Baja Profil Untuk Konstruksi Atap Bentang Lebar

baja-profil-untuk-konstruksi-atap-bentang-lebar-kps-steel

Harus diakui bahwa kehadiran material besi/baja memberikan pengaruh besar bagi dunia sebagai material utama dalam bangunan.

Proses peleburan yang ditemukan oleh seorang penemu Inggris bernama Abraham Darby (1678-1717) pada awal abad ke-18 telah mendorong produksi massal besi. Dalam perjalanannya, besi dan baja pun memegang peranan penting dalam Revolusi Industri pertama yang terjadi pada pertengahan abad ke-18 hingga abad ke-19.

Sampai sekarang besi dan baja masih menjadi material utama struktur bangunan, di antaranya untuk konstruksi atap. Salah satu produk yang jamak digunakan dalam pembuatan konstruksi atap adalah baja profil. Maka kali ini KPS Steel, distributor besi Jakarta akan mengupas penggunaan baja profil sebagai material rangka atap. Lalu, apa saja kelebihan dan/atau keuntungan penggunaan baja profil?

Baca Juga: Ayo, Peduli Lingkungan Dengan Mengelola Limbah Besi!

Mampu Menyediakan Bentang Atap Yang Lebar

Bentang atap ideal yang dapat disediakan oleh kuda-kuda bambu sekitar 10 meter; sementara kuda-kuda kayu dan beton bertulang bisa mencapai 12 meter. Namun, kuda-kuda baja mampu menyediakan ruang dengan bentang hingga 75 meter. Jadi, konstruksi ini sangat cocok untuk bangunan-bangunan dengan bentang lebar seperti bangunan industri (pabrik, workshop, atau gudang); hanggar pesawat; kolam renang indoor; lapangan olahraga; dan sebagainya.

Kuat Dan Tahan Lama

Seperti karakter materialnya (baja profil), konstruksi kuda-kuda baja memiliki kekuatan dan daya tahan yang dapat diandalkan. Selain anti rayap dan anti jamur, konstruksi baja juga tidak mudah terdampak korosi (tidak mudah berkarat ataupun keropos) maupun perubahan cuaca ekstrem. Konstruksi baja juga tahan air dan tahan api (jika terjadi kebakaran api akan merambat lebih lambat pada material baja).

Praktis Dan Mudah Dipasang

Dibandingkan material lain, pengerjaan kuda-kuda baja relatif lebih mudah sehingga pemasangannya pun menjadi lebih cepat. Terlebih-lebih pada masa sekarang, sudah banyak jenis alat berat yang sangat mendukung untuk pengangkutan dari pabrik maupun pemasangan di lokasi. Baja profil (WF, I, L, dll.) relatif mudah dibentuk dan dirangkai sesuai kebutuhan. Penyambungan juga dapat dilakukan secara cepat dengan sistem baut atau las.

Harga Terjangkau Dan Berkelanjutan

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun pendukung atap dengan kuda-kuda baja umumnya sebanding dengan besaran bangunan. Material baja dapat bertahan relatif lebih lama dengan biaya perawatan yang relatif rendah. Karena baja profil juga memiliki sifat berkelanjutan (dapat didaur ulang) maka ketika konstruksi dibongkar pun masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi.       

Demikian sekilas tentang kelebihan dan keuntungan menggunakan material baja profil untuk konstruksi kuda-kuda yang dirangkum oleh KPS Steel, distributor besi Jakarta.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Besi Tuang Dan Besi Tempa

Untuk kebutuhan material baja profil atau produk besi/baja lain dalam proyek Anda, silakan menghubungi kami di KPS Steel, distributor besi Jakarta. Anda juga dapat langsung mengunjungi laman kami.

Bagikan Artikel :
Menu