Miliki Bangunan Tahan Gempa Berbahan Besi Wide Flange

besi wide flange

Bangunan Tahan Gempa dari Besi Wide Flange

Besi wide flange menawarkan banyak keunggulan terutama jika digunakan sebagai konstruksi bangunan. Lebih efektif digunakan untuk membantu menahan beban maupun daya tarik sehingga sering digunakan sebagai pondasi bangunan. Ternyata banyak pemborong yang lebih menyukai besi jenis ini untuk dipakai meskipun dari segi harga lebih mahal. Alasannya karena mengutamakan kualitas jangka panjang sehingga dipercaya pada proyek lainnya. Namun, tak sedikit dari kita yang belum bisa membedakan besi wide flange dengan besi H beam.

Baca Juga: Ornamen Antik dan Dekoratif Dari Besi Tempa

Baja WF memiliki bobot tidak terlalu berat namun struktur kepadatannya sangat tinggi untuk material bangunan. Sehingga menjadi keunggulan yang sangat diminati oleh berbagai kalangan untuk beragam tujuan. Simak fungsi, keunggulan dan tips membeli baja WF agar tidak mendapatkan barang palsu. Semua dijelaskan secara singkat di bawah ini agar Anda tidak melakukan kesalahan saat pembelian.

Fungsi dan Keunggulan Pada Besi Wide Flange

Mungkin Anda heran kenapa besi WF paling sering dicari dan digunakan dibanding jenis lainnya. Hal ini tentu saja tidak lepas dari berbagai kelebihannya sehingga mampu memberikan keuntungan tersendiri. Salah satu keunggulan dari besi WF dan termasuk ke dalam fungsinya yaitu mampu menahan beban maupun tarikan. Sehingga kekuatan yang dihasilkan sangat tinggi dan mampu membuat bangunan tahan gempa.

Jika dilihat sekilas memang hampir sama dengan jenis H-Beam dimana tampilannya seperti huruf H. Namun dari segi kekuatan, gaya tekan dan daya tariknya jelas tidak bisa disamakan kualitasnya. Tidak heran jika besi wide flange sering digunakan sebagai material bangunan terutama pada daerah rawan gempa. Konstruksi bangunan menjadi lebih efisien dan pastinya lebih kuat dibandingkan jenis lainnya.

Biasanya jenis ini digunakan untuk material dalam pembuatan rangka gedung karena kekuatannya. Sering juga digunakan sebagai fondasi bangunan karena daya tekan dan tariknya cukup seimbang menahan beban berat. Besi Wide Flange seringkali digunakan untuk pembuatan gedung bertingkat, jembatan, gudang dan berbagai bangunan lainnya. Sudah banyak juga rumah biasa juga memakai jenis ini karena sudah banyak yang mengetahui kualitasnya.

Hal inilah yang membuat baja WF banyak dicari sebagai bahan material utama dalam pembangunan. Demi mendapatkan hasil maksimal serta kekuatan sehingga tahan ketika ada gempa.

Tips Mudah Sebelum Beli Besi WF Asli

Sebenarnya menemukan dan membeli besi wide flange tidaklah sulit karena banyak tersedia di pasaran. Namun Anda harus lebih berhati-hati karena tingginya peminat membuat banyak barang palsu yang dijual. Terlebih lagi jika harga yang ditawarkan sangatlah murah dibandingkan dengan harga di pasaran pada umumnya. Mengingat harga baja WF dimanapun biasanya diatur sesuai standar sehingga tidak jauh berbeda antar penjual.

Gunakan beberapa tips mudah menemukan barang asli seperti menanyakan material pembuatan besinya. Jika penjualnya sendiri tidak mengetahui material apa yang digunakan tentu harus curiga dengan barangnya. Setiap besi yang dijual biasanya ada standar SNI dan ada kodenya pada batang besi tersebut sehingga dapat digunakan sebagai tanda. Cek saja kode SNInya apakah ada atau tidak.

Jangan sampai Anda mengabaikan standar SNI yang sebenarnya sangat memudahkan para pembeli. Jika dipakai untuk membuat bangunan jelas sangat rawan roboh karena tidak ada jaminan kualitas. Terlebih lagi jika Anda mencari besi WF palsu demi mendapatkan harga lebih murah atau miring. Tentu saja kerugian jangka panjang yang akan didapatkan terutama kualitas bangunan itu sendiri.

Apalagi tujuan Anda menggunakan besi jenis WF agar bangunan bisa tahan terhadap gempa. Maka beli saja di toko kami sebagai distributor resmi yang menjual berbagai jenis besi asli bukan palsu. Segera saja hubungi kami agar pesanan Anda dapat diproses dengan cepat sehingga bisa segera digunakan. Jangan khawatir karena kami menyediakan banyak besi wide flange sehingga tidak perlu takut kehabisan.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Jenis Kode Pada Besi Ulir

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai besi ulir dan beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu