Mengenal Macam-macam Jenis Besi Kanal U

besi kanal

Macam-Macam Jenis Besi Kanal U

Besi kanal adalah salah satu material pendukung yang banyak dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan terutama konstruksi. Memiliki fungsi penting membuat jenis besi ini banyak dicari dan banyak dibutuhkan. Jenis besi ini masih terbagi lagi menjadi dua yaitu jenis CNP dan UNP dimana masing-masing memiliki ukuran berbeda. Bukan sekedar modelnya saja namun banyak perbedaan sehingga harus dipahami sebelum membeli.

Baca Juga: Miliki Bangunan Tahan Gempa Berbahan Besi Wide Flange

Pembahasan kali ini tidak membahas kedua jenis besinya namun hanya salah satu yaitu kanal UNP. Secara umum bentuk fisik dari kanal UNP yaitu panjang sehingga menyerupai huruf U. Secara umum fungsinya yaitu sebagai penutup dinding, penutup dudukan dan rangka komponen konstruksi. Untuk informasi lebih lengkapnya simak apa saja fungsinya serta macam-macam besi UNP kanal U yang ada di pasaran.

Beberapa Fungsi Besi Kanal U

Memiliki banyak fungsi membuat besi UNP kanal U sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bagi Anda yang memang sudah terbiasa berurusan dengan proyek pasti tidak asing dengan jenis besi satu ini. Secara sederhana kanal memiliki arti umum seperti terusan atau sambungan dalam aliran air. Sehingga dapat dijadikan gambaran kalau fungsi dari besi ini tidak jauh berbeda dengan pengertian tersebut.

Bahan pembuatan besi UNP kanal U ini adalah baja yang sangat kuah dan kokoh sehingga memiliki daya tahan tinggi. Hal inilah banyak orang yang percaya menggunakan untuk berbagai kebutuhan proyek. Dari banyaknya fungsi yang ada, sebenarnya fungsi utama dari besi kanal adalah untuk menutup atap dengan balok. Bisa juga difungsikan sebagai penopang dinding atau girts karena memiliki kekuatan cukup baik.

Tidak jarang juga digunakan dalam bagian dari truss dalam komponen rangka arsitektur. Berbagai fungsi inilah membuat jenis besi satu ini diminati dan dicari untuk berbagai tujuan dalam konstruksi. Karena sering digunakan membuat Anda tidak akan sulit mencari ukuran besi sesuai dengan keinginan maupun disesuaikan kebutuhan. Banyak penjual yang menyediakan besi jenis ini sehingga memudahkan dalam mencari.

Perlu diketahui dari masing-masing ukuran besinya ternyata memiliki bobot yang berbeda juga. Jadi jangan hanya berpatokan pada ukuran luar saja dan bentuknya yang sama karena beratnya berbeda-beda. Apalagi jika harus melakukan pengukuran satu per satu jelas memakan waktu dan tenaga ekstra. Jadi cari toko yang memang terpercaya agar bisa mendapatkan barang berkualitas asli dan kejelasan berapa beratnya.

Macam-Macam Jenis Besi UNP Kanal U

Ada banyak jenis besi kanal U yang sebaiknya diketahui sebelum membeli karena berbeda dari berat kilogramnya. Informasi namanya dijelaskan dalam bentuk angka sehingga diharapkan lebih memudahkan bagi para konsumen.

  1. UNP 5 – 50 x 38 x 4 panjangnya 6 m bobot 31 kg/buah
  2. UNP 6,5 – 65 x 42 x 5 panjangnya 6 m bobot 42 kg/buah
  3. UNP 7,5 – 75 x 40 x 5 panjangnya 6 m bobot 45,52 kg/buah
  4. UNP 8 – 80 x 45 x 6 panjangnya 6 m bobot 49 kg/buah
  5. UNP 10 – 100 x 50 x 5 panjangnya 6 m bobot 56,2 kg/buah
  6. UNP 12 – 120 x 55 x 7 panjangnya 6 m bobot 80 kg/buah
  7. UNP 12,5 – 125 x 65 x 6 panjangnya 6 m bobot 80 kg/buah
  8. UNP 14 – 140 x 60 x 7 panjangnya 6 m bobot 96 kg/buah

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Jenis Kode Pada Besi Ulir

KPS Steel sebagai distributor besi terpercaya siap melayani pembelian berbagai jenis besi dijamin asli. Kami mengutamakan kepuasan pelanggan sehingga dapat dibuktikan sendiri kualitas besi kanal yang kami jual. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai besi kanal dan beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu