Kegunaan Besi Plat Bordes Dalam Keseharian

Besi Plat Bordes Dalam Konstruksi Bangunan Dan Kendaraan

Besi  plat bordes dalam dunia pembangunan telah memiliki ketenarannya sendiri. Jenis besi yang berbentuk plat ini dipakai dalam pembuatan lantai pada kendaraan. Plat ini tidak memiliki permukaan yang polos. Permukaan plat besi ini adalah kembangan. Permukaan ini jugalah yang menjadi perbedaan dasar antara plat hitam biasa dengan plat bordes.

Ketebalan yang disediakan untuk jenis ini bervariasi. Jadi, Anda dapat memilih plat bordes sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa perlu khawatir akan terlalu tebal atau terlalu tipis. Ukuran atau dimensi yang beredar di pasaran biasanya (panjang x lebar) 240 x 120 cm. Ukuran atau dimensi ini menyerupai dimensi triplek (lempengan kayu tipis).

Baca Juga: Ketahui Lebih Jauh Apa Itu Metode Blast Furnace? 

Plat Bordes Untuk Kendaraan

Besi dengan permukaan yang tidak rata ini sebenarnya sudah sudah sering kita jumpai. Namun mungkin sebagian orang tidak terlalu mengamati atau hanya sambil lalu saja. Untuk yang gemar bepergian dengan bus umum, plat bordes ini sering kali menghiasi lantai. Bisa Anda perhatikan lantai bus terbuat dari besi yang tidak rata dengan motif menyerupai daun kecil yang tersusun berselang-seling. Jenis kendaraan lain yang menggunakan plat bordes ini adalah mobil angkutan barang atau pick up.

Jika diperhatikan, lantai kendaraan pick up tidak lah rata dan membentuk pola kembangan. Pola ini bertujuan untuk membuat permukaan menjadi kasar. Permukaan kasar membuat benda yang ada di atasnya tidak mudah tergelincir. Itulah mengapa saat di dalam bus, kita tidak mudah jatuh meski kendaraan tersebut bergerak dan melaju dengan cepat. Akan tetapi, pada kendaraan seperti bus dan lainnya, plat bordes biasanya adalah tambahan yang di-instal sendiri oleh pemilik kendaraan. Pada alat transportasi yang lebih besar yaitu kereta api, plat bordes ini dipakai pada pemisah gerbong.

Plat Bordes Pada Bangunan

Pada pembangunan gedung, rumah dan bangunan lainnya, plat bordes banyak digunakan pada pembuatan tangga. Hal ini karena motif atau relief permukaan plat bordes yang sangat menguntungkan dan tidak membuat benda di atas permukaan tersebut licin. Apalagi tangga adalah suatu bangunan tinggi dan riskan dan harus diberi pengaman ekstra untuk membuat orang yang berjalan di atasnya tetap aman. Bahan dasar dari plat bordes yaitu besi baja membuat tangga dan lantai kita awet dan kuat.

Tingkat keausan yang dimiliki oleh plat bordes sangat rendah sehingga dipastikan akan menghemat biaya renovasi atau perbaikkan. Selain itu, plat ini juga digunakan untuk mendukung dekorasi ruangan.

Baca Juga: Mengapa Baja Dibutuhkan Pada Konstruksi Bangunan?

Plat bordes dijual di pasaran dalam eceran mau pun partai besar. Bila kebutuhan plat bordes Anda sangat besar, plat ini juga dapat dibeli dalam skala tonase. Namun kualitas yang terjamin hanya ada di KPS Steel. Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, KPS Steel Jakarta ada untuk Anda

Bagikan Artikel :
Menu