6 Kelebihan Besi Siku Yang Perlu Anda Ketahui

6-kelebihan-besi-siku-yang-perlu-anda-ketahui-kps-steel

Besi sudah menjadi material yang populer untuk keperluan berbagai macam proyek struktural maupun arsitektural.

Besi/bar siku (angle iron/bar) atau L-bracket termasuk salah satu produk besi/baja yang populer. Dari artikel lain, tentu Anda sudah mendapat informasi terkait spesifikasi dan kegunaannya. Artikel ini akan mengulas lebih detail berbagai kelebihan besi siku yang menjadikannya sangat populer. Setidaknya ada tujuh kelebihan besi siku yang perlu Anda ketahui berikut ini dalam rangkuman KPS Steel, distributor besi Jakarta.

1. Ringan Sekaligus Kuat

Dibandingkan produk baja struktural lain, besi siku dapat dikatakan memiliki beban yang lebih ringan dalam berbagai dimensinya. Kendati demikian, besi siku tak kalah dalam hal kekuatan. Penampang yang berbentuk L (L-bracket) dan membentuk sudut 90 derajat menjadikannya kokoh seperti halnya bentuk segitiga.

2. Dimensi Yang Variatif

Produk besi siku sangat variatif, sehingga memungkinkan konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhan proyek terkait. Dengan memiliki panjang standar 6 meter, besi siku memiliki variasi ketebalan 1,4mm s/d 3,4mm dan variasi dimensi penampang L yang terdiri dari ukuran 2mm, 3mm, 4mm, dan 5mm. Variasi ketebalan dan dimensi penampang akan memengaruhi beban dan tentu berbanding lurus dengan harganya.

Baca Juga: Pemanfaatan Besi Beton Pada Konstruksi

3. Mudah Dibentuk

Besi siku relatif mudah dikerjakan untuk menghasilkan ukuran dan konstruksi tertentu sesuai kebutuhan. Untuk pemotongan besi siku, hanya diperlukan alat pemotong besi (gerinda listrik atau pemotong manual). Besi siku juga dapat ditekuk dengan pencatok atau alat lain. Sementara itu, untuk penyambungan dapat dilakukan dengan sistem las atau menggunakan baut.

4. Serbaguna

Besi siku dapat digunakan pada berbagai macam proyek; struktural maupun arsitektural; interior maupun eksterior; komersial atau sekadar hobi. Karena kekuatannya, besi siku mampu berperan sebagai elemen struktural, seperti rangka atap, tangga, menara, dll. Sementara, kemudahan besi siku ketika dibentuk membuat material ini juga fleksibel untuk diterapkan sebagai elemen arsitektural (interior maupun eksterior). Misalnya, pagar halaman; rangka pintu/jendela; teralis jendela/pintu; perabot (meja, kursi, rak, lemari, ranjang, dll.); atau elemen dekoratif.

5. Mudah Perawatannya

Besi siku terbuat dari besi plat yang diolah dengan pelapis anti karat. Oleh karena itu, besi siku tidak memerlukan perawatan khusus. Meskipun demikian, finishing anti karat harus tetap diberikan pada ujung-ujung yang terpotong, bagian tepi, dan lubang baut pada sambungan karena sekecil apapun bagian terbuka akan berisiko mengalami korosi yang berdampak terbentuknya karat.

6. Tahan Lama Dan Berkelanjutan

Kekuatan dan ketahanan bahan terhadap karat membuat material L-bracket ini memiliki usia yang relatif panjang. Selain itu, besi siku juga termasuk material yang memiliki sifat berkelanjutan, yaitu dapat digunakan kembali (reuse). Seperti besi siku bekas rangka atap dapat digunakan lagi untuk proyek lain, misalnya untuk rak, kaki meja/kursi, dan lainnya.

Anda tidak perlu ragu untuk memilih besi siku sebagai material struktural maupun arsitektural. Jika perlu, konsultasikan pada ahli konstruksi. Serta, untuk mendapatkan besi siku dengan kualitas terbaik, Anda bisa mendapatkannya di KPS STeel, distributor besi Jakarta.

Baca Juga: Tips Memperbarui Perabot Yang Berkarat

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi siku di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu