Apakah Baja Profil Dapat Digunakan Untuk Rumah Tempat Tinggal?

dapatkah-baja-profil-digunakan-untuk-rumah-tinggal-kps-steel

Baja profil memiliki karakteristik visual yang memberi kesan berat dan kokoh. Material ini juga dikenal memiliki kemampuan menyediakan konstruksi untuk bangunan berbentang lebar, seperti pabrik dan gudang.

Sejarah mencatat peran penting material ini pada era Revolusi Industri. Dengan semua latar belakang ini membuat banyak orang berpikir baja profil hanya cocok untuk bangunan industri atau bangunan bentang lebar lain, padahal material baja profil juga cocok untuk bangunan lain.

Mungkinkah baja profil diterapkan pada bangunan rumah tinggal? Mungkin saja! Karena pada dasarnya baja profil sangat fleksibel. Meskipun terkesan berat dan merepotkan, tetapi dengan perencanaan yang baik tidak akan menimbulkan masalah. Anda tetap dapat membangun rumah satu lantai maupun bertingkat menggunakan baja profil. Lalu, pada elemen bangunan mana saja baja profil dapat diaplikasikan; dan akan seperti apa tampilan rumah tersebut? Yuk, kita kupas satu per satu pembahasan dari PKS Steel, distributor besi Jakarta!

Baca Juga: Baja Profil Untuk Konstruksi Atap Bentang Lebar

Penerapan Pada Elemen Bangunan

Baja profil dapat diterapkan pada sebagian besar elemen bangunan, struktural/non struktural. Baja profil dapat diaplikasikan mulai dari struktur bawah (fondasi tiang pancang); struktur bagian tengah berupa kolom dan balok; dan struktur atas (kuda-kuda, gording, dan usuk).

Baja profil memenuhi kriteria untuk menjadi penopang (kolom) bangunan yang kokoh dan kuat. Demikian pula dengan balok yang berfungsi sebagai pengaku struktur, penopang sekaligus penyalur beban dari rangka atap/plat lantai ke kolom. Baja profil yang sesuai untuk fungsi pondasi dan kolom, misalnya profil WF; sedangkan untuk balok, ada profil WF, U, C, dan L.

Baja profil juga dapat diterapkan sebagai kantilever atau kanopi di sisi luar bangunan; atau diaplikasikan pada konstruksi tangga, perabot, dan elemen dekoratif. Untuk konstruksi tangga, baja profil dapat dikombinasikan dengan produk baja lain seperti plat bordes, atau material lain seperti papan kayu atau beton bertulang.

Tampilan Hunian

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengerjaan rumah dengan material utama baja profil boleh dibilang lebih singkat dibandingkan pembangunan rumah tinggal dengan konstruksi bata dan beton bertulang. Karena baja profil mudah dibentuk dan dipasang dengan cepat. Selain kecepatan pembangunan, Anda juga akan mendapatkan berbagai keuntungan berikut.

  • Rumah berdiri kuat dan tampak kokoh dan stabil sehingga penghuni yang tinggal di dalamnya pun akan merasa aman tanpa perlu khawatir bila terjadi perubahan cuaca ekstrem.   
  • Secara arsitektural, tampilan rumah yang didominasi material baja profil tentu berkarakter dan berbeda dengan rumah tinggal biasa. Rumah baja profil bisa saja mengesankan gaya modern yang simpel atau gaya industrial yang maskulin tergantung terapan finishing dan warna.

Kini Anda tak perlu ragu membangun rumah yang benar-benar didominasi dengan material baja profil. Sebagai distributor besi Jakarta, KPS Steel menyediakan baja profil dengan kuaitas terbaik untuk bangunan Anda.

Baca Juga: Ayo, Peduli Lingkungan Dengan Mengelola Limbah Besi!

Untuk kebutuhan material baja profil atau produk besi/baja lain dalam proyek Anda, silahkan menghubungi kami di KPS Steel, distributor besi Jakarta. Anda juga dapat mengunjungi laman kami di sini untuk mengetahui informasi mengenai produk besi/baja lainnya.

Bagikan Artikel :
Menu