Cara Mudah Merawat Furniture dari Plat Stainless Steel

cara-merawat-plat-stainless-steel-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Plat stainless steel adalah salah satu material yang kerap digunakan dalam barang sehari-hari termasuk furniture. Material ini merupakan lembaran baja yang tahan terhadap karat sehingga banyak jadi alternatif pembuatan furniture rumah tangga.

Material yang juga dikenal dengan nama plat SUS ini juga relatif terjangkau harganya. Inilah yang membuat pelat stainless steel kian populer digunakan.

Meskipun demikian, Anda memperhatikan jika memiliki furniture dari bahan ini. Walaupun sifatnya awet dan tahan lama, namun bukan berarti perabot tersebut tidak bisa mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, pastikan selalu merawatnya dengan baik sehingga furniture Anda terhindar dari kerusakan.

Perawatan Furniture Stainless Steel

Sebenarnya cara untuk merawat perabotan Anda yang terbuat dari plat stainless steel ini cukup mudah. Yakni dengan rajin membersihkannya secara rutin, memilih lokasi penyimpanan secara tepat, serta meminimalisir paparan cahaya matahari.

1. Cuci dengan Bersih Setelah Digunakan

Membersihkan perabotan adalah hal wajib bagi semua pemilik. Pada dasarnya, ini berlaku pada semua jenis furniture, bukan hanya yang terbuat dari pelat baja anti karat saja. Usahakan untuk membersihkannya dari debu secara berkala. Gunakan lap bersih agar debu-debu yang menempel hilang sempurna. Karena tumpukan debu jika dibiarkan akan membuat permukaan perabot Anda berkurang keindahannya.

Sedangkan peralatan dari baja ini seperti alat makan juga harus segera dicuci. Begitu juga dengan peralatan dapur. Pastikan untuk langsung mencucinya sampai bersih dan tidak ada noda tertinggal. Karena kotoran yang dibiarkan menempel dapat mengoksidasi material ini sehingga terjadi korosi.

2. Simpan di Tempat dengan Suhu Ruang dan Jauh dari Unsur Korosif

Terkadang paparan udara dapat menyebabkan korosi akibat polutan berbahaya dan mengandung mineral-mineral korosif. Unsur-unsur seperti nikel, timbal, tembaga, dan lainnya memiliki karakteristik korosif. Proses oksidasi yang terjadi dapat membuat furniture stainless steel lebih mudah karatan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya menjauhkannya dari paparan unsur-unsur tersebut.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan suhu tinggi dalam intensitas tinggi juga dapat berpengaruh terhadap ketahanan perabot stainless steel Anda. Suhu yang terlalu tinggi bisa berakibat rusaknya lapisan krom. Faktanya, lapisan krom tersebut mencegah terjadinya korosi.

Baca Juga: Inspirasi Furniture Desain Industrial dari Besi untuk Rumah

Keunggulan Furniture Berbahan Plat Stainless Steel

Tentu terdapat beragam alasan mengapa banyak orang memilih untuk membeli furniture dari bahan baja stainless tersebut. Berikut ini beberapa keunggulan yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Lebih Tahan Karat

Sesuai namanya, jenis baja ini memiliki keunggulan lebih dari segi ketahanan terhadap karat. Material tersebut dilapisi oleh lapisan krom yang mampu melindunginya dari korosi. Jadi, furniturenya aman dan tidak membahayakan.

Jika dibandingkan dengan material besi, baja stainless mempunyai ketahanan lebih baik terhadap korosi. Meski demikian, perawatan furniture tetap harus dilakukan agar tetap bersih setiap saat.

2. Kuat dan Kokoh

Kelebihan lain yang terdapat pada bahan baja anti karat ialah kuat serta kokoh. Strukturnya sangat kokoh sehingga cocok dipakai untuk pembuatan berbagai furniture. Mulai dari meja makan, kursi, rak, lemari penyimpanan, dan sebagainya.

3. Tidak Mudah Bengkok

Keunggulan pada material ini yaitu tidak mudah bengkok meskipun bentuk fisiknya berupa lembaran. Ini berkat kekuatan yang dimilikinya sehingga Anda tidak perlu khawatir bentuk furniture akan berubah.

4. Tahan Segala Cuaca

Keuntungan memiliki furniture dari material plat baja anti karat ialah dapat tahan lama dalam segala cuaca. Meski demikian, menghindarkannya dari suhu tinggi yang intens memungkinkan perabot Anda semakin awet.

KPS Steel menyediakan lempengan baja anti karat untuk berbagai kebutuhan, baik itu dalam pekerjaan konstruksi, pembuatan furniture dan lain sebagainya. Disini kami hanya menyediakan plat stainless steel terbaik untuk Anda.

Baca Juga: Inspirasi Tangga Besi Hollow Desain Minimalis Modern

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis dan pipa galvanis. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :
Menu