Pengetahuan Seputar Cor Dak, Kolom Tiang, Dan Sloof

Dalam rangka membangun rumah Anda memerlukan alat pendukung untuk konstruksi, seperti besi. Nantinya besi-besi tersebut dibutuhkan untuk membangun kerangka pada bagian rumah.

Besi sendiri memiliki beberapa ragam jenis dan bentuk. Bila membahas untuk konstruksi rumah, maka jenis besi yang harus ada adalah cor dak, kolom tiang, dan sloof. Apa saja yang perlu Anda ketahui sebelumnya mengenai cor dak, kolom tiang, dan sloof. Berikut penjelasan dari distributor besi Jakarta, PT Karya Perkasa Steelindo.

Yang Perlu Diketahui Untuk Membuat Cor Dak, Kolom Tiang, Dan Sloof

Pertama, Anda membuat terlebih dahulu pondasi rumah yang sesuai keinginan. Kemudian, Anda harus menghitung banyaknya besi yang akan digunakan bersamaan dengan ahli konstruksi. Hal-hal berikut merupakan wawasan yang Anda perlu ketahui mengenai proses pengerjaan cor dak, kolom tiang, dan sloof
  • Untuk proses pengerjaan cor dak, Anda harus mengetahui ukuran dari luas lantai yang perlu dicor, konstruksi besi yang akan dibuat, dan ukuran besi yang nantinya digunakan. Ukuran besi yang sering digunakan adalah besi dengan diameter minimal 8 meter.
  • Pada proses pengerjaan kolom tiang, yang harus Anda ketahui adalah tingginya tiang, ukuran dari kolom tiang, ukuran besi yang akan digunakan, ukuran sengkang atau besi cincin, dan jarak pemasangan sengkang. Rata-rata besi yang nantinya digunakan memiliki perkiraan kurang lebih 6 batang dengan ukuran diameter minimal 10 milimeter.
  • Dalam proses pengerjaan sloof. Anda perlu mengetahui ukuran panjang pondasi yang akan di-sloof, ukuran sloof, ukuran besi yang digunakan, ukurang sengkang (besi cincin), dan jarak pemasangan sengkang. Biasanya, besi yang digunakan berkisar 4 hingga 6 batang dengan ukuran diameter minimal 10 milimeter.
Untuk pemesanan material ini, Anda dapat memesan secara langsung dan khusus di KPS Steel. Sebagai salah satu distributor besi Jakarta, KPS Steel telah dipercayai oleh berbagai macam kontraktor untuk keperluan konstruksi. Baca Juga: Mari Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pipa Schedule

Cara Menghitung Kebutuhan Kerangka Besi Untuk Sloof

Pondasi untuk sloof Anda perlu memilki panjang sekitar 100 meter. Ukuran sloof yang akan digunakan adalah 15cm x 20cm, ukuran diameter besi yang akan digunakan adalah 10 milimeter dengan jumlah 6 batang. Ukuran diameter sengkang yang akan digunakan adalah 6 milimeter, dan jarak pemasangan sengkang adalah 15 centimeter. Jadi, banyaknya besi yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut.
  1. Besi pokok yang diperlukan adalah 100 meter (berasal dari 10 milimeter) x 6 : 12 = 50 batang. Belilah 55 batang karena setiap besi harus disambungkan.
  2. Sloof yang akan dicor memiliki ketebalan sekitar 2 centimeter untuk setiap sisinya. Jadi, ukuran sloof akan berkurang menjadi; lebar 15–4=11 centimeter dan panjang 20–4=16 centimeter.
  3. Sengkang yang diperlukan adalah 100 meter (berasal dari 10 milimeter) : 0,15m = 666,6 dan dibulatkan menjadi 667 meter. Panjang sengkang jika dibentangkan adalah (11×2)+(16×4)+4=58 centimeter. Sehingga, banyaknya sengkang yang diperlukan adalah 58cm x 667:12=3223cm =32,23m sehingga Anda harus membeli 33-35 sengkang.
  4. Dengan perhitungan seperti itu, Anda cukup membeli kawat beton sebanyak 2 gulung atau kurang lebih 2 kilogram.

Baca Juga: Fakta Seputar Pipa Galvanis Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk kebutuhan besi dalam membangun cor dak, kolom tiang, dan sloof, Anda bisa memercayakannya kepada PT Karya Perkasa Steelindo sebagai distributor besi Jakarta. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.
Bagikan Artikel :
Menu