Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan dan Cara Pasang

pasang-genteng-metal-KPS-steel-Toko-Besi-Jakarta

Sebelum memutuskan menggunakan atap baja ringan, perlu memahami terlebih dahulu bagaimana cara menghitung rangka atap baja ringan. Perhitungannya sendiri berbeda ketika menggunakan rangka kayu, karena ukuran, bentuk, serta bebannya juga berbeda jauh.

Atap baja ringan seperti galvalum atau metal cenderung diminati sebagai pengganti kayu karena ketahanan bahannya. Kayu memiliki kelemahan utama seperti mudah lapuk, bisa dimakan rayap, serta cenderung berat ukurannya karenanya digunakanlah berbahan logam.

Campuran antara beberapa jenis logam, seperti alumunium, seng, dan silikon membuat bahannya tahan lama, tahan beban, serta tidak mudah rusak. Campuran sifat dari alumunium juga melindunginya dari potensi perkaratan. Karena itulah atap baja ringan cukup digemari.

Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Perhitungan menjadi hal terpenting sebelum melaksanakan pembangunan, ini untuk menghindari kekurangan serta kelebihan bahan – bahan bangunannya. Termasuk salah satunya adalah ketika menghitung atap, ada caranya tersendiri.

1. Menghitung Volume Rangka

Volume rangka yang diperlukan ketika hendak membangun sebuah atap ada hitungannya tersendiri, yaitu (panjang rumah + overstek genteng) x (lebar rumah + overstek genteng) : derajat kemiringan.

Cukup sederhana tetapi harus diperhatikan secara seksama Contohnya ketika hendak membangun 4 x 5 dan overstek sebesar 2 meter dengan kemiringan 60% maka kebutuhan rangkanya sebesar : (6) x (7) : o,5 = 210 meter persegi. Sehingga kebutuhan dari rangkanya adalah 210 meter persegi minimal.

2. Menghitung Kebutuhan Reng dan Kaso

Kaso dan reng sangat dibutuhkan untuk memastikan atapnya terpasang secara kuat, untuk menghitungnya tinggal memasukkan hasil volume tadi ke dalam sebuah persamaan. Untuk menghitung kaso, (luas atap x 4)/6, sedangkan reng = jumlah kaso x 1,2.

Melanjutkan contoh sebelumnya, luas atapnya sebesar 210 persegi, maka jumlah kasonya adalah (210 x 4)/6 = 140 buah. Sedangkan untuk jumlah rengnya adalah sebesar 140 x 1,2 = 168 buah.

3. Menghitung Kebutuhan Sekrup

Karena akan dipasang atap metal, membutuhkan sekrup sebagai penguatnya, perhitungannya sendiri sederhana yaitu jumlah genting x 4. Contohnya ketika sebuah atap memerlukan genting sebanyak 450 buah, maka jumlah sekrupnya sebanyak 1800 sekrup.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Pasang Genteng Metal

Cara Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Setelah mengetahui cara menghitung rangka atap baja ringan, perhitungkan juga cara memasangnya. Karena berbeda teknik konstruksi, berbeda juga cara pembuatannya. Berikut beberapa langkah cara memasang atap baja ringan.

1. Memahami Bagaimana Struktur Atapnya

Langkah pertama adalah memahami bagaimana struktur atapnya terlebih dahulu. Pada konstruksi atap baja ringan, memiliki dua jenis, yaitu batang bagian luar atau sering dikenal dengan chord dan bagian dalam, dikenal sebagai webs.

Fungsinya adalah menampung beban aksial. Pemasangan ini berbeda dengan ketika menggunakan kayu konvensional atau baja berat, cenderung tidak memiliki webs, karena bahannya sudah berat dan kokoh.

Konstruksi web ini memang memperkuat bagian atasnya tetapi apabila tidak tertutupi cenderung kelihatan kurang rapi.

2. Memastikan Pemasangan Bautnya

Langkah kedua adalah memastikan pemasangan bautnya, mulai dari memperhatikan posisi atau jarak antar bautnya hingga cara memasangnya. Mulai dari jarak antar bautnya, diusahakan minimal tiga kali diameter bautnya.

Selain itu ketika pemasangannya haruslah diposisikan secara tegak lurus serta harus menancap sepenuhnya. Idealnya menggunakan pemutar berkecepatan 200 hingga 250 rpm, sehingga bautnya benar benar menancap kuat.

3. Memastikan Setiap Bagiannya Harus Terpasang

Langkah terakhir adalah memastikan setiap bagiannya harus terpasang sesuai dengan plat rencana. Sehingga antara bahan, kebutuhan, serta biaya tidak melebihi dari anggaran yang telah diberikan.

Atap memerankan fungsi penting dalam rumah, karenanya harus memahami bagaimana atapnya dihasilkan. Selain teknik dan cara pemasangannya juga harus diperhatikan material penyusunya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Pemasangan Atap Galvalum

Pastikan material penyusunnya sudah sesuai standar nasional. Anda dapat memilih kami sebagai distributor rangka atap baja ringan yang berkualitas. Untuk itu harus dipertimbangkan dan diperhatikan secara matang cara menghitung rangka atap baja ringan yang akan digunakan.

Sebagai pilihan terbaik, KPS Steel juga menjual besi hollow berkualitas sebagai bahan pembuat pembatas hunian Anda. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai atap. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu