7 Inspirasi Mezzanine Besi untuk Hunian Space Living

mezzanine-besi-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Mezzanine besi merupakan sebuah solusi terbaik bagi Anda yang mempunyai lahan sempit, tetapi ingin memaksimalkan penggunaan ruang. Mezzanine ini adalah sebuah ruangan tambahan yang dibangun di dalam suatu ruangan hanya saja penempatannya di bagian atas.

Mezzanine bisa digunakan untuk apa saja sesuai kebutuhan. Untuk ukurannya sendiri biasanya sepertiga luas bangunannya. Solusi ini cukup diminati oleh masyarakat yang memiliki lahan terbatas.

Apalagi penggunaan besi yang lebih awet dan dikatakan cukup kokoh dalam menahan berat.

Mengenal Berbagai Kelebihan Mezzanine Besi

Kegunaannya sangat beragam, biasanya dimanfaatkan sebagai ruang tidur, atau bermain game. Tak hanya hunian tempat tinggal, kantor atau tempat usaha juga dapat mengaplikasikannya.

Misalnya sebagai ruang tambahan untuk menaruh sesuatu atau menyimpannya barang. Tidak heran bila penggunaan mezzanine besi merupakan alternatif terbaik, berikut ragam  kelebihannya.

1. Pemasangannya Mudah

Kelebihan pertama yang dapat dilihat adalah proses pemasangannya lebih mudah dibandingkan kayu. Biasanya sebelum pemesanan, ruangan yang akan diaplikasikan mezzanine juga sudah diukur terlebih dahulu.

Sehingga waktu pemasangan bisa dipangkas tanpa harus memikirkan model atau ukuran besi yang cocok. Anda juga tidak perlu khawatir apakah suatu model cocok dengan ruangan Anda atau tidak.

2. Bahan Besi Lebih Ringan dan Murah

Material besi lebih awet dan perawatannya lebih mudah dibanding kayu. Agar lebih awet dan anti karat, sebelum digunakan mezzanine besi telah melalui proses coating.

Baca Juga: Kegunaan Besi Hollow untuk Interior Rumah

Inspirasi Model Mezzanine Besi yang Beragam

Pada umumnya, penempatan mezzanine besi bisa berada di mana saja. Baik itu di ruang tamu, hingga di ruang keluarga. Bagian bawah mezzanine juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang serbaguna.

Misalnya, dihias menggunakan sofa, televisi, dan berbagai peralatan menarik untuk berkumpul bersama keluarga. Model mezzanine besi juga dapat disesuaikan dengan penempatannya. Simak ulasan berikut yang lebih detail.

1. Inspirasi untuk Kamar Tidur

Dengan sempitnya luas lahan, Anda dapat  membangun mezzanine besi ini tepat di kamar. Bagian mezzanine dapat menjadai tempat tidur Anda, nantinya bagian bawah bisa diisi meja belajar dan almari kecil. Untuk naik ke bagian Atas, mezzanine besi telah dilengkapi dengan tangga.

Kondisi kamar tidur terlalu penuh membuat penghuninya pasti kurang nyaman. Apalagi bila tempat tersebut selalu digunakan beberapa anak menghabiskan waktu, bisa membaca, bermain game, atau menonton film.

2. Inspirasi Mezzanine sebagai Ruang Ibadah

Ruang mezzanine juga bisa dijadikan sebagai tempat ibadah. Bukan hanya untuk anggota keluarga, bahkan bisa untuk tamu juga. Anda bisa menggunakan sisi rumah yang mengarah ke taman belakang.

Lalu beri jendela agar sirkulasi udara lebih sejuk dan terlihat lebih asri. Hindari pemilihan sisi rumah yang lembab dan gelap.

3. Inspirasi Ruangan Serba Guna

Inspirasi mezzanine besi selanjutnya adalah sebagai ruang serba guna, artinya gunakan satu tempat penghubung antara ruang tamu dan bagian belakangnya. Sebagai pembatas bangun saja mezzanine tersebut, dengan tangga dari kayu.

Kemudian di bawahnya taruh almari kecil atau tempat lain yang bermanfaat menaruh barang. Bisa buku atau dijadikan sebagai rak piring, konsep ini cukup sederhana tetapi, mampu memanfaatkan ruang kosong.

4. Inspirasi Menjadi Ruang Kerja

Penambahan ruangan bisa juga dijadikan sebagai tempat bekerja. Dimana Anda dapat menaruh semua peralatan mulai dari almari, komputer atau laptop, printer, sampai buku yang diperlukan.

Untuk konsepnya kembali ke Anda, apakah menggunakan karpet dan menghadap keluar, atau seperti layaknya kantor biasa.

5. Inspirasi Menjadi Gudang Mini

Walaupun banyak yang tidak menyerangkan sebagai gudang, namun peran mezzanine bisa dijadikan sebagai ruangan tersebut, hanya saja ada syaratnya, apa saja? Jangan menaruh benda berat, seperti piring atau kaca.

Cukup bantal, kaos, sepatu, dan lain sebagainya. Pada intinya, gudang mini ini bukan untuk barang berat. Hal ini bertujuan menjadi dengan baik kondisinya agar tidak rusak di tengah jalan.

6. Inspirasi Ruang Tamu

Inspirasi terakhir bisa juga menjadi ruang tamu. Jadi, saat masuk ke dalam rumah langsung dihubungkan dengan tangga, menuju ke atas. Khusus untuk tamu seperti sahabat atau teman dekat.

Baca Juga: 4 Kelebihan dan Cara Membuat Mezzanine Baja Ringan

Bagaimana tertarik menggunakan mezzanine besi untuk hunian Anda? Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis dan beragam besi baja ringan lainnya. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu