Ampuh! Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Besi

cara-menghilangkan-karat-pada-besi-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara menghilangkan karat pada besi saat ini sudah banyak dijumpai. Ada cara tradisional hingga cara modern yang bisa dipakai. Anda juga bisa menggunakan cara yang dianggap paling sesuai, bukan? Karat pada besi memang cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Korosi yang disebabkan oleh proses oksidasi membuat munculnya kotoran pada permukaan besi.

Kotoran inilah yang kemudian menjadi berkarat. Jika dibiarkan, material ini bisa berubah jadi rapuh. Tidak akan jadi masalah jika karat terjadi pada bagian yang mudah terlihat. Lalu, bagaimana caranya supaya meminimalisir karat pada logam tersebut?

Baca Juga: 10 Tips Memilih Rangka Atap Besi

6 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Sebenarnya, beberapa campuran bahan kimia dapat menunda proses oksidasi. Memang, korosi tidak dapat dihentikan, tapi dapat ditunda. Bahkan, korosi dapat dihilangkan jika Anda menggunakan bahan tertentu.

1. Campuran Garam, Soda Kue, dan Air Jeruk

Tidak banyak orang mengetahui bahwa campuran dari ketiga bahan yang sering dijumpai ini sangat efektif untuk menghilangkan karat pada besi. Cara menggunakannya juga sangat mudah serta sederhana. Untuk menggunakannya, Anda cukup menggunakan ketiga bahan tersebut dan mencampurkannya, setelah tercampur, diamkan beberapa saat untuk menciptakan endapan. Setidaknya, diamkan selama 2 jam sebelum digunakan.

Terakhir, oleskan campuran cairan tersebut pada permukaan besi hingga merata. Tunggu beberapa saat untuk melihat perubahannya. Kemudian, lap dengan kain kering untuk menghilangkan kotoran warna kuningnya.

2. Menggunakan Cuka

Cuka memang dikenal sebagai salah satu bahan serbaguna. Bahkan, untuk menghilangkan kotoran atau karat pada permukaan besi juga bisa menggunakan cuka. Bahan ini juga cukup mudah ditemui, bukan? Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Caranya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menuangkan cairan cuka pada permukaan besi yang berkarat dan kemudian tunggu setidaknya hingga 24 jam.

Jika sudah, gosok menggunakan sikat pada bagian yang berkarat. Nantinya, kotoran berwarna kuning kecokelatan akan terkelupas dari permukaan besi. Lakukan penggosokan sampai semua bagian berkarat benar-benar menghilang.

3. Memakai Ampelas

Cara yang paling banyak dipakai orang tentu saja menggunakan ampelas. Memang, cara ini cukup umum, tapi butuh tenaga ekstra. Hal ini karena karat yang sudah lama membutuhkan waktu lama supaya dapat dibersihkan. Biasanya, ampelas juga dikombinasikan dengan alat mirip gerinda untuk mempermudah prosesnya. Jika menggunakan tenaga manual, perlu waktu lama. Belum lagi tenaga yang dibutuhkan juga lebih banyak.

4. Memanfaatkan Solar

Solar ternyata juga bisa dipakai untuk menghilangkan karat besi dengan mudah. Meskipun begitu, Anda butuh solar dalam jumlah banyak. Terutama jika ada banyak besi yang berkarat di bagian permukaannya. Caranya, Anda hanya perlu merendam besi tersebut ke wadah berisi solar. Diamkan setidaknya sehari sebelum membersihkannya. Kemudian, bersihkan dengan kain kering untuk menghilangkan kotoran karat besi.

5. Kombinasi Kentang dan Sabun Cuci Piring

Ternyata, kentang yang dikombinasikan dengan sabun cuci piring juga membantu Anda membersihkan karat besi. Tentu hal ini tidak pernah terpikirkan oleh sebagian besar orang, bukan? Langkah-langkahnya sendiri cukup sederhana. Anda hanya perlu menumbuk kentang tersebut hingga halus. Kemudian, campur tumbukan tersebut dengan sabun cuci piring dan Anda bisa menggunakan dengan cara menggosoknya ke permukaan besi.

6. Minuman Bersoda

Minuman bersoda tampaknya bukan hanya untuk diminum, tapi juga mampu membersihkan karat besi. Anda hanya perlu merendam besi berkarat pada wadah berisi soda dan kemudian membersihkannya menggunakan kain kering. Karat memang tidak bisa dihindari karena memang reaksi alami. Namun, terdapat beberapa jenis besi yang tahan karat. Anda juga tidak perlu menghilangkan karat pada besi.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rak Besi Minimalis

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu