Ragam Ide Kanopi Minimalis dengan Besi Hollow

ragam ide kanopi minimalis dengan besi hollow

Cuaca yang sangat terik di daerah tropis membutuhkan treatment khusus agar rumah Anda lebih nyaman untuk ditempati.

Salah satu elemen penting yang harus diperhatikan saat membuat rumah yaitu memilih desain kanopi. Saat ini banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk menggunakan kanopi minimalis dari bahan besi hollow, alasannya karena terlihat lebih mewah dan elegan.

Baca Juga: Bangun Tangga Industrial Minimalis Tangga Wiremesh

Biasanya rangka kanopi dan atap rumah ini dipasang di beranda rumah. Fungsinya yaitu untuk memberikan kesan teduh, sehingga dibawahnya dapat dimanfaatkan untuk bersantai. Selain itu, kanopi minimalis biasanya digunakan sebagai penutup carport. Sedangkan untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk beranda rumah, area bersantai maupun tempat parkir mobil.

Beberapa Model Kanopi Minimalis dengan Besi Hollow

Agar rumah terlihat indah dan nyaman, maka Anda harus menyiasati kebutuhan rumah, salah satunya yaitu dalam memilih desain kanopi yang akan digunakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan mengenai desain kanopi minimalis dengan besi hollow yang dikombinasikan bahan lain berikut ini:

1. Model kanopi untuk rumah modern dengan gaya industrial

Besi hollow merupakan jenis material yang paling banyak digunakan untuk pembuatan kanopi. Kanopi besi hollow banyak digunakan karena lebih tahan cuaca. Besi hollow bisa dikombinasikan dengan kaca maupun kayu untuk memberikan kesan yang lebih modern.

Penambahan warna cat akan menentukan hasil akhir pada kanopi. Untuk menambahkan kesan industrial yang modern, maka  Anda bisa memilih cat berwarna hitam. Kanopi minimalis sangat bisa terlihat bagus dengan kombinasi warna yang pas.

2. Model kanopi untuk rumah gaya artistik

Selain menggunakan bahan utama besi hollow, namun juga dikombinasikan dengan bahan kayu. Dengan menambahkan material yang ramah lingkungan, maka akan memberikan kesan yang menyatu dengan alam. Desain kanopi ini sangat cocok untuk rumah di daerah tropis.

Jenis kayu yang cocok digunakan yaitu kayu lambersering dan ranting kayu. Anda dapat melakukan finishingnya dengan cat kayu atau plitur natural. Jika ingin kesan yang lebih alami, maka Anda tidak perlu melakukan finishing.

3. Model kanopi dengan material polikarbonat

Saat ini jenis kanopi polikarbonat yang dikombinasikan dengan besi hollow mudah kita temui disekitar rumah. Desain rangkanya memanfaatkan besi hollow, sedangkan untuk bagian atapnya menggunakan material polikarbonat sehingga dapat menambahkan kesan yang cukup dinamis. Kualitas besi hollow yang tahan lama dan mudah dibersihkan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Ada dua jenis bahan material polikarbonat yang bisa Anda kombinasikan dengan besi hollow, diantaranya adalah polikarbonat transparan dan solid. Polikarbonat transparant berfungsi untuk memberikan pencahayaan yang lebih terang. Sedangkan polikarbonat solid bisa Anda gunakan untuk mengurangi terik matahari yang berlebihan.

4. Model kanopi kaca minimalis modern

Kanopi besi hollow ini dikombinasikan dengan atap kaca untuk memberikan kesan modern. Kanopi jenis ini lebih dominan untuk memberikan perlindungan ketika hujan turun. Namun untuk menahan panas dari terik sinar matahari, kanopi ini bisa dengan mudah menembus ruangan. Untuk menambah kesan minimalis modern, Anda bisa menambahkan cat pada rangka besi hollow dengan cat warna hitam.

5. Model kanopi minimalis yang dilengkapi tanaman rambat

Kanopi yang dilengkapi dengan tambahan tanaman rambat sangat cocok bagi Anda menyukai model rumah dengan konsep hijau. Jenis tanaman yang direkomendasikan yaitu tanaman sulur seperti alamanda, markisa dan sebagainya.

Agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, maka kesuburan tanah harus diperhatikan dan harus disiram secara rutin agar kebutuhan air pada tanaman dapat tercukupi. Anda dapat memberikan pupuk secara berkala dan menyiram tanaman pada pagi dan sore hari.

Nah, dari beberapa jenis kanopi minimalis dengan bahan besi hollow yang dikombinasikan bahan material lain di atas, semoga dapat dijadikan referensi untuk Anda. Anda dapat memilih jenis kanopi sesuai dengan tempat hunian sehingga dapat memberikan konsep yang menyatu.

Baca Juga: Perindah Rumah Anda dengan Varian Warna Atap Avantguard

Untuk menemukan besi hollow terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan besi hollow berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :
Menu