7 Model Pintu Plat Besi Minimalis untuk Menunjang Estetika Hunian Anda

model pintu plat besi KPS steel distributor besi Jakarta

Bahan besi baja ternyata juga bisa didesain menjadi model pintu plat besi minimalis untuk membuat tampilan eksterior rumah terlihat lebih estetik. Kini, jenis material ini mulai populer dan banyak digunakan pada hunian.

Akan tetapi, masih banyak yang enggan menggunakannya sebab harganya masih relatif lebih mahal dari bahan lainnya. Jika dibandingkan dengan bahan kayu, harganya cukup jauh lebih mahal.

Namun, jika Anda melihat dari fungsi dan efektivitasnya, maka akan lebih menguntungkan daripada jenis pintu lainnya. Coba cek informasi berikut mengenai pintu plat besi dan beberapa model yang cocok untuk hunian minimalis Anda.

Apa itu Pintu Plat Besi?

Model pintu plat besi minimalis merupakan desain yang disesuaikan untuk hunian minimalis, terutama di lokasi perkotaan. Desain ini menambah jajaran desain-desain lain yang bisa Anda pilih untuk rumah.

Plat besi dulunya lebih banyak digunakan untuk kontruksi bangunan, tapi bukan untuk pembuatan pintu. Akan tetapi, saat ini sudah banyak arsitek mempergunakannya, bukan hanya disebabkan efektivitas dan fungsionalnya saja, tapi juga dari segi estetikanya.

Kebanyakan penggunaan jenis iron plat door saat ini adalah pada hunian-hunian modern dengan gaya minimalis, terutama menjadi pilihan para pasangan muda yang tengah membangun hunian pertama mereka.

Namun, model pintu plat besi minimalis juga bisa digunakan untuk berbagai pilihan desain hunian. Bahkan rumah dengan desain tradisional juga bisa menggunakannya, tapi harus disesuaikan pemilihan model dan warnanya.

Baca Juga: Model Pintu Lipat Besi Mainstream Beserta Keunggulannya

Keunggulan Menggunakan Pintu Plat Besi

Bagi Anda yang masih ragu menggunakan iron plate door karena harganya dianggap terlalu mahal, berikut beberapa keunggulan yang bisa dipertimbangkan:

1. Daya Tahan yang Baik

Keunggulan menggunakan model pintu plat besi minimalis yang pertama adalah dari segi kekuatan dan ketahanannya. Jenis iron plate door mampu bertahan hingga puluhan tahun meski sering terkena sinar matahari maupun tempias air hujan.

Karena daya tahannya inilah, Anda tidak akan rugi mengeluarkan lebih banyak uang. Sebab pengeluaran besar tersebut terbayar dengan puluhan tahun masa usianya jika dibandingkan jenis pintu dengan material lain.

2. Dapat Disesuaikan Desainnya

Siapa bilang jenis iron plate door tidak bisa didesain sesuai keinginan? Anda dapat menyesuaikan desainnya sesuai dengan hunian. Selain itu, juga bisa dipadukan dengan bahan lain juga.

3. Pemeliharaan Mudah

Pemeliharaannya juga relatif mudah agar tidak mudah keropos dan terkena korosi bisa menggunakan bahan atau cat pelapis. Anda dapat mengoleskan pelapis ini setiap setahun sekali atau ketika warnanya memudah.

Sudah ada pelapis sekaligus pelitur sehingga membuat warna plat besi lebih bersinar. Pelapisan bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa tukang.

4. Meningkatkan Nilai Properti

Jenis iron plate door merupakan jenis investasi. Sementara nilai material bangunan lain akan berkurang seiring berjalannya waktu, pintu besi justru meningkatkan harga jual properti, terutama karena memberika kesan dekorasi yang menarik.

7 Rekomendasi Model Pintu Plat Besi Minimalis

Jika Anda sudah mulai tertarik menggunakan iron plate door karena melihat manfaatnya yang besar, maka beberapa desain berikut ini bisa dijadikan rekomendasi:

1. Desain Plat Besi Sederhana

Anda bisa menggunakan desain yang sederhana yakni memperlihatkan konsep real iron plate door. Hanya perlu menambahkan gagang pintu dengan warna emas sehingga menjadi fokus pada plat yang berwarna abu-abu.

Model pintu plat besi minimalis ini sangat cocok untuk konsep desain interior minimalis. Selain digunakan sebagai pintu depan, juga dapat dipakai menjadi pintu kamar dan berfungsi sebagai ornamen ruangan di interior minimalis.

2. Memakai Desain Lipat

Selain menggunakan desain bukaan langsung, Anda juga dapat memakai desain lipat. Namun, ini kurang cocok dipakai pada bagian depan. Namun, cocok untuk di bagian samping atau garasi.

Penempatannya cocok untuk jenis rumah minimalis dengan luas sedang dan kecil. Selain, menghemat ruang, juga bantu mempercantik tampilan ruangan dalam rumah Anda.

3. Pintu Geser

Pernah terpikir menggunakan model pintu plat besi minimalis dengan tipe geser? Model seperti ini unik dan cocok untuk gaya modern minimalis. Anda dapat menggunakannya untuk kamar atau di samping rumah mengarah ke taman.

4. Plat Besi Putih Polos

Pilihan lainnya adalah menggunakan iron plate door berwarna putih. Pemilihan warna ini akan membuat tampilan lebih netral sehingga mudah dipadukan dengan warna lainnya. Putih juga tidak pernah ketinggalan zaman sehingga aman digunakan.

5. Twin Doors dengan Ornamen

Pilihan berikutnya model pintu plat besi minimalis adalah menggunakan twin doors dengan ornamen. Silakan memilih ornamen sesuai dengan keinginan Anda, bisa desain simetris maupun ornamen oriental.

6. Dipadukan dengan Kayu

Perpaduan bahan besi dan kayu juga bisa menjadi pilihan. Anda dapat menggunakan potongan kayu disusun vertikal atau horizontal di bagian atas dan dipadukan plat besi di bagian bawah.

7. Dipadukan dengan Kaca Berornamen

Plat besi dapat juga dipadukan dengan kaca berornamen sehingga bisa digunakan sebagai pintu depan rumah. Kesan yang diberikan bisa mewah maupun sederhana, tergantung ornamen dan pewarnaannya. Nah, Anda ingin menggunakan desain yang mana? Saat ini sudah ada banyak model pintu plat besi minimalis bisa dipilih atau custom sesuai keinginan Anda.

Baca Juga: 4 Desain Grating Plat Besi untuk Menunjang Estetika Hunian

Kunjungi laman produk KPS Steel untuk informasi lengkap mengenai ragam jenis besi di KPS Steel untuk kebutuhan pembuatan pintu plat besi minimalis di rumah Anda. Sebagai distributor besi Jakarta terpercaya, Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu