Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow dengan Mudah

Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow dengan Mudah KPS Steel distributor besi jakarta

Apakah Anda tau cara membuat rel pintu geser dari besi hollow? Jika belum maka ketahui terlebih dulu informasi yang akan kami berikan, agar Anda bisa menerapkannya dengan baik. Saat membuat rel pintu geser bisa pembaca lakukan sendiri dengan tahapan yang mudah diikuti.

Beberapa dari Anda mungkin lebih memilih menggunakan sliding door, daripada didorong karena memiliki kelebihannya tersendiri. Dari segi keindahan, sliding door juga jauh lebih beragam jenis atau material yang digunakan, namun ada lebih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Dalam menerapkan cara membuat rel pintu geser dari besi hollow, pembaca perlu menyiapkan komponen juga perlengkapannya. Jika pembaca memang mampu membuatnya, maka Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari tenaga ahli.

Namun ada beberapa hal perlu diperhatikan, agar tidak ada kesalahan pada pengerjaannya. Biasanya sliding door juga lebih banyak dipilih, bagi mereka yang memiliki hunian dengan gaya minimalis, banyak material bisa dimanfaatkan mulai dari kayu, kaca ataupun besi hollow.

Keuntungan Menggunakan Sliding Door

Jika dilihat dari segi biaya, memang tidak ada perbedaan yang signifikan. Karena material yang digunakan juga sama saja, hanya saja memiliki model yang berbeda. Sebaiknya putuskan dengan baik, model pintu seperti apa yang diinginkan, juga sesuaikan pada model hunian Anda.

1. Ruang Menjadi Lebih Luas

Apabila Anda bisa menerapkan cara membuat rel pintu geser dari besi hollow dengan baik, maka salah satu keuntungan bisa didapat adalah, ruangan akan terasa lebih luas. Dibandingkan apabila pembaca menggunakan sliding door, maka harus memberi ruang di belakang pintu.

Apabila ruang tersebut tidak tersedia, maka sliding door tidak bisa dibuka nantinya. Sliding door menjadi pilihan yang tepat, apabila Anda kekurangan lahan atau ruang terbatas. Ruangan akan terasa lebih luas dan nyaman, sebab pembaca bisa memanfaatkan ruang untuk keperluan lain.

Jika memutuskan menggunakan pintu lipat, rasanya jenis pintu ini kurang cocok jika digunakan di dalam ruangan. Selain itu karena material dalam membuat sliding door beragam, pastikan terlebih dulu Anda memilih material yang tepat.

2. Sliding Door dengan Bahan Kaca, Membuat Ruangan Menjadi Lebih Terang

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan, jika menerapkan cara membuat rel pintu geser dari besi hollow adalah, membuat ruangan menjadi lebih terang. Apabila Anda menggunakan sliding door dengan material kaca, Anda bisa mendapat cahaya alami secara gratis.

Dengan begitu listrik akan lebih hemat digunakan, tapi pastikan Anda memilih sliding door dengan material kaca berkualitas, karena kaca bisa menjadi buram apabila tidak mendapat perawatan secara teratur.

Baca Juga: Ukuran Rangka Plafon Hollow Serta Jumlah Batang yang Diperlukan

Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

Besi hollow dinilai sebagai material konstruksi yang cukup fleksibel, pemasangannya mudah dan praktis, sehingga tidak membutuhkan bantuan orang lain. Jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa komponen lebih dulu, agar pembuatan sliding door bisa Anda terapkan dengan baik.

1. Mengukur Dinding

Tahap awal dalam menerapkan cara membuat rel pintu geser dari besi hollow adalah, mengukur dinding yang akan dipasang sliding door. Ketahui lebar dan panjang total dinding, agar Anda tidak mengira-ngira berapa material yang akan digunakan nantinya.

Dengan pengukuran secara tepat, maka tidak ada komponen yang terbuang atau kekurangan material. Selain itu Anda juga perlu memastikan bahwa dinding kuat untuk dipasang pintu, serta memastikan agar setiap sudut presisi, jangan sampai ada bagian yang miring atau tidak rata.

2. Siapkan Beberapa Perlengkapan

Langkah berikutnya dalam menerapkan cara membuat rel pintu geser dari besi hollow yaitu, menyiapkan beberapa perlengkapan yang akan dibutuhkan. Mulai dari rel terbuat dari besi hollow, bracket roda, engsel lipat juga roda bawah. Jika ditemukan kendala dalam pemasangan, mungkin Anda juga akan membutuhkan kawat las dengan jenis yang sesuai.

Lalu dalam pembuatan rel untuk sliding door, ukur panjang permukaan yang akan dijadikan tempat untuk menaruh semua komponen. Cocokkan dengan roda bawah, apabila roda dapat berjalan di atas rel setiap proses buka pintu tutup, pastikan tidak ada kemacetan pada roda atau rel.

3. Memotong Sesuai Ukuran Standar Rel Sliding Door

Cara membuat rel pintu geser dari besi hollow berikutnya yaitu memotong pintu, karena sudah Anda ukur dengan seksama sebelumnya. Seharusnya ukuran pintu dan dinding sudah sesuai, jangan sampai terlalu lebar atau kecil, karena nantinya tidak mampu menutup pintu dengan baik.

Jika Anda tidak ingin menggunakan roda pada sliding door, cukup pastikan saja rel pada bagian pintu bisa menempati ruangan dengan pas pada rel di bagian permukaan. Jika sudah terpasang dengan baik, maka coba beberapa kali untuk membuka dan menutupnya kembali.

Juga jangan lupa untuk menahan arah geser pintu, agar tidak melebihi batas pada bagian atas dan bawah dekat rel. Pasang sekrup menggunakan bor listrik, pastikan bor terpasang dengan baik.

Jangan sampai ada yang longgar karena bisa berbahaya apabila pintu tidak seimbang. Tanpa membutuhkan keahlian khusus, sebetulnya Anda bisa menerapkan cara membuat rel pintu geser dari besi hollow yang telah kami paparkan.

Baca Juga: Perbedaan Kanal C, Hollow, serta Reng Baja Ringan

Jika Anda membutuhkan besi untuk melengkapi kebutuhan konstruksi bangunan, KPS Steel selaku Distributor Besi Jakarta terbaik menyediakan beragam jenis besi. Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu