8 Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Mudah

Cara-Menghilangkan-Karat-Pada-Besi-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara menghilangkan karat pada besi sebenarnya cukup mudah dan murah. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang gampang ditemui bahkan ada di rumah setiap hari. Memiliki furniture atau perabot berbahan besi memang cukup mudah perawatannya. Biar bagaimanapun, Anda tetap perlu memperhatikan dengan benar agar jangan sampai perabot tersebut berkarat. Baik itu perabot rumah tangga maupun komponen mesin.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Furniture dari Plat Stainless Steel

Anda pasti tidak asing dengan pemandangan konstruksi gedung-gedung yang terbengkalai dan mangkrak. Sehingga menyisakan besi tidak terurus dan karatan. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan benda dari logam ini dirawat dengan baik.

Cara Menghilangkan Karat dengan Bahan Rumahan

Ada beberapa cara menghilangkan karat yang dapat Anda lakukan, salah satunya dengan penggunaan bahan rumahan. Ini dia bahan rumahan untuk menghilangkan karat dari barang yang bermaterial besi.

1. Baking Soda, Garam, dan Air Lemon

Siapkan baking soda, garam, serta air lemon kemudian campurkan. Lalu oles campuran tersebut dan diamkan beberapa saat. Lama kelamaan karat akan hilang. Kemudian lap menggunakan kain bersih dan lembut supaya tidak merusak permukaannya.

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda yang sering Anda nikmati ternyata juga bisa dipakai untuk menghilangkan karat dengan mudah. Cukup rendam benda berkarat di dalamnya dan tunggu sampai karatnya hilang. Terakhir, lap menggunakan kain bersih.

3. Cara Menhilangkan Karat dengan Cuka

Manfaatkan cuka di dapur untuk mengatasi karat pada permukaan besi. Caranya sangat simple, tuangkan cuka ke benda berkarat dan tunggu sampai 24 jam. Setelah karat memudar, lap menggunakan kain bersih.

4. Kentang dan Sabun Pencuci Piring

Mencampurkan kentang yang dihaluskan dengan sabun pencuci piring adalah cara menghilangkan karat yang sederhana. Oleskan campuran tersebut lalu biarkan sampai karatnya hilang, bersihkan dengan spons dan lap kering.

5. Ampelas Benda Berkarat

Menghilangkan stain pada besi cukup dengan menggosoknya menggunakan ampelas. Perabot Anda akan kembali kinclong.

6. Gunakan Solar

Benda-benda berbahan besi yang berkarat dapat diatasi menggunakan solar. Rendam benda tersebut dalam solar dan tunggu sampai kinclong. Lalu bersihkan dengan kain bersih.

7. Cara Menghilangkan Karat dengan Asam Sitrat

Bubuk asam sitrat juga ampuh untuk menghilangkan noda di permukaan besi. Caranya campurkan bubuk asam sitrat ke dalam air. Kemudian rendam benda berkarat, tunggu sampai bersih.

8. Oli Bekas

Jangan buang oli bekas, karena ini dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran serta karat dengan mudah pada perabot Anda.

Penyebab Besi Berkarat

Setelah asyik berbisnis, upaya barang-barang di rumah Anda tidak rusak akibat pengkaratan, ketahui juga apa saja penyebab pengkaratan tersebut. Berikut ini informasinya.

1. Terpapar Udara dan Air

Salah satu penyebab pengkaratan yaitu paparan udara dan air. Ketika besi terkena paparan ini maka akan terjadi reaksi oksidasi. Inilah jawaban mengapa bangunan mangkrak yang dibiarkan justru dipenuhi karat pada materialnya.

2. Tidak Dilapisi Cat atau Logam Lain

Material besi yang dibiarkan tanpa lapisan tertentu akan lebih mudah mengalami pengkaratan. Lakukan pelapisan menggunakan cat atau logam lain, misalnya nikel, timah, atau lainnya.

3. Paparan Sinar Matahari Langsung atau Oksigen

Jangan salah, paparan sinar matahari secara langsung dalam intensitas tinggi juga dapat menyebabkan barang-barang Anda mengalami pengkaratan. Terlebih lagi udara luar terdapat banyak polutan sehingga menyebabkan pengkaratan lebih cepat.

4. Kualitas Besi Tidak Baik

Salah memilih besi bisa jadi penyebab awal mengapa barang lebih mudah berkarat, yakni kualitasnya tidak bagus. Pastikan memilih material yang sudah kategori SNI supaya tidak mengecewakan nantinya. Besi yang KPS Steel sediakan bagi Anda adalah jenis kualitas unggulan sehingga sangat awet.

Baca Juga: Inspirasi Furniture Desain Industrial dari Besi untuk Mempercantik Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu