Inspirasi Desain Rumah Industrial 1 Lantai Minimalis Sederhana

inspirasi desain rumah industrial minimalis 1 lantai KPS Steel distributor besi jakarta

Desain rumah industrial 1 lantai semakin populer di era modern ini. Mengusung tema suasana industri atau pabrik di abad 19 yang cukup unik. Cocok untuk generasi milenial sebab bisa dibuat low budget.

Ide kreatifitas semakin luas dalam penataan ruang interior maupun pemilihan material. Hasilnya hunian pribadi meski sederhana namun tampilannya tertata serta berkelas. Anda bisa mencoba salah satu dari inspirasi berikut ini.

Inspirasi Desain Rumah Industrial 1 Lantai

Ada banyak inspirasi bisa Anda terapkan untuk mengubah suasana rumah minimalis jadi lebih eye catching. Berikut ini kami sampaikan 7 ide mudah lagi ekonomis untuk penataan rumah 1 lantai.

1. Paduan Ekspos dengan Kayu

Memadukan ekspos area dinding terutama dengan elemen kayu. Dinding tanpa finishing dibiarkan saja, justru menambah kesan unik khas era industrial. Kemudian untuk menampilkan kesan hangat ditambahkan dengan elemen kayu pada beberapa furniture.

Selain dinding tanpa finishing, Anda juga bisa mengekspos batu bata atau batako. Hal yang paling ditonjolkan adalah penataan batu bata atau batako sedemikian rupa. Sehingga menambah seni dalam ruangan.

Kayu bisa digunakan untuk kusen pintu, jendela, perabot kursi, meja, lampu dan bagian plafon. Karena hunian hanya satu lantai maka tidak akan butuh banyak material untuk desain rumah industrial 1 lantai satu ini.

2. Gaya Monokrom

Menonjolkan sisi kontras warna hitam dan putih. Ini sangat menarik dan sangat hemat dana untuk Anda yang ingin menerapkannya. Menggunakan cat dinding serta warna lantai putih, kemudian memadukan dengan perabot dan kusen warna hitam.

Perabot didalamnya menggunakan elemen besi. Seperti untuk penutup lampu, meja kursi, jendela, pintu dan sebagainya. Bisa juga menggunakan warna yang lebih mendekati seperti abu-abu.

3. Kabel dan Pipa

Selain mengekspos bagian dinding yang tanpa finishing, Anda juga bisa menampilkan kabel serta pipa. Namun tidak secara apa adanya, supaya lebih menarik perlu diwarnai senada dengan lantai atau atap.

Bisa juga memasukkannya ke dalam pipa PVC. Tidak perlu dimasukkan dalam dinding kemudian membobok. Desain rumah industrial 1 lantai ini lebih minimalis, hemat biaya namun menampilkan kesan out of the box.

4. Nuansa logam dan perabot antik

Mengadopsi suasana gudang pabrik jaman dahulu kala, Anda bisa menonjolkan elemen logam. Contoh penggunaan rak besi, kursi dan meja besi. Rak kitchen set, vas bunga dari material pipa alumunium, rangka jendela, penutup lampu dan banyak lagi.

Menonjolkan sisi hangat dan tegas, Anda bisa menambahkan perabot antik dan pencahayaan yang pas. Perabot antik menegaskan suasana tempo dulu dan selera pemilik hunian. Kemudian pencahayaan digunakan warna kuning untuk mempercantik setiap elemen.

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan Bangunan Kontainer & Inspirasi Desain

5. Lantai semen

Kelebihan mengaplikasikan lantai semen pada desain rumah industrial 1 lantai adalah lebih hemat budget. Anda tidak perlu membeli granite atau keramik untuk menutupnya. Dibiarkan saja dalam bentuk cor semen namun dihaluskan supaya lebih bersih dan rapi.

Kemudian pada bagian permukaannya ditambahkan finishing coating. Fungsinya untuk mempertegas warna semen dan melapisi supaya tahan terhadap goresan. Jadi pemakaian jangka panjang tetap bersih dan indah.

6. Dominasi warna hitam

Desain rumah industrial 1 lantai satu ini menonjolkan sisi maskulin. Hitam sebagai warna identik dengan selera pria dewasa. Semua bagian bisa dicat menggunakan warna ini seperti pintu, rangka jendela atau jendela secara keseluruhan.

Kemudian interior ruang tamu dengan meja kursi, sofa, standing lamp dan gorden warna hitam, padukan dinding bercat abu-abu. Area dapur didominasi dengan warna hitam terutama pada semua lemari, laci, meja kursi, perabot kompor, oven dan sebagainya.

7. Gaya vintage

Ini desain rumah industrial 1 lantai paling mendekati gaya masa lalu. Paling menonjol yang biasa digunakan adalah ekspos batu bata dengan warna yang tidak seragam. Kemudian penggunaan furniture kayu pada semua bagian.

Didukung pencahayaan warna kuning sedikit redup seperti kondisi masa lalu. Sofa, kursi, meja, lampu menggunakan model klasik untuk menegaskan suasana. Kemudian penambahan karpet warna merah marun atau coklat earth tone.

8. Ruang terbuka

Ini juga salah satu rekomendasi desain rumah industrial 1 lantai yang unik dan menarik untuk dicoba. Meski hunian Anda minimalis dengan luas terbatas, ciptakan ruang terbuka. Ini akan menambah kesan lebih luas dan lega.

Sirkulasi udara di dalam rumah jadi lebih lancar, menambah kesegaran serta keindahan. Bisa diaplikasikan untuk dapur, ruang laundry, ruang makan sederhana. Bisa juga menerapkannya di depan kamar utama.

Ruang keluarga menghadap ke taman belakang juga bisa jadi alternatif. Lebih dekat dengan nuansa alam bangunan tempo dulu. Tetap menonjolkan ekspos tampilan asli material, dipadukan dengan elemen alami.

Penerapan ide interior maupun eksterior jadi lebih sempurna jika Anda menggunakan jasa KPS Steel sebagai penyedia materialnya. Anda bisa pilih berbagai jenis besi dan baja untuk menunjang kebutuhan desain rumah industrial 1 lantai impian.

Baca Juga: Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai yang Ideal dan Cara Mengukurnya

Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai ragam produk yang tersedia di KPS Steel. Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :
Menu