Daftar Harga Besi Siku Berbagai Ukuran, Jenis dan Kegunaan

daftar harga besi siku serta ukurannya KPS Steel distributor besi jakarta

Besi siku merupakan alat pendukung konstruksi yang mendukung hadirnya inovasi pembangunan. Semakin beragamnya alat pendukung tentu kreatifitas pembuat bangunan akan menghasilkan inovasi baru dan kualitasnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dari banyaknya peralatan konstruksi, bar siku atau L bracket inilah yang paling terkenal karena dapat dimanfaatkan dalam banyak hal. Disusun dari material logam, dibentuk menjadi dua garis siku 90 derajat.

Material ini mudah digunakan karena bisa dibentuk sesuai keinginan serta kebutuhan. L-Bracket dapat diatur sesuka hati sehingga bisa menciptakan berbagai macam model furniture, peralatan rumah tangga, pagar, rak, maupun benda lainnya.

Ketahui Apa itu Besi Siku?

Sering ditemui pada aktivitas konstruksi, industri, dan lainnya, alat ini tentu sudah tidak asing lagi. Material ini sering digunakan sebagai penyangga dari konstruksi atau instalasi lainnya karena memiliki kekuatan tinggi.

Seperti namanya, penyangga atau bar siku mempunyai sudut 90 derajat serta berbentuk mirip dengan huruf L. Material ini juga mirip dengan segitiga sama kaki, namun pada sisi lainnya tidak tertutup.

Jenis Besi Siku yang Beredar di Pasaran

Beragam bentuk, jenis, berat, serta ukuran di pasaran sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Berikut ini adalah beragam jenis L-Bracket atau besi siku yang tersedia di pasaran.

1. L-Bracket Berlubang

Jenis bar siku yang memiliki lubang-lubang pada seluruh bagian permukaan pada tubuhnya. Memiliki keunggulan yakni memudahkan penggunanya untuk meletakkan dan mengaitkan papan serta baut lainnya.

2. L-Bracket Sama Sisi

Sesuai namanya, besi siku jenis ini mempunyai panjang yang sama setiap sisinya. Ukuran dari L-Braket sama sisi contohnya 30×30 mm sehingga kedua sisinya memiliki panjang sama tanpa perbedaan sedikitpun.

3. L-Bracket Tidak Sama Sisi

Memiliki sisi yang tidak sama satu dengan lainnya, hal ini membuat jenisnya mudah dikenali karena berkarakter khas. Permukaannya yang polos membuatnya sering dimanfaatkan dalam pembuatan kerangka kanopi pada rumah modern.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Berat Besi Siku Secara Akurat? Simak Selengkapnya

Kegunaan Besi Siku di Kehidupan Sehari-hari

Saat merancang sebuah konstruksi atau instalasi L-Braket menjadi alat yang berperan penting dalam berdirinya rancangan. Komponen penting konstruksi ini memiliki beraneka kegunaan di kehidupan sehari-hari seperti berikut ini.

1. Pembuatan Rak-Rak Besi

Rak-rak besi digunakan oleh pemilik toko atau bengkel sebagai wadah peralatan kerjanya. Dalam pembuatannya, rak besi memakai L-Bracket yang seluruh bagian tubuhnya dipenuhi oleh lubang.

2. Penopang Rak Gantung

Selain dibuat menjadi rak-rak besi, L-Bracket juga difungsikan sebagai penopang dari rak gantung yang terbuat dari papan. Karena memiliki siku, besi ini mampu menopang benda berat layaknya kayu solid.

3. Bagian dari Struktur Menara Tangki

Saat ini, hampir seluruh hunian memiliki tangki besar sebagai wadah penyimpanan air. Pembuatan menara penyimpanan tersebut tidak terlepas dari bantuan besi siku yang disusun mengitari tangki.

4. Kerangka Pintu Rumah

L-Braket saat ini juga difungsikan sebagai kerangka pembuatan pintu rumah. Pemasangannya dimaksudkan agar daun pintu bisa terpasang dengan rapi dan kuat sehingga tidak mudah terlepas.

5. Pemanfaatan Sebagai Teralis Jendela

Beberapa hunian saat ini juga dimanfaatkan sebagai teralis atau jeruji pada jendela. Pemasangannya dilakukan untuk menambah keamanan jendela rumah agar tidak mudah dimasuki orang asing.

6. Pagar Rumah Estetik

Penggunaan L-Braket juga dimanfaatkan sebagai bahan pagar di rumah, apalagi harganya lebih ekonomis dari pagar-pagar lain. Dimanfaatkan oleh rumah yang memakai tema minimalis atau eropa.

Kisaran Daftar Harga Besi Siku Berbagai Ukuran Terbaru

Memiliki ukuran yang beraneka macam, besi-besi ini jelas memiliki harganya masing-masing. Bukan hanya ukuran panjang, tapi ketebalan dari besinya juga menentukan tinggi rendahnya harga L-Braket.

Selain itu, jenisnya juga menentukan mahal murahnya harga besi L tersebut. Oleh karenanya, Anda perlu memahami jenis, ukuran, serta tingkat tebal besi yang dibutuhkan untuk konstruksi atau instalasinya.

1.  Ukuran 40x40x4 milimeter – panjang 6 meter = Rp.140.000

2.  Ukuran 50x50x4 milimeter – panjang 6 meter = Rp.178.000

3.  Ukuran 60x60x6 milimeter – panjang 6 meter = Rp.310.000

4.  Ukuran 65x65x6 milimeter – panjang 6 meter = Rp.330.000

5.  Ukuran 70x70x7 milimeter – panjang 6 meter = Rp.415.000

6.  Ukuran 75x75x7 milimeter – panjang 6 meter = Rp.451.000

7.  Ukuran 80x80x8 milimeter – panjang 6 meter = Rp.550.000

8.  Ukuran 90x90x9 milimeter – panjang 6 meter = Rp.685.500

9.  Ukuran 100x100x8 mm – panjang 6 meter = Rp.695.500

KPS Steel memiliki banyak ukuran dari produk L-Braket yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Ditambah lagi bahan material yang KPS Steel gunakan merupakan bahan-bahan berkualitas tinggi sehingga akan awet.

L-Braket memiliki fungsi dan manfaat yang bisa digunakan manusia modern seperti sekarang ini, terutama dalam menciptakan inovasi bangunan. Penggunaan besi siku sangat diperlukan untuk menunjang nilai estetik bangunan dan furniture.

Baca Juga: Mengenal Keunggulan dan Kegunaan Besi Siku

Jika Anda membutuhkan besi siku atau kebutuhan terkait besi lainnya, Anda bisa mempercayakan kami, KPS Steel. Kami merupakan penyedia atau supplier baja dan besi terpercaya khususnya di wilayah Jabodetabek sejak 2011.

Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu