Ketahui Perbedaan Jenis Kode Pada Besi Ulir

Pengertian kode pada besi ulir

Perbedaan Jenis Kode Pada Besi Ulir

Besi ulir memiliki corak atau ulir sehingga tampilannya lebih menarik. Ternyata pola diatasnya bukan sekedar untuk mempercantik saja namun memberikan banyak manfaat penting dalam pembangunan. Menariknya ternyata pembuatan besi-besi yang ada di pasaran tidak boleh sembarangan dan ada aturannya. Semua diatur berdasarkan standar nasional atau lebih dikenal dengan kode SNI.

Baca Juga: Tabel Besi Polos yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum Anda memutuskan membeli dan asal membelinya, tidak ada salahnya mengetahui bagaimana cara membaca kodenya. Mengetahui hal tersebut tentunya memiliki manfaat penting yang bisa dijadikan informasi sebelum membeli.

Apa Itu Kode SNI Pada Besi Ulir?

Pernahkah Anda memperhatikan secara detail kode SNI dan memahami betul maksud kode tersebut? Karena sebagian besar orang-orang tidak memperhatikan dan langsung membeli hanya dengan berpatokan pada harga. Ternyata besi beton ulir SNI mendapatkan kodenya langsung dari BSN (Badan Standardisasi Nasional). Standar ini bertujuan untuk menyediakan produk yang sesuai standar di pasaran sehingga tidak menyalahi aturan.

Standar di Indonesia sendiri sudah diatur dalam SNI 07-2052-2002 tentang Baja Tulangan Beton. Standar ini sudah disesuaikan dengan standar besi Jepang sehingga besi beton apapun harus memenuhi semua kriterianya. Meskipun sudah ditentukan standarnya, namun ada kalanya terdapat kekeliruan atau selisih sehingga ada aturan toleransi. Batas perbedaannya hanya sesuai toleransi saja dan tidak boleh melewati dari batas tersebut.

Sekilas tentang standar besi ulir SNI harus memenuhi beberapa kriteria seperti tidak boleh mengandung retakan. Tidak boleh juga ada gelombang, lipatan maupun cerna yang menyebabkan adanya kecacatan. Selain itu semua jenis besi beton tidak boleh berkarat pada bagian dalamnya atau hanya bagian luar saja. Sementara itu, khusus besi beton ulir harus ada pola di bagian luarnya.

Jika diperhatikan, rusuk besi ulir harus memanjang dan dari segi diameter harus sesuai dengan standar SNI. Pengukuran diameternya harus menggunakan satuan milimeter atau mm dan toleransinya diukur memakai jangka sorong. Pada besi beton ulir diameternya tidak diukur dari ujung sirip, namun berdasarkan diameter dalamnya. Jika dilihat dari SNI 07-2050-2002 panjang tulangan beton ada 6,9 dan 12 meter.

Perbedaan Kode Pada Besi Beton Ulir yang Perlu Diperhatikan

Ada dua kode SNI pada besi ulir yang masing-masing memiliki makna atau arti bukan sekedar angka saja. Berikut dijelaskan dua kode agar lebih mudah dipahami sehingga Anda menjadi tahu perbedaannya.

1. Beton Ulir U35 SNI

Pada besi jenis ini ada pola di permukaan dan polanya akan berbeda-beda karena tergantung dari pabriknya. Pola pada besinya sendiri diproduksi dengan menggunakan proses roll sehingga lebih teratur hasilnya. Ulir sendiri memiliki fungsi penting yaitu membentuk ikatan yang sempurna antara satu besi dengan material cor. Dengan ikatan tersebut maka pergerakan yang terjadi dapat diminimalkan sehingga bangunan menjadi lebih kokoh.

2. Beton Ulir U40/TS420 SNI

Sebenarnya besinya sama dengan kode sebelumnya namun perbedaannya dari segi kualitas. Kode besi beton ulir U40 kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dengan kode U35 karena kelenturannya. Tahukah Anda ternyata semakin lentur besi tersebut maka akan semakin baik kualitasnya. Terutama pada saat ditekuk atau akan dibentuk semakin mudah meskipun memiliki pola bukan polosan pada umumnya.

Karena tingkat kelenturannya lebih baik membuat U 40 memiliki harga jauh lebih mahal. Namun dari segi kualitas tidak perlu diragukan karena sudah pasti terjamin handal ketika digunakan sebagai material bangunan.

Hubungi KPS Steel selaku distributor resmi besi seluruh Indonesia sebagai jawaban atas semua kebutuhan Anda. Tinggal konfirmasi saja berapa banyak besi polos yang dibutuhkan dan kami selalu siap mengirimnya. Nah, apakah Anda sudah memahami perbedaan kode pada beton ulir?

Baca Juga: Perbedaan Besi Profil Jenis H Beam dan T Beam

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi beton di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu