Ingin Merenovasi Rumah? Berikut Rekomendasi Besi Plat Terbaik untuk Anda!

ingin-merenovasi-rumah-berikut-rekomendasi-besi-plat-terbaik-untuk-anda

Dalam merencanakan renovasi rumah persiapkan semua hal yang hendak Anda renovasi, misalnya dalam hal pemilihan cat dinding, pemasangan keramik dan juga besi plat.

Biasanya walaupun rumah secara keseluruhan masih terlihat kokoh, namun terkadang ada satu titik bagian yang perlu di perbaiki atau direnovasi. Pastikan Anda pilih material yang berkualitas, seperti material besi plat. Yang juga memiliki kegunaan bermacam-macam sesuai jenisnya. Ada banyak jenis besi plat. Pastikan Anda pilih besi plat terbaik untuk keperluan Anda.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Besi Plat Dan Kegunaannya

Rekomendasi Besi Plat Terbaik untuk Anda

Ada beberapa jenis besi plat terbaik dan berkualitas yang bisa Anda terapkan dalam rumah Anda. Inilah rekomendasinya untuk Anda :

1. Plat Hitam (Base Plate)

Salah satu besi plat terbaik yang biasa digunakan untuk rumah ialah plat hitam dengan ukuran seperti triplek yakni 122×244 cm atau 4×8 feet dengan ketebalan mulai dari 1,2 mm sampai 200 mm. Biasanya plat besi ini digunakan untuk bahan pembuatan tangki.

2. Plat Stripe (Stripe Plate)

Besi plat yang satu ini berbentuk seperti papan kayu dengan panjang  6 meter dan lebar bermacam-macam mulai dari 19 mm sampai 200 mm. Dan ketebalannya  antara 3 mm sampai dengan 12 mm. Plat strip biasa  digunakan untuk material jendela, teralis, pagar, dan kontruksi pengaman lainnya.

3. Plat Kembang

Plat besi lainnya yang bisa Anda terapkan untuk hunian Anda ialah plat kembang. Dinamakan plat kembang karena permukaannya bertekstur seperti kembang. Plat ini punya ukuran  standar 1,2 m × 2,4 m, dengan tebal bervariasi. Plat kembang cocok diterapkan pada elemen lantai, anak tangga pada bangunan atau bisa juga diterapkan pada sarana transportasi seperti kereta, bus, dan damkar.

4. Plat Kapal

Plat kapal adalah plat besi yang digunakan pada instalasi kapal. Namun bisa juga diterapkan pada material kontruksi atau untuk pembuatan tangki. Plat kapal ini punya ciri khas dari panjangnya yang mencapai 6.000 mm dan lebar 1.500 mm dan 1.800 mm. Dibandingkan produk plat besi lainnya plat kapal ini punya kekuatan yang lebih besar, terutama terhadap korosi. 

5. Plat Bordes

Plat Bordes adalah area mendatar yang diterapkan pada tangga untuk mengistirahatkan kaki, dengan jumlah anak tangga lebih dari 12. Teksturnya mirip plat kembang, yang bisa mengurangi risiko terpeleset terlebih pada area yang basah. Plat Bordes juga memiliki spesifikas yang sama dengan plat kembang. Biasa digunakan untuk lantai bangunan pabrik atau mobil bak terbuka.

Hal- Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merenovasi Rumah

Berikut merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan saat hendak merenovasi rumah:

1. Pembelian Material

Saat Anda hendak merenovasi rumah, jangan putuskan untuk memilih atau membeli material yang diperlukan seorang diri. Walaupun tujuan Anda untuk menghemat anggaran, tapi hal itu justru kurang efektif.

Sebaiknya libatkan pihak kontraktor dalam pemilihan dan pembelian material yang dibutuhkan. Agar Anda mendapatkan material yang tepat dan terbaik. Bagaimana pun pihak kontraktor pasti lebih mengetahui mana material yang bagus dan berkualitas, karena memang mereka ahlinya dibandungkan Anda yang mungkin kurang paham mengenai material bangunan.

2. Persiapan Yang Matang

Dalam merencanakan renovasi rumah haruslah diperlukan persiapan yang matang. Persiapkan semua hal yang hendak Anda renovasi misalnya alam hal pemilihan cat dinding, pemasangan keramik, besi plat dan sebagainya. Semua itu harus disiapkan dengan detail.

Karena bila Anda kurang detail dalam arti kurang persiapan materialnya, maka yang terjadi adalah Anda akan terburu-buru dan hasilnya tentu saja tidak akan  maksimal atau kurang bagus buat rumah Anda.

3. Meninggalkan Rumah Yang Sedang Direnovasi

Bila Anda merenovasi rumah secara besar-besaran sebaiknya  Anda tinggalkan sementara rumah yang tengah direnovasi. Karena bila Anda tetap tinggal menempatinya maka pihak kontraktor biasanya kesulitan dalam melaksanakan proyek renovasi rumah Anda.

Karena itu Anda juga perlu siapkan dana untuk mencari kontrakan atau kost sementara ketika rumah Anda sedang di renovasi.

4. Pilih Kontraktor Terbaik

Walaupun Anda hanya sekedar sedikit merenovasi bagian rumah Anda, namun penting juga untuk memilih jasa kontraktor yang terbaik dan profesional. Yang menjamin bahwa renovasi rumah Anda akan memberikan hasil yang maksimal sesuai harapan Anda.

Baca Juga: Kegunaan Besi Plat Bordes Dalam Keseharian

Nah, itulah rekomendasi besi plat terbaik beserta hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam merenovasi rumah. Semoga bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu