Bingung Hitung Biaya Pasang Kanopi? Ini Caranya

biaya-pasang-kanopi-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Biaya pasang kanopi wajib menjadi perhatian Bagi Anda yang ingin memasang atap penutup tersebut. Pada umumnya, kanopi dipasang pada carport atau tempat untuk memarkir mobil, taman, jendela, dan sebagainya. Kanopi memberikan banyak manfaat bagi hunian ataupun suatu space milik Anda. Keberadaan kanopi memungkinkan hunian terhindar dari teriknya panas matahari atau terjangan hujan.

Pada carport, kanopi melindungi kendaraan Anda sehingga tidak cepat rusak akibat terpaan panas dan hujan. Begitu juga pemasangan pada teras maupun jendela yang melindungi kaca dari terpaan sinar matahari langsung. Kanopi juga bisa meningkatkan nilai estetika sudut rumah Anda.

Baca Juga: Ragam Ide Kanopi Minimalis dari Besi Hollow

Jenis Material Bahan Kanopi

Rangka atap ini dapat dibuat menggunakan beberapa jenis material. Sebelum memikirkan biaya pasang kanopi, ada baiknya Anda menentukan dulu jenis material mana yang hendak digunakan. Diantara material tersebut adalah sebagai berikut.

1. Stainless Steel

Stainless steel merupakan material baja anti karat yang banyak digunakan dalam pembuatan beragam benda, termasuk diantaranya yaitu kanopi atau rangka atap. Bahan satu ini memiliki karakteristik kuat serta tahan terhadap karat. Jika memilih menggunakan stainless steel, Anda akan memiliki kanopi yang kuat, indah, serta tahan lama. Sifat anti karat membuat bahan stainless steel relatif lebih mudah dirawat.

2. Besi

Material besi juga memiliki kekuatan yang baik sehingga cocok digunakan untuk membuat kanopi. Untuk perawatannya, Anda harus melapisinya dengan cat besi anti karat jenis zinchromate supaya tetap awet. Material ini banyak dipilih karena kekuatannya yang tinggi. Di samping itu, dari segi harga juga lebih terjangkau dibanding stainless steel.

3. Baja Ringan

Terbuat dari baja, material pembuat kanopi satu ini memiliki kekuatan yang sangat baik. Baja ringan memiliki bobot ringan sehingga pemasangannya lebih mudah. Selain kuat, baja ringan juga anti karat dan harganya cukup terjangkau.

Tips Membuat Kanopi untuk Hunian

Selain  biaya pasang kanopi, ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan. Nah, perhatikan beberapa tips berikut ini supaya pemasangan kanopi yang Anda lakukan hasilnya maksimal.

1. Mengukur Lahan yang Akan Dipasangi Kanopi

Tips pertama, pastikan Anda mengukur lahan yang akan dipakai terlebih dahulu. Yakni meliputi panjang, lebar, tinggi, hingga overstek. Melakukan pengukuran wajib dilakukan agar saat membeli bahan sesuai dengan kebutuhannya.

2. Membuat Anggaran Belanja

Setelah mengukur, Anda dapat menyusun anggaran biaya yang perlu dibelanjakan. Biaya tersebut meliputi pembelian bahan material untuk membuat rangka, atap, serta membayar tukang atau jasa pemasangan kanopi.

Jenis rangka serta atap akan menentukan berapa besar biaya yang harus disiapkan. Memilih material yang pemasangannya rumit juga akan membuat pengeluaran untuk jasa pemasangan lebih besar karena membutuhkan waktu lebih lama.

3. Tentukan Model

Untuk model atapnya, tidak ada salahnya mencari referensi dari internet hingga menemukan contoh desain sesuai keinginan Anda. Kemudian, sampaikan kepada jasa pemasangan agar dapat dikerjakan secara optimal.

4. Pilih Jasa Pasang Terpercaya

Hasil akhir pemasangan rangka atap di hunian Anda sangat dipengaruhi oleh siapa yang memasangnya. Maka dari itu, pilihlah jasa terpercaya agar tidak kecewa dengan hasil pekerjaannya.

Cara Menghitung Biaya Pasang Kanopi

Untuk menghitung biaya pemasangan secara keseluruhan, ketahui terlebih dahulu berapa harga material-material yang Anda butuhkan. Kemudian sesuaikan dengan ukuran lahan yang akan dipasangi. Harga material di tiap-tiap daerah mungkin berbeda.

Menggunakan jasa pasang berpengalaman mungkin memerlukan biaya lebih tinggi. Akan tetapi, dengan hasil memuaskan tentunya membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk renovasi atau memperbaiki kerusakan.

Baca Juga: Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan Minimalis untuk Hunian Anda

Pastikan Anda memilih bahan material terbaik untuk rangka atap hunian. Jika Anda membutuhkan material besi untuk membuat rangka kanopi, KPS Steel menyediakannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu