Tips Pembuatan Rak Besi Menggunakan Besi Siku

tips-pembuatan-rak-besi-menggunakan-besi-siku

Besi siku memiliki daya tahan beban yang kuat, ringan, mudah dibentuk, dan serbaguna.

Sudah pernah liat belum, rak besi yang sering berada di pertokoan atau perkantoran? Rak besi tersebut terlihat kuat dan kokoh, dengan berbahan dasar material besi tegak lurus. Besi tersebut adalah besi siku yang merupakan material logam berbentuk dua garis yang saling tegak lurus dengan sudut 90 derajat.

Besi siku memiliki daya tahan beban yang kuat, meski begitu besi jenis ini memiliki berat yang ringan, mudah dibentuk, dan serbaguna. Besi jenis ini umum digunakan dalam pembuatan rak besi, meski begitu tidak jarang juga digunakan sebagai pagar rumah, kontruksi tangga, teralis jendela, maupun kerangka pintu. Untuk membuat rak besi menggunakan besi siku, simak informasinya lebih lanjut. Untuk mengetahui tips dalam membuatnya.

Baca Juga: 6 Kelebihan Besi Siku Yang Perlu Anda Ketahui

Tips Membuat Rak Besi dengan Besi Siku

Besi jenis ini memang umum digunakan dalam pembuatan rak besi. Untuk itu simak tips dalam pembuatannya berikut ini.

1. Ketahui Jenis Besi Siku Sesuai Kebutuhanmu

Tips yang pertama yaitu Anda harus mengetahui jenis besi siku yang sesuai dengan kebutuhanmu. Karena besi ini memiliki beberapa jenis, dengan keunggulan yang berbeda-beda. Yang pertama ada besi siku sama sisi, tidak sama sisi, dan berlubang.

2. Ukur Kebutuhan Besi dengan Teliti

Besi ini diproduksi dengan Standar Nasional Indonesia yaitu 6 meter. Namun untuk lebarnya memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 2cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Untuk keteblannya berada pada kisaran 1,4 mm hingga 3,4 mm. Akan berbeda menyesuaikan dengan ukuran penampang. Jadi sebelum membuat rak besi, alangkah baiknya jika mengukur besi dengan kebutuhan rak besi.

3. Rak Besi dengan Alas Triplek atau Kayu

Besi siku digunakan sebagai rak besi dalam bagian kerangka. Sedangkan kayu atau triplek bisa digunakan sebagai alas rak sebagai tempat barang diletakan. Jika Anda membutuhkan rak dengan beban barang yang relatif ringan, alas dengan bahan triplek akan lebih sesuai untuk rak Anda. sedangkan untuk beban yang lebih berat, disarankan untuk menggunakan alas berbahan dasar kayu.

Kelebihan Rak Besi Menggunakan Besi Siku

Masyarakat memilih material tentu memiliki alasan yang kuat. Biasanya hal ini dikarekan kualitas ataupun harga yang bersahabat. Lalu apa kelebihan dari besi ini?

1. Kuat dan Kokoh

Besi ini memiliki kualitas yang kuat dan kokoh, hal inilah yang dicari oleh masyarakat dalam membuat rak besi. Selain itu material ini memiliki daktilitas yang mampu menahan beban tarik dan juga tinggi.

2. Tahan Lama

Kelebihan yang kedua yaitu besi jenis ini tahan lama, sehingga mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan keawetan tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan.

3. Mudah Dipasang

Besi andalan ini memiliki bentuk yang ramping, sehingga mudah dalam pemasangan dibanding dengan besi lain. Dari fakta tersebut Anda dapat mengehemat waktu serta pekerja. Pasalnya kontriksi yang mudah dipasang membutuhkan waktu yang lebih singkat dengan, serta Anda sapat menggunakan hasilnya dengan segera mungkin.

4. Merupakan Material Serbaguna

Kelebihan yang terakhir ialah, ia tidak hanya dapat digunakan sebagai rak, namun juga bisa digunakan sebagai kontruksi tangga, teralis jendela maupun kerangka pintu.

Baca Juga: Mengenal Spesifikasi Dan Kegunaan Besi Siku

Wah ternyata banyak juga kelebihan dari besi ini, tertarik untuk menggunakannya? Anda bisa menerapkan tips diatas  dalam pembuatan rak besi menggunakan besi siku. Semoga bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu