Mengenal Istilah dan Cara Merakit Besi Dak

mengenal istilah dan cara merakit besi dak

Besi dak adalah jenis beton yang kerap digunakan sebagai solusi atap perumahan.

Pernah mendengar mengenai cara merakit besi dak sebelumnya? Yap, jenis besi yang satu ini umumnya sering disebut dengan istilah dak beton, salah satu material yang kerap digunakan sebagai solusi atap perumahan. Namun walaupun jenis besi ini sudah lumrah digunakan, ternyata masih banyak juga yang belum benar-benar mengetahui beberapa hal penting mengenai besi ini.

Baca Juga: Berbagai Macam Besi untuk Rumah yang Anda Butuhkan

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara gamblang mengenai pengertian dari besi dak, serta bagaimana cara-cara yang tepat untuk mengaplikasikannya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai besi dak beton dan cara penggunaannya pada bangunan.

Apa sih Besi Dak Beton Itu?

Konsep dak sendiri umumnya diartikan sebagai sebuah pembatas, antara lantai bagian atas dan lantai bagian bawah. Selain pembatas, ternyata dak juga bisa diartikan sebagai bagian paling atas dari sebuah bangunan. Karena itulah umumnya banyak yang mengenal besi dak ini sebagai salah satu material penunjang pembuatan atap bangunan.

Sebenarnya dak ini memiliki berbagai varian material, bisa berupa kayu, bahkan tanah, dan juga besi beton. Namun dalam artikel ini difokuskan pada pembahasan dak yang berbahan besi beton ya.

Karakteristik dari Besi Dak Beton

Dalam mencoba merakit besi dak beton, ada beberapa poin yang harus selalu diingat, yang merupakan ciri khas utama dari material bangunan ini.

Pertama, racikannya harus solid, agar mampu menopang bobot bangunan yang ada. Yang kedua, perakitan yang dilakukan harus sehalus dan sebersih mungkin, sebab nantinya akan mempengaruhi kualitas tampilan bangunannya. Yang ketiga, pembuatan besi dak ini harus dilakukan dalam waktu yang telah ditetapkan, agar bahan material yang digunakan masih bagus. Jika terlalu lama perakitannya maka ditakutkan dak akan mudah keropos dan retak. Yang keempat, besi dak berbahan beton dikenal sebagai material yang ekonomis dan mudah untuk dijangkau. Sehingga harus selektif dalam menerima borongan pembuatan ataupun perakitannya. Jangan sampai kecolongan dari segi referensi harga ya.

Cara Perakitan Besi Dak yang Tepat

Cara merakit besi dak yang sesuai dengan kebutuhan bangunan haruslah dilakukan oleh mereka yang berpengalaman. Sebab proses ini membutuhkan hitung-hitungan, agar nantinya dak yang dihasilkan sesuai dengan keperluan dan bobot rumah.

1. Hitung Dahulu

Beberapa tahapan untuk perancangan besi dak antara lain, melakukan penghitungan terlebih dahulu mengenai kebutuhan besi yang ada. Sangat tidak disarankan penggunaan besi yang berlebihan, sebab bisa membuat bobot bertambah, dan boros dana.

2. Perhatikan Ketebalan Dak

Selanjutnya, memperhatikan dengan saksama segi ketebalan dak yang dibuat. Bagian dak untuk lantai dan dak untuk atap memiliki ketebalan yang berbeda. Jika untuk dak bagian lantai, maka dianjurkan memiliki ketebalan di 12 cm, sedangkan untuk bagian atap dianjurkan setebal sekurang-kurangnya 8 cm.

3. Lihat Beban

Setelah itu, memperkirakan beban yang nantinya akan diletakkan di atas dak. Biasanya barang-barang bermaterial besi tebal akan berbobot lebih, dibandingkan yang terbuat dari kayu ataupun tanah, dan plastik. Sehingga inipun harus dilakukan estimasi, agar bobotnya sesuai dengan daya tahan dak tersebut.

4. Cek Bahan

Berikutnya adalah melakukan pengecekan terhadap bahan-bahan dan proses pengadukan besi dak. Bahan harus dicampur dengan kalis dan merata, untuk menghindari keretakan pada perakitan daknya. Perhatikan perbandingan air yang digunakan, agar nantinya tidak menghasilkan bahan yang terlalu cair, atau malah terlalu kental. Oh ya, perhatikan juga agar nantinya tak ada butiran-butiran terpisah yang muncul, karena akan sangat mempengaruhi kualitas tampilan dak.

5. Lap Basah

Terakhir, Anda harus meletakkan lap basah pada bagian atas besi dak, untuk menghindari terjadinya proses pengerasan yang terlalu dini.

Nah, itulah beberapa bahasan pengenalan mengenai besi dak dari bahan beton dan bagaimana cara merakit besi dak. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Empat Rekomendasi Bahan Atap Anti Bocor Paling Bagus

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai besi, silakan kunjungi KPS Steel di sini.

Bagikan Artikel :
Menu