai alternatif ideal untuk membangun atapnya.

Selain itu pembuatan pagar juga bisa memanfaatkan penggunaan CNP, mengingat bentuknya tebal serta presisi. Sehingga bisa membuat rangkaian pagarnya terlihat kokoh dan memadai. Bisa juga dimanfaatkan sebagai penutup dinding. Keunggulan menggunakannya adalah anti rayap dan anti karat, bahan seperti ini cenderung lebih hemat serta bertahan lama. Akan sangat sulit dan memakan banyak biaya apabila harus menggantinya setiap saat ketika terjadi kerusakan pada beberapa bagiannya.

Keunggulan lainnya adalah kemudahan dalam memasangnya, biasanya sudah terdapat ukuran – ukurannya sendiri. Selain itu bentuknya juga presisi, memungkinkan susunannya rapat atau dan pas. Hasilnya pasti lebih rapi serta estetis.

Karakteristik Unik Besi Kanal UNP

Selain besi kanal CNP, ada juga varian lain yang dinamakan sebagai besi kanal UNP karena bentuknya seperti huruf U. Penggunaannya juga beragam, bahkan berbeda dari saudaranya sendiri yaitu berjenis CNP, ini terspesialisasi pada pembuatan rangka atap bangunan. Fungsi umumnya adalah sebagai penutup atap rumah, terlebih pada bahan – bahan bangunan di bawahnya. Besi UNP biasanya digunakan untuk menutupi atap yang terbuat dari besi, seng, dan metal. Untuk menghindari terjadinya kerusakan karena benturan.

Pada daerah – daerah pedesaan, biasanya juga digunakan sebagai salah satu bahan konstruksi pada jembatan penghubung antar daerah. Sifat cengkramannya yang kuat serta mampu menopang betonnya secara maksimal, hal ini membuat jembatannya tidak cepat rusak. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai penyambung atau penutup saluran air di bagian atasnya. Sehingga meskipun di bagian atasnya meskipun senantiasa terkena tekanan dari kendaraan yang melintas. Selain itu biasanya juga digunakan untuk mengatur drainase sawah dan air bersih.

Keunggulan menggunakan bahan ini adalah lebih hemat serta ramah lingkungan. Meskipun sudah pernah digunakan sebelumnya asalkan bentuknya masih tetap utuh dapat digunakan sebagai material bangunannya kembali. Berdasarkan ulasan tentang CNP dan UNP, terdapat perbedaan mendasar antara kedua besi tersebuttersebut. Yaitu dari segi bentuk fisiknya CNP lebih menyerupai bentuk huruf C atau tangannya terlihat lebih kecil dibandingkan UNP.

Selain itu fungsinya juga sangat berbeda, apabila CNP berfokus pada konstruksi dalam, seperti rangka pada atap, besi kanal UNP bisa digunakan pada berbagai kebutuhan desain eksterior. Seperti pemasangan pada atap rumah atau sistem drainase. Memahami kedua jenis besi kanal tentu akan membantu menghitung biaya ketika hendak memperbaiki atau membangun lagi. Percayakan pembelian besi kanal CNP dan UNP berkualitas di KPS steel.

Baca Juga: Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan & Cara Pasangnya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu