Rekomendasi Model Pintu Lipat Besi dan Keunggulannya

model-pintu-lipat-besi-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Banyak bangunan yang saat ini memanfaatkan model pintu lipat besi. Dari sisi efektifitas dan keamanan, maka model ini adalah pilihan terbaik.

Bahkan, jika memilih model yang tepat bisa mempercantik bangunan. Pintu besi kini lebih banyak digunakan karena praktis dan juga awet.

Menariknya, dari sisi harga juga tidak terlalu mahal. Pintu besi dapat digunakan oleh siapa saja dengan menyesuaikan budgetnya.

Namun, tahukan Anda bahwa ada banyak sekali jenis pintu lipat besi. Mungkin, beberapa orang sudah sering melihatnya. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Rekomendasi Model Pintu Lipat Besi

Berkembangnya dunia arsitektur membuat pintu besi juga terus mengalami inovasi. Beberapa model baru muncul dan beberapa model lama dikembangkan jadi lebih baru. Penasaran? Berikut beberapa daftar yang bisa Anda coba.

1. Model Minimalis

Konsep minimalis memang tidak pernah mengecewakan. Konsep ini bahkan bisa diterapkan kepada setiap unsur bangunan, termasuk pintu besi.

Menariknya, desain yang ditampilkan juga lebih bervariasi dan kreatif. Namun, konsep minimalis pada pintu besi ini biasanya akan lebih cocok dipakai pada hunian yang juga bergaya minimalis.

Hunian dengan area tidak terlalu luas adalah model yang tepat untuk mengaplikasikannya. Konsep minimalis juga bisa dikreasikan dengan dekorasi lain.

Beberapa orang mungkin akan lebih senang dengan desain standard tanpa ukiran rumit. Namun, beberapa orang lainnya menginginkan desain yang lebih kompleks.

Salah satu yang bisa dicoba adalah menambahkan lubang-lubang di bagian atas. Tujuannya adalah untuk memberikan ruang atau jalan bagi cahaya dan udara.

Dengan begitu, bagian dalam tidak akan terasa sesak. Saat ini, desain yang banyak digunakan adalah polos bagian bawah dan bagian atasnya memiliki pola geometris khusus.

Itulah mengapa banyak orang menggunakan model pintu lipat besi tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Pagar Besi Minimalis untuk Hunian Anda

2. Model Lipat Geser

Selain gaya minimalis, ada juga pintu lipat geser. Setiap orang pasti sudah sering menjumpai desain ini pada banyak rumah, terutama di perkotaan.

Biasanya, konsep ini juga diaplikasikan pada gerbang. Untuk membuatnya, Anda harus menyediakan lintasan rel khusus pada bagian bawah.

Nantinya, pintu besi akan menggunakan roda untuk menggesernya. Roda tersebut harus menyesuaikan dengan jenis rel yang digunakan.

Ada yang menarik dengan desain satu ini. Biasanya, pintu geser lebih banyak dipakai untuk hunian dengan area luas.

Hal tersebut karena dianggap lebih mudah menggunakannya saat akan keluar masuk hunian. Selain itu, untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit.

Rel sebagai lintasan biasanya akan ditanam setengah hingga yang terlihat adalah permukaannya saja. Namun, ini tidak menghalangi saat menggeser pintu.

Konsep ini banyak dipakai untuk berbagai bangunan. Namun, hanya beberapa tipe bangunan atau ruko besar saja yang menggunakannya. Meskipun begitu, Anda juga bisa menggunakannya dengan melakukan penyesuaian.

3. Model Lipat Harmonika

Berbeda dengan dua model sebelumnya, model harmonika ini cukup unik. Pintu terbuat dari beberapa lembar besi dengan ukuran tidak terlalu besar.

Umumnya, model harmonika lebih sering dipakai untuk pintu garasi. Dari sisi model memang cukup unik karena akan dipasang pada bagian kanan dan kiri.

Sedangkan saat dirapatkan maka pintu tersebut akan terkunci. Dengan begitu, maka akan jauh lebih kokoh.

Baca Juga: Cara Mencegah Karat dan Keropos pada Pagar Besi

Oleh sebab itu juga biasanya penggunaan model harmonika memanfaatkan plat besi yang lebih kokoh. Namun, beberapa orang mengkombinasikannya dengan potongan besi tebal sehingga pintu bisa lebih kuat.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu