9 Inspirasi Dak Rumah Minimalis untuk Percantik Hunian Anda

inspirasi-dak-rumah-minimalis-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Ingin membuat dak rumah minimalis supaya kelihatan lebih menarik dan menawan? Coba lakukan kreasi baru dengan gaya sederhana tetapi tetap modern, cocok untuk dijadikan area bersantai sekaligus mempercantik hunian.

Hunian merupakan satu-satunya tempat Anda pulang, maka dari itu harus nyaman dan memberikan perlindungan ekstra. Membuat dak rumah menjadi lebih cantik merupakan salah satu cara terbaik.

Sebagai elemen penting, keberadaan dak tidak boleh dilewatkan begitu saja untuk menutup bagian atas teras. Konstruksi ini memang letaknya ada di bagian atas bangunan, umumnya terbuat dari bahan yang kokoh.

Fungsi Dak Teras Rumah

Pastikan Anda sudah mengetahui fungsi komponen ini sebelum akhirnya memutuskan membangun sesuai keinginan. Seperti yang kita ketahui, dak merupakan unsur penting dari suatu bangunan.

Fungsi dak rumah minimalisadalah menahan berat dan beban bangunan agar tetap seimbang sepanjang waktu berjalan. Ketika memutuskan untuk membangun, pastikan sudah melakukan perhitungan secara teliti.

Selain dari aspek konstruksi, dak juga memiliki fungsi sebagai pelindung bagian bawah hunian atau gedung. Keberadaan ruang kosong di bagian teras akan terlindungi, sehingga tidak kena hujan dan panas matahari.

Jika sudah punya rencana untuk membuat lantai kedua, ketiga, dan seterusnya, maka bagian ini akan sangat berguna untuk pembatas antar lantai. Meskipun bukan untuk saat ini, Anda perlu mempertimbangkannya untuk masa mendatang.

Tidak hanya sebagai batas antar lantai, secara otomatis bagian ini akan menjadi dasar dari lantai selanjutnya. Inilah alasan mengapa pembuatan dak perlu menggunakan bahan atau material kokoh dan kuat.

Selain itu, fungsi lainnya adalah menjadi pengganti atau atap tambahan, hal ini bahkan bisa menjadi keuntungan tersendiri. Karena para pemilik hunian tidak perlu membangun atap lagi sehingga lebih hemat anggaran.

Membuat dak rumah minimalis sepertinya terlihat mudah dan sederhana, namun sebaiknya gunakan jasa ahli untuk membantu Anda. Tujuannya agar optimal serta menghindari kesalahan sebagai persiapan di masa depan.

Cara pembuatan bagian ini adalah menggunakan metode cor, terdapat empat hal penting untuk diperhatikan semua orang. Memastikan cor sudah solid, pengerjaan secara halus dan merata, serta mementingkan efisiensi.

Baca Juga: Pengetahuan Seputar Cor Dak, Kolom Tiang dan Sloof

9 Inspirasi Dak Teras Rumah

Model dak rumah minimalismemang menjadi pilihan terbaik untuk mengoptimalkan fungsi hunian sekaligus menonjolkan nilai estetika. Jika Anda menyukai kesan sederhana namun modern ide berikut bisa dicoba.

1. Beton Cor Konvensional namun Kokoh

Pengerjaan beton cor konvensional akan memakan waktu cukup lama, sekitar satu bulan. Banyak orang percaya bahwa model seperti ini menonjolkan kesan kokoh, tahan lama, serta berkualitas tinggi.

Beton cor konvensional mudah dibentuk dan disesuaikan kebutuhan pembangunan hunian. Tidak heran saat ini semakin banyak rumah menerapkan model ini sebagai pilihan paling utama dan pertama.

2. Teras Cor Dua Lantai

Konsep cor ini memang sering dijumpai pada bangunan berlantai dua, terutama untuk menonjolkan kesan mewah dalam eksterior. Selain itu, bentuk ini bisa disesuaikan dengan gaya sederhana seperti apa saja.

3. Cor Satu Lantai Sederhana

Selain pada rumah atau gedung bertingkat, model dak rumah minimalis juga dapat ditampilkan pada bangunan berlantai tunggal. Konsep ini sangat pas bagi rumah bergaya sederhana, disesuaikan ukuran atap bangunan.

4. Cor Beton Atap Datar

Model cor sederhana pada atap datar adalah rancangan paling umum ditemui pada berbagai jenis bangunan. Hal ini karena bentuknya sangat simpel sehingga proses pengerjaan lebih ringkas dan cepat.

Meskipun demikian pemilik hunian tetap dapat membuat desain menggunakan gaya-gaya terbaru supaya tidak terlihat kuno. Model dak rumah minimalismungkin bisa dijadikan sebagai referensi yang tepat.

5. Cor Modern Berlapis

Konsep atas berlapis diyakini menampilkan kesan eksterior yang modern, namun pemasangannya perlu disesuaikan dengan gaya bangunan. Jangan menciptakan terlalu banyak lapisan supaya tidak berlebihan, sesuai kebutuhan saja.

6. Atap Limasan Nuansa Tradisional Indonesia

Kesan dak rumah minimalistetap bisa didapatkan dengan memasang atap limasan sebagai pelengkap, agar terlihat kokoh. Bahkan tampilan rumah bisa terlihat lebih bersih disertai nuansa tradisional yang arif.

7. Cor Kekinian

Saat ini inspirasi bentuk hunian sudah semakin beragam, mulai dari tradisional sampai fungsional. Hal ini dapat diterapkan pada gaya apa saja, contohnya menggunakan gaya kekinian sehingga lebih terlihat keren.

8. Pilar Penyangga

Supaya semakin kuat dan kokoh, tambahkan beberapa pilar penyangga dengan ukuran sesuai kebutuhan. Sempurnakan tampilan eksterior menggunakan cat netral seperti abu-abu, menonjolkan kesederhanaan dan nuansa modern.

9. Material Keramik Beton

Ingin lebih praktis, ringkas dan terlihat bersih? Gunakan model cor dari keramik beton yang mempunyai beban konstruksi ringan namun tetap kokoh jika dibandingkan dengan jenis lain.

Pastikan melakukan pengkuran serta penghitungan dimensi sebelum memulai konstruksi pada bangunan. Dak rumah minimalis akan terwujud dari proses perencanaan dan eksekusi paling tepat serta teliti.

Baca Juga: Mengenal Istilah dan Caara Merakit Besi Dak

Sebagai pilihan terbaik, KPS Steel juga menjual beragam besi berkualitas untuk kebutuhan dak minimalis Anda. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow, besi profil, hingga besi kanal. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :
Menu