Bagaimana Cara Menghitung Berat Besi Siku dengan Akurat? Ini Caranya

cara menghitung berat besi siku dengan akurat kps steel distributor besi jakarta

Bagaimana rumus cara menghitung berat besi siku dengan tepat serta akurat? Salah satu besi yang lebih populer dengan nama bar siku ini memang punya peran penting dalam bidang konstruksi.

Besi siku adalah batang besi dengan penampang siku-siku yang membentuk sudut 90 derajat. Materialnya terbuat dari plat besi dengan lapisan bahan anti karat.

Disebut juga L bracket, biasanya digunakan sebagai material dalam pembuatan perabotan modern. Saat ini bahkan penggunaannya juga semakin variatif seiring dengan meningkatnya tren berbagai furniture modern dan minimalis.

Seperti pada pembuatan tangga, etalase, pintu, pagar, gerbang dan lainnya. Strukturnya memang kuat dan kokoh, sehingga banyak yang membutuhkan informasi cara menghitung berat besi siku dengan akurat.

Terutama ketika akan digunakan dalam bagian struktur bangunan. Kekuatannya masih cukup kurang, sehingga perlu melakukan perhitungan berat terlebih dahulu agar dapat meminimalisir resiko kekurangan atau adanya kelebihan bahan.

Kegunaan Besi Siku untuk Berbagai Kebutuhan

Cara menghitung berat besi siku dengan tepat dibutuhkan untuk banyak kebutuhan tergantung dari peruntukannya. Jadi sebelum membahas lebih jauh, ketahui dulu beberapa kegunaan L-Bracket berikut ini:

1. Konstruksi Tangga

Bar besi yang digunakan pada sudut anak tangga harus benar-benar kuat dan kokoh untuk menopang berat badan demi kenyamanan serta keamanan. Dalam proses pembuatannya biasanya perlu dirancang sekokoh dan sekuat manfaat agar aksesnya tepat.

2. Pagar Hunian

Biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan pagar bangunan atau rumah. Selain karena harganya terjangkau, material ini juga punya kekuatan yang baik serta banyak model, seperti polos atau berlubang agar dapat menyesuaikan kebutuhan.

3. Teralis Jendela

Cara menghitung berat besi siku juga berguna ketika akan memanfaatkannya sebagai material teralis jendela hunian. Kegunaan ini bisa menunjang keamanan sekaligus menambah daya tarik tersendiri.

4. Menopang Rak Gantung

Fungsi lainnya bisa Anda gunakan dalam instalasi rak gantungan karena dapat menopang beban seperti kayu solid atau lainnya. Material ini cukup ideal digunakan sebagai dekorasi rumah karena dapat mempercantik hunian Anda.

Cara Menghitung Berat Besi Siku dengan Rumus

Cara menghitung berat besi siku dapat dilakukan dengan menggunakan rumus. Secara umum, berikut rumus yang digunakan dalam perhitungan tersebut:

m: panjang (p) x lebar (l) x tinggi (tinggi) x 0,01512

keterangan:

  1. m : berat besi L dalam hitungan kg
  2. p  : panjang besi (mm)
  3. l   : lebar penampang (mm)
  4. t  : tinggi dari penampang (mm)
  5. 0, 01512 menunjukkan angka koefisien

Agar lebih mudah memahami cara menghitung berat besi siku, berikut kami berikan contoh perhitungannya:

Batang L bracket dengan ukuran panjang 6 m, lebar 3 m serta tinggi 15 mm. Maka berat dari L bracket tersebut adalah sebagai berikut:

3 x 15 x 6 x 0,01512 : 4,0824 kg

Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa beratnya tersebut sebesar 4,0824 kg

Cukup mudah sekali bukan cara menghitung berat besi siku? Cara perhitungan ini berguna agar tidak keliru dalam penggunaan besi nantinya karena sudah disesuaikan dengan beratnya.

Baca Juga: Mengenal Spesifikasi dan Kegunaan Besi Siku

Kelebihan Penggunaan Besi L dalam Berbagai Kebutuhan

Sebagai tambahan informasi, ketahui beberapa kelebihan menggunakan L bracket untuk berbagai kebutuhan konstruksi maupun non konstruksi berikut ini:

1. Memiliki Dimensi Variatif

Dimensinya variatif dengan panjang standar 6 m serta ketebalan mulai 1,4 mm sampai 3,4 mm sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Dimensi penampang L juga bervariasi seperti 2 mm, 3 mm 4 mm dan 5 mm di mana dapat mempengaruhi beban serta harganya.

2. Serba Guna

Bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, baik dalam bidang konstruksi maupun non konstruksi. Kekuatannya juga membuat besi ini mudah dalam penerapannya. Bahkan bracket L juga punya nilai estetika cukup tinggi sehingga cocok diterapkan di interior maupun eksterior.

3. Ringan dan Kuat

Karakteristiknya memang lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis baja struktur lainnya. Namun, L bracket ini juga punya kekuatan yang cukup baik dan kokoh karena membentuk sudut 90 derajat.

4. Mudah Dibentuk

Keunggulan lainnya yakni mudah dibentuk untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konstruksi. Pemotongannya cukup menggunakan alat pemotong besi sedangkan penyambungannya menggunakan sistem las atau baut.

5. Awet dan Tahan Lama

Ketahanannya terhadap karat membuat bracket L lebih tahan lama dan awet. Jenis materialnya juga bersifat berkelanjutan sehingga bisa digunakan lagi. Lagi cari besi siku berkualitas bagus? Dapatkan di KPS Steel. Distributor besi ini menyediakan berbagai kebutuhan konstruksi Anda. Mulai dari besi L, wearmesh, aneka pipa dan material konstruksi lainnya.

Baca Juga: 6 Keunggulan Besi Siku yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Hubungi kami untuk melakukan pemesanan atas beragam jenis besi, termasuk besi siku.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu