Cara Menghitung Berat Besi Siku, Keunggulan & Kegunaannya

Cara Menghitung Berat Besi Siku, Keunggulan & Kegunaannya KPS Steel distributor besi jakarta

Untuk mendapat hasil akurat, Anda harus tahu cara menghitung berat besi siku yang benar. Pada dasarnya besi siku harus kuat agar lebih kokoh dalam menopang beban.

Kekuatan besi siku bisa dihitung dengan menggunakan rumus khusus. Jika ingin bekerja di teknik konstruksi bangunan, Anda harus paham cara mengaplikasikan rumus perhitungannya.

Rumus perhitungan berat siku dihitung dari lebar, tinggi, panjang dan koefisien besi siku. Dengan rumus M = l x t l p x 0,01512, Anda dapat menemukan berapa berat besi sikunya.

Cara Menghitung Berat Besi Siku

Dari rumus yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa pelajari cara menghitung berat siku secara langsung. Perlu diingat 0,01512 adalah angka koefisien yang tidak bisa diubah.

Jadi, angka tersebut harus masuk ke dalam perhitungan agar hasilnya akurat. Berikut ini contoh soal yang bisa Anda pelajari untuk memahami cara dalam menghitung berat besi siku.

Contoh soal, terdapat besi siku dengan ukuran 6 m, tinggi 15 mm dan lebar 3 m. Dari informasi yang sudah didapatkan, Anda harus menghitung berapa berat besi sikunya. Keterangan cara Menghitung Berat Besi Siku:

1. M = Berat besi siku dalam satuan Kg

2. l = Lebar penampang dalam satuan mm

3. t = Tinggi penampang dalam satuan mm

4. p = panjang besi siku dalam satuan mm

5. Angka koefisien mutlak 0,01512

Penerapan rumusnya berupa M = lebar 3 m x tinggi 15 mm x panjang 6 m x 0,01512. Jawaban dari contoh soal di atas adalah 4,0824 Kg sebagai berat besi siku.

Keunggulan Menggunakan Besi Siku

Pada dasarnya ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan besi siku. Di bawah ini ada beberapa kelebihan yang dapat Anda temukan ketika menggunakannya.

1. Dimensinya Variatif

Maksud dari variatif adalah konsumen bebas memilih besi siku berdasarkan dimensinya. Jika diambil contoh panjang 6 m, maka variasi ketebalannya di antara 1,4 mm sampai 3,4 mm.

Selain tebal, dimensi besi juga dilihat dari lebar penampangnya. Ukurannya dari 2 mm, 3 mm hingga 5 mm. Cara menghitung berat besi siku digunakan saat menentukan ukurannya.

2. Serba Guna

Karena fleksibel, besi siku dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan konstruksi bangunan, eksterior dan interior.

Alasan mengapa besi siku fleksibel karena pengaplikasiannya mudah diletakkan di mana saja. Ukuran dimensi berperan penting dalam menyesuaikan fungsi dan kebutuhan konstruksi.

3. Fleksibel dan Kuat

Besi siku pada dasarnya sangat ringan karena berbentuk lempengan segitiga. Meski begitu, bentuknya yang segitiga menjadi penopang utama mengapa besi ini sangat kuat dan kokoh.

Cara menghitung berat besi siku bisa memberi hasil akurat terkait kekuatan penopangnya. Anda hanya perlu menghitung dimensi kerangka untuk mendapatkan data yang diperlukan.

4. Awet dan Tahan Lama

Besi siku menggunakan material tahan karat sehingga usianya panjang. Karakteristik besi siku juga unik karena sifatnya berkelanjutan alias dapat dimodifikasi dan digunakan kembali.

Ketahanan besi ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Selama menggunakan besi siku, kerangka menjadi lebih kuat dan kokoh dalam kurun waktu lama.

5. Perawatannya Mudah

Untuk bagian perawatan cara menghitung berat besi siku tidak begitu berarti. Biasanya besi sudah melalui proses pelapisan sehingga daya tahannya tinggi.

Untuk perawatan, Anda hanya perlu mengecat lapisannya kembali jika sudah lepas. Lapisan di bagian sambungan las juga harus dicat anti karat agar daya tahannya lama.

Baca Juga: 3 Jenis Besi Siku Beserta Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Beberapa Kegunaan Besi Siku yang Perlu Diketahui

Besi siku dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi. Anda dijamin tidak akan mengeluarkan biaya lebih karena ketahanan besi siku cocok untuk konstruksi berikut ini.

1. Konstruksi Tangga

Agar tangga bangunan aman digunakan, Anda harus menggunakan rumus cara menghitung berat besi siku. Besi siku dirancang untuk memperkuat daya topang konstruksi bangunan.

Tangga menjadi semakin aman digunakan ketika daya topangnya kuat. Pengguna bisa naik turun tangga dengan nyaman ketika keamanannya sudah terjamin.

2. Pagar Hunian

Ingin pagar rumah murah, minimalis, kuat dan tahan lama? Tentu saja, besi siku cocok untuk rangka pagar Anda agar daya tahannya semakin tinggi dan kokoh.

Model besi siku bisa disesuaikan dengan rangka pagar rumah Anda sendiri. Baik itu besi polos atau berongga, semuanya bisa disesuaikan dengan desain pagar Anda di rumah.

3. Teralis Jendela

Teralis jendela hunian faktanya juga butuh besi siku untuk menambah daya tarik hunian. Di sini, besi siku bisa digunakan untuk 2 keperluan yaitu dekorasi dan penopang.

Jika digunakan untuk penopang, besi siku harus diletakkan pada posisi yang strategis. Besi ini digunakan untuk menunjang keamanan penghuni ketika teralis dipasangkan di rumah.

4. Menopang Rak Gantung

Pada dasarnya rak gantung juga butuh daya topang lebih agar lebih kuat dan tahan lama. Besi siku jadi salah satu opsi yang bisa Anda gunakan untuk memperkuatnya.

Nah, apakah Anda sudah mengetahui cara menghitung berat besi siku dengan akurat?

Jika Anda tertarik untuk membeli besi besi siku, KPS Steel sebagai distributor besi Jakarta menyediakan beragam jenis besi, termasuk besi siku yang dapat melengkapi kebutuhan material konstruksi bangunan Anda.

Baca Juga: Tabel Harga Besi Siku Polos Terbaru dan 7 Kegunaannya

Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu