Intip Cara Memanfaatkan Besi Siku

Besi siku banyak digunakan karena memiliki beragam kelebihan dibandingkan besi yang lain, diantaranya yaitu mudah dibentuk, serbaguna, ringan dan kuat.

Menciptakan Interior rumah yang indah tidak hanya berfokus pada desain dari interior rumah saja, namun juga harus memperhatikan produk kerajinan interior dari rumah tersebut. Kursi, meja dan rak pajangan merupakan contoh produk interior rumah. Produk kerajinan interior tersebut umumnya terbuat dari berbagai macam material seperti kaca, plastik, kayu dan juga besi.

Besi merupakan material penting yang umum digunakan dalam pembuatan produk kerajinan interior. Besi memiliki banyak ragam, salah satunya adalah besi siku atau besi L yang mudah dibentuk, serbaguna, ringan dan kuat.

Baca Juga: Mengenal Spesifikasi Dan Kegunaan Besi Siku

Cara Memanfaatkan Besi Siku

Besi siku atau besi L merupakan salah satu jenis besi yang memiliki bentuk seperti dua garis yang saling tegak lurus layaknya huruf L dan memiliki sudut 90o. Besi L umumnya diproduksi dalam bentuk panjang yang sama, yaitu 6 meter dan untuk lebarnya memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 2 cm hingga 5 cm.

Selain itu, besi L ini juga memiliki ketebalan yang beragam, tergantung kepada ukuran penampang, Misalnya apabila besi memiliki ukuran penampang 40m x 40m, maka ketebalan yang dimiliki besi tersebut yaitu antara 2.2 m, 2.4 m,  3.2 m, dan 3.4 m. Besi L memiliki tiga jenis bentuk, yaitu besi L sama sisi, besi L tidak sama sisi dan besi L berlubang. Ketiga desain besi ini memiliki fungsinya masing-masing. 

Setelah mengetahui apa itu besi L dan juga ragam bentuknya, berikut ini adalah cara memanfaatkan besi L yang dapat anda terapkan di rumah anda.

1. Membuat Rak Besi

Rak besi biasa ditemukan di lingkungan pertokoan maupun perkantoran. Rak besi dibuat dengan menggunakan besi siku dan dipadukan dengan kayu sebagai penampangnya, sehingga kuat dan kokoh dalam menopang benda berat. Besi L yang digunakan disini adalah jenis besi L yang berlubang.

2. Membuat Rak Gantung

Rak gantung umumnya digunakan untuk menaruh pot bunga maupun buku-buku. Rak gantung tersusun atas dua buah besi L dan juga satu buah alas penampang yang terbuat dari kayu. Dengan adanya rak gantung di dinding rumah anda, maka interior rumah anda akan menjadi lebih indah.

3. Digunakan Sebagai Teralis Jendela

Teralis jendela berfungsi sebagai penghias jendela sekaligus sebagai pengaman yang dapat mencegah pencuri masuk lewat jendela. Besi L dapat dimanfaatkan sebagai teralis jendela, sehingga akan memberikan detail unik pada tampilan rumah anda.

4. Digunakan Sebagai Pagar Hunian

Selain besi cor, besi L juga dapat digunakan sebagai material pembuatan pagar rumah. Dengan menggunakan besi L, anda bisa membuat pagar rumah dengan kekuatan yang baik. Selain itu, penggunaan besi L untuk pagar rumah juga sangat cocok digunakan pada rumah yang minimalis.

5. Sebagai Kerangka  Kursi dan Meja

Penggunaan besi L yang berlubang juga umum diaplikasikan pada kerangka kursi maupun meja. Kursi dan Meja yang terbuat dari besi ini akan lebih terlihat sederhana namun tetap terlihat indah.

6. Sebagai Menara Tangki Air

Tangki air merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah rumah yang berfungsi untuk menyimpan air. Tangki air umumnya diletakkan di atas menara yang terbuat dari besi L. Besi yang kokoh ini dapat menopang tangki air agar tetap satbil walaupun berada jauh diatas tanah.

7. Membuat Kusen Pintu

Kusen pintu umumnya dibuat dengan menggunakan bahan balok kayu, alumunium, plastik dan kaca. Namun, Kusen pintu ternyata juga dapat dibuat dengan menggunakan besi siku.Kusen yang disusun dengan besi ini akan memiliki durabilitas yang baik dan juga mampu menopang pintu daun yang terbuat dari kaca maupun besi.

Baca Juga: 6 Kelebihan Besi Siku Yang Perlu Anda Ketahui

Demikianlah beberapa cara memanfaatkan besi siku atau besi L yang dapat diterapkan di rumah anda. Penggunaan besi L haruslah disesuaikan dengan desain interior rumah agar terlihat pas dan cocok. Hindarilah penggunaan besi L yang berlebihan pada produk interior rumah anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu