Kenali Jenis dan Bentuk dari Baja Profil

kenali-jenis-dan-bentuk-dari-baja-profil

Baja INP biasa disebut juga Profil I karena bentuknya yang serupa dengan huruf I.

Baja profil merupakan jenis material bangunan yang kerap digunakan karena memiliki ketahanan tinggi dalam menjaga kokohnya sebuah bangunan hingga puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Di era pembangunan seperti saat ini, penggunaan besi profil kian meningkat. Penggunaannya pun tidak boleh sembarangan melainkah harus sesuai dengan jenis, bentuk, dan fungsinya.

 Baca Juga: Baja Profil Untuk Konstruksi Atap Bentang Lebar

Jenis dan Bentuk Baja Profil

Setiap bangunan atau kontruksi memiliki kebutuhan yang berbeda. Sehingga dalam penggunaan berbagai bahan pendukung, seperti baja profil, pun harus disesuaikan. Maka, sangat penting untuk mengetahui jenis, bentuk, dan fungsi baja sebagai referensi guna memilah penggunaannya.

1. WF (Wide Flange)

Baja WF cukup populer di kalangan kontruksi baja. Ia memiliki karakteristik tinggi akan kekuatan tarik-menarik maupun tekanan, sehingga sangat cocok bila diperuntukkan menahan beban aksial. Contoh pengaplikasian Baja WF adalah pada elemen struktur, misalnya jembatan, kolam, balok, dan tiang pancang.

Kepadatan baja WF pun terbilang cukup tinggi sebab ia tidak terlalu memiliki berat sebagai beban, namun mampu memberikan bentuk struktur bangunan menjadi lebih efisien. Adapun dimensi dari baja WF dibuat berbeda-beda sesuai kebutuhan.

2. UNP /  Kanal U

Penggunaan baja Kanal U kerap disamakan dengan baja WF, kecuali dalam pembuatan kolom, sebab baja UNP lebih mudah mengalami pelengkungan. Walaupun tetap bisa digunakan di dalam kolom, penggunaannya pun terbatas, yakni maksimal 2 baja UNP untuk dijadikan satu menggunakan pelat kopel. Baja Kanal U kerap digunakan pada struktur tangga, anak balok, dan sebagai penutup dudukan atap maupun bracing pada suatu kontruksi jembatan serta bangunan baja berat.

3. INP

Baja INP biasa disebut juga Profil I karena bentuknya yang serupa dengan huruf I. Panjang standar dari baja ini adalah 6 meter dan 12 meter. Dimensinya pun bervariasi, yakni dari 100 mm sampai dengan 500 mm. Pengaplikasian baja INP adalah sebagai balok anak, pulrin (balok dudukan), serta struktur tangga. Bahkan baja ini kerap dijadikan sebagai bahan sparepart otomotif mobil.

4. H-Beam

Sesuai nama yang tersemat, penambang baja H-Beam adalah seperti huruf H. Proses pembuatan H-Beam yakni melalui hot rolled atau canai panas. Ukuran panjang dan lebar baja H ini cenderung berukuran sama, atau sebagai gambaran ukurannya adalah seperti bujur sangkar. Dalam pengaplikasiannya, baja H-Beam dapat disandingkan dengan baja WF. Umumnya jenis baja H-Beam digunakan untuk menyangga rumah, jembatan, maupun bangunan komersial lainnya.

5. Siku (Angle)

Bentuk dari baja siku ini seperti huruf L yang dilengkapi tiga bilangan dari tinggi, lebar, serta tebal pipa dalam satuan mm. Panjang normal setiap barang dari baja Angle ini berkisar enam meter. Baja siku memiliki dua jenis, yakni sama kaki dan tidak sama kaki. Umumnya baja bentuk siku atau angle ini digunakan sebagai bagian dari truss, bracing, batang rangka kuda-kuda bangunan, balok, serta struk ringan lainnya.

6. T-Beam

Sesuai dengan namanya, baja profil T-Beam memiliki bentuk penampang yang khas, yakni seperti huruf T. Fungsi dari T-Beam adalah melawan tegangan listrik dan sebagai pemisah tekanan dari kekuatan tekuk. Biasanya besi ini dipakai sebagai fabrikasi umum, batang rangka batang, kuda-kuda struktur sambungan las, kanopi atau balik kantilever, serta balok lantai.

7. C/CNP (Lipped Channel)

Basi profil CNP umumnya cocok digunakan pada kontruksi baja ringan, yakni sebagai dudukan pada balok penutup atap rumah, bangunan semi permanen, atau elemen lain yang memegang peran tutup dinding. Secara mekanik, basi profil C ini memiliki bentuk yang paling sesuai apabila digunakan sebagai struktur baja ringan, sebab baja ini mempunyai koneksi lebih banyak untuk sebagai penghubung antar batang.

Baca Juga: Apakah Baja Profil Dapat Digunakan Untuk Rumah Tempat Tinggal?

Itulah jenis, bentuk, dan fungsi dari besi baja profil untuk bangunan atau kontruksi. Pastikan kembali untuk memilih dan memilah besi profil yang cocok sesuai kebutuhan bangunan guna terciptanya bangunan kokoh dan tahan untuk waktu yang sangat lama.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu