Besi Kasar: Karakteristik serta Kegunaannya

besi-kasar-karakteristik-serta-kegunaannya

Besi kasar merupakan salah satu bahan baku yang digunakan untuk membuat besi baja.

Besi kasar atau yang populer dengan sebutan pig iron merupakan salah satu jenis besi yang dihasilkan dari peleburan bijih besi. Bagi yang awam tentang dunia perbesian, pasti banyak yang tidak mengetahui tentang besi satu ini. Nah, bagi yang ingin mengetahuinya, mari simak uraian di bawah ini!

Baca Juga: Proses Pembuatan Bijih Besi Menjadi Besi Kasar (1)

Apa Itu Pig Iron?

Pig iron tak hanya dikenal sebagi besi kasar, tetapi juga banyak nama lain yang digunakan untuk menyebutkannya, seperti besi bongkah, besi mentah, besi bebal, besi babi, dan lainnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pig iron merupakan besi hasil peleburan.

Proses peleburannya menggunakan bahan bakar karon tinggi dan reduktor, yang kemudian ditambahkan dengan bahan pendukung lain yakni batu kapur sebagi fluks. Selain itu, arang dan antasit biasanya juga digunakan dalam proses pembakaran tersebut, dan merupakan bahan reduktor juga.

Karakteristik Besi Kasar

Pig iron tentunya memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis besi lainnya, sehingga untuk mengenalinya Anda perlu mengetahui karakteristik tersebut. Berikut karakteristik dari pig iron:

  • Mengandung setidaknya 92% (Fe)
  • Memiliki kandungan karbon sangat tinggi, sekitar 3,5 sampai 4,5 persen
  • Tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari 3 kg hingga paling tinggi bisa mencapai lebih dari 50 kg
  • Dihasilkan dari proses reduksi (blast furnace)
  • Tidak memiliki pori dan relatif padat
  • Kandungan besi relatif rendah
  • Pig iron cenderung rapuh

Itulah beberapa karakteristik besi pig iron, dan untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja kegunaannya, jangan beralih terlebih dahulu dari halaman ini. Simak informasi selanjutnya di bawah ini.

Kegunaan Pig Iron

Setelah mengenal karakteristiknya, sudah pasti Anda harus tahu juga apa saja manfaat atau kegunaan dari jenis besi satu ini. Lantas, apa saja kegunaannya? Berikut daftarnya:

1. Bahan Baku Pembuatan Besi Baja

Besi kasar merupakan salah satu bahan baku yang digunakan untuk membuat besi baja, sehingga sangat berarti dalam bidang konstruksi apapun. Dengan demikian dari besi pig iron ini, nantinya akan dapat digunakan untuk menopang kontruksi tanah, rangka, dan lainnya ketika sudah menjadi besi baja.

2. Bahan Dasar Pembuatan Tiang

Anda pastinya tahu tentang tiang besi, contohnya tiang besi lalu lintas yang sering dijumpai dijalanan. Nah, tiang tersebut dibuat dari jenis besi satu ini, lho. Maka dari itu, besi pig iron merupakan besi yang sangat bermanfaat untuk berbagai hal jika sudah diolah menjadi barang baru.

3. Bahan Pembuatan Besi Tuang

Tak sampai di situ saja, melalui proses pengolahan yang tepat dan sesuai prosedur besi pig iron juga digunakan sebagai bahan pembuat besi tuang. Bagi yang belum tahu, besi tuang merupakan salah satu besi logan ferro yang sangat kuat, sehingga dapat diaplikasian untuk alas mesin, meja perata, blok silinder pada kendaraan, dan lain-lain.

4. Bahan Pembuat Baja Lunak

Selain besi baja, pig iron juga digunakan sebagai bahan pembuat baja lunak yang memiliki banyak fungsi dalam dunia konstruksi. Sedangkan pemanfaatnya sendiri yakni sebagai bahan pembuatan mur, sekrup, dan batu, kemudian juga sebagai bahan dasar pembuatan perkakas, serta pembuatan pipa non paralon.

5. Sebagai Aksesoris dan Peralatan Rumah Tangga

Tak hanya itu saja, besi ini juga seringkali dijadikan bahan utama dalam pembuatan aksesoris maupun peralatan rumah tangga. Sehingga, sebenarnya Anda akan sangat mudah menemui besi jenis ini di rumah, namun sudah dalam bentuk baru.

Baca Juga: Proses Pembuatan Bijih Besi Menjadi Besi Kasar (2)

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang besi kasar, mulai dari pengertian, karakteristik, dan juga kegunaannya. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari besi satu ini, karena memang aneka besi dibuat dari besi jenis ini.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu