Penjelasan Perbedaan Warna Pada Besi Tulangan

makna perbedaan warna pada ujung besi tulangan

Makna Warna Pada Tiap Besi Tulangan

Semua jenis besi baja termasuk besi tulangan memiliki tanda SNI baik dari kode maupun memakai warna. Penggunaan SNI pada barang-barang yang diproduksi tentu memiliki alasan mendasar sehingga harus diperhatikan. Barang SNI biasanya sudah melewati berbagai uji sehingga diharapkan kualitasnya jauh lebih baik dan lolos uji kelayakan. Mengingat ada standar tersendiri yang diberlakukan sehingga keamanan terjamin karena kualitasnya.

Baca Juga: Miliki Bangunan Tahan Gempa Berbahan Besi Wide Flange

Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberlakukan SNI untuk semua jenis besi dengan menggunakan standar dari Jepang. Maka tidak heran jika biasanya SNI harus memenuhi standar kriteria dari Jepang tersebut. Kali ini kode SNI pada besi baja tulangan bukan menggunakan kode khusus namun memakai warna. Hal ini memberikan manfaat tersendiri karena penggunaan warna jauh lebih memudahkan.

Kode Warna Penandaan SNI Pada Besi Tulangan Terbaru

Pernahkah Anda melihat ada tanda warna pada ujung besi beton tulangan baik berwarna hijau, biru atau lainnya. Penandaan warna tersebut memiliki arti tersendiri, maka sebagai pembeli Anda harus mengetahui maksudnya. Tanda berupa warna tersebut merupakan tanda kelas atau jenis dari besi tulangan tersebut. Penandaannya harus sesuai standar jadi tidak boleh asal memberikan warna karena merasa suka saja.

Pewarnaan juga pada ujungnya saja serta harus memakai warna yang tidak mudah hilang. Mengingat tanda tersebut nantinya digunakan jangka waktu lama sehingga harus diperhatikan agar tidak hilang sampai ke pembeli. Pada SNI 5052-2002 ada aturan penandaan warna dengan berdasarkan kelas seperti:

  1. Kelas BjTP 24 berwarna hitam
  2. Kelas BjTP 30 berwarna biru
  3. Kelas BjTS 35 berwarna merah
  4. Kelas BjTS 40 berwarna kuning
  5. Kelas BjTS 50 berwarna hijau

Namun, ada beberapa perubahan pewarnaan setelah SNI 2052-2017 terbit yaitu:

  1. Kelas BjTS 280 berwarna hitam
  2. Kelas BjTS 420A berwarna kuning
  3. Kelas BjTS 420B berwarna merah
  4. Kelas BjTS 520 berwarna hijau
  5. Kelas BjTS 550 berwarna putih
  6. Kelas BjTS 700 berwarna biru

Jika diperhatikan memang ada perubahan kode kelas besi tulangan dan kode warnanya dari aturan sebelumnya. Perubahan seperti ini perlu diperhatikan sehingga Anda tidak lagi salah melihat kode warna ketika membeli. Saat ini standar SNI 2052-2017 sudah resmi digunakan sehingga semua produsen memakai aturan warnanya tersebut. Namun masih ada toko yang memiliki stock lama dan kemungkinan masih memakai kode lama juga.

Manfaat Penandaan dengan Menggunakan Warna Pada Besi Baja Tulangan

Berdasarkan standar SNI pewarnaan pada besi tulangan harus sesuai dengan kelasnya sehingga memudahkan. Namun jika ada perbedaan karena adanya stock lama tentu menjadi hal yang harus dimaklumi. Ada banyak manfaat yang didapatkan terutama bagi konsumen ketika akan membeli besi baja tulangan. Terutama dalam membedakan kelas akan sangat mudah diingat karena warnanya sudah sangat jelas.

Daripada harus melihat kode secara khusus misalnya dengan memperhatikan kode angka dan huruf. Jelas akan sangat rumit karena harus mengecek kode tersebut secara detail satu per satu. Meskipun penggunaan warnanya hanya di ujung saja dan tidak secara keseluruhan namun faktanya lebih mudah dihafalkan. Termasuk menemukan kelas dari tumpukan besi yang ada jauh lebih cepat dan mudah.

Selain itu ada banyak orang yang memang kesulitan membaca kode khusus dalam bentuk huruf dan angka. Sehingga dengan warna jelas bisa dibaca semua kalangan tanpa harus banyak dijelaskan. Sebagai distributor resmi, kami menyediakan berbagai kelas besi baja tulangan siap kirim ke berbagai daerah. Temukan kebutuhan Anda di toko kami karena pasti besi tulangan selalu ready setiap saat.

Baca Juga: Inspirasi Ornamen Cantik dan Dekoratif dengan Besi Tempa

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai besi ulir dan beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu