4 Kelebihan & Cara Membuat Mezzanine Baja Ringan

mezzanine-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Mezzanine baja ringan merupakan lantai yang bisa Anda tambahkan pada rumah tanpa menambahkan cor semen. Hal ini jauh lebih praktis. Bahkan bisa dibongkar dengan mudah apabila ingin mengubah desainnya. Lantai tambahan ini biasanya diterapkan pada rumah dengan konsep minimalis. Letaknya sendiri berada di bawah plafon. Mezzanine ini berasal dari Bahasa Italia “Mezzo” yang mempunyai makna bagian tengah atau di tengah.

Material yang dipakai dalam pembuatannya sangat bermacam-macam. Mulai dari kayu, beton hingga baja ringan. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang mezzanine baja ringan mulai dari kelebihan hingga cara pembuatannya. Simak selengkapnya!

Baca Juga: Kegunaan Besi Hollow untuk Interior Rumah

Kelebihan Lantai Mezzanine Baja Ringan

Secara umum, mezzanine mempunyai keunggulan dalam hal daya tahan dan tampilan yang mudah dikeasikan. Sehingga dapat menambah keestetikan sebuah ruangan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Pemasangan Mudah

Dalam memasang mezzanine yang terbuat dari baja ringan, sangat mudah dan cepat. Apabila Anda membutuhkan waktu cepat untuk mendapatkan lantai tambahan, maka bahan ini sangat direkomendasikan.

2. Konstruksi Ringan

Baja ringan lebih direkomendasikan daripada beton. Apabila membuat lantai tambahan menggunakan beton akan memerlukan lebih banyak waktu. Bahkan juga memberi lebih banyak beban pada struktur bangunan.

Namun dengan mezzanine baja ringan, tidak memberi banyak beban pada struktur bangunan. Keunggulan ini juga membuatnya banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terutama masyarakat yang tinggal di perkotaan.

3. Tahan Lama dan Kuat

Keunggulan berikutnya ialah ketahanan yang lebih kuat apabila dibandingkan dengan material kayu. Bahan baja ringan mampu menahan beban berat tanpa memerlukan cor seperti beton. Selain tahan terhadap beban berat, material ini juga awet. Bahkan bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Tidak seperti material kayu yang akan mengalami pelapukan atau risiko dimakan rayap.

Akan tetapi, tetap perlu dilakukan perawatan. Karena baja ringan mempunyai risiko berkarat. Karat bisa merusak tampilan mezzanine. Bahkan bisa mempengaruhi kekuatan dan ketahanan dari lantai tambahan jenis ini. Itu sebabnya perlu dilakukan coating, atau pelapisan baja ringan dengan cairan yg bersifat anti karat.

4. Harga Lebih Terjangkau

Keunggulan terakhir ialah dari segi harga. Material ini jauh lebih murah dibanding jenis besi lainnya.

Cara Membuat Lantai Mezzanine Baja Ringan

Lantai mezzanine merupakan solusi praktis apabila ingin memaksimalkan penggunaan ruang sempit. Cara memasangnya juga tidak sulit. Anda bisa menyimak tutorialnya berikut ini.

1. Menyiapkan Rancangan Ruangan

Langkah pertama ialah menyiapkan rancangan ruangan yang diidamkan. Anda bisa menentukan panjang dan lebar dari mezzanine. Jangan lupa mengukur ketinggian dengan membuat jarak antara lantai tambahan ini dengan lantai rumah.

2. Biaya Material

Selanjutnya ialah membeli material dan alat yang diperlukan. Material yang dibutuhkan meliputi kanal baja ringan, dynabolt, multiplek, baut, kayu jati belanda bekas palet, kertasive, karpet lantai, plafon PVC, lis plafon PVC, hollow, lampu, kabel listrik dan lem kuning.

3. Membuat Kerangka

Setelah material dan alat siap, langkah berikutnya adalah membuat kerangka mezzanine. Anda bisa memasangnya dengan menautkan dynabolt pada dinding. Setelah itu berlanjut ke proses pembuatan tangga.

Setelah selesai, berikutnya adalah pemasangan papan lantai dan pemasangan pagar. Terakhir adalah pemasangan karpet. Selanjutnya Anda bisa menggunakan lantai tambahan sesuai kebutuhan, misalnya menambahkan kasur untuk tidur.

Baca Juga: Keunggulan Baja Ringan dan Manfaatnya untuk Rumah Minimalis

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam jenis baja ringan di KPS Steel. Mulai dari besi kanal hingga besi hollow tersedia. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu