Keunggulan Besi Kanal untuk Konstruksi Bangunan

keunggulan-besi-kanal-untuk-konstruksi-bangunan

Terdapat 2 jenis untuk konstruksi bangunan, yaitu : Besi CNP dan Besi UNP.

Dalam dunia konstruksi bangunan, tentu tidak bisa dipisahkan dari dua bahan bangunan utama yaitu kayu dan besi. Besi untuk bahan bangunan memiliki beragam jenisnya, salah satunya yaitu besi kanal. Secara lebih jelas, besi kanalialah besi yang bahan utamanya terdiri dari pelat koil atau lembaran baja (galvalum) dan dilapis chrome. Pembuatannya menggunakan mesin berteknologi unggul dilengkapi dengan sistem komputer sehingga dihasilkan bentuk dan dimensi yang presisi sesuai keinginan.

Baca Juga: Mengenal Besi Kanal Untuk Kebutuhan Konstruksi

Proses pembuatannya pun relatif cepat. Untuk tahapan pembuatannya meliputi :
1. Pemotongan pelat.
2. Penekukan hingga bebentuk besi kanal dengan dimensi yang diinginkan.
3. Pemotongan sesuai panjang standar.
4. Finishing berupa pendinginan dan penyusunan produk.

Proses tersebut yang menjadikan besi kanal menjadi kuat dan kokoh. Selain itu, besi ini anti rayap dan tahan karat dengan pemasangan yang juga relatif mudah. Sehingga tidak heran jika besi berbahan pelat koil ini sering digunakan untuk bahan konstruksi bangunan. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan besi ini sebagai bahan bangunan, yuk simak keunggulan besi kanal untuk konstruksi bangunan berikut ini!

Keunggulan Besi Kanal untuk Konstruksi Bangunan

Memilih material bangunan yang tepat tentu sangatlah penting. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu keunggulan besi kanal dibandingkan jenis besi lain untuk bahan konstruksi bangunan Anda di bawah ini :

1. Kuat dan Kokoh

Besi kanal terbuat dari bahan utama lembaran baja. Bahan baja sendiri identik dengan sifatnya yang kuat dan memiliki ketahanan terhadap karat. Lantaran sifatnya yang kokoh inilah, tidak heran jika jenis besi satu ini sering dimanfaatkan untuk bahan konstruksi bangunan. Seperti, untuk membuat rangka atap bangunan, rangka kanopi, pembuatan pagar dan lain sebagainya.

2. Pemasangan Relatif Mudah dan Cepat

Pembuatannya yang diproses dengan teknologi modern yang canggih, ditambah pemanfaatan komputer membuat bentuk dari besi satu ini pun menjadi sempurna dan presisi. Sehingga pemasangannya pun relatif mudah dan cepat, serta dapat diaplikasikan pada konstruksi bangunan yang Anda inginkan. Tentunya hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, karena pemasangan yang mudah dan cepat dapat mempercepat konstruksi bangunan yang Anda lakukan.

3. Anti Rayap dan Tahan Karat

Dari segi ketahanan, besi kanal memiliki ketahanan yang sangat baik. Besi satu ini memiliki sifat anti rayap, anti korosi (tahan karat), kuat dan kokoh. Sehingga dapat memberikan kekuatan yang maksimal untuk konstruksi bangunan. Apabila Anda ingin mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas dan cukup menghemat biaya, penggunaanya pun bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jenis Besi Kanal untuk Konstruksi Bangunan

Meskipun pembuatan besi satu ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek, namun pada konstruksi umum besi yang dibuat berbentuk dan berukuran standar. Secara lebih rinci, setidaknya terdapat 2 jenis besi kanal untuk konstruksi bangunan, yaitu :

1. Besi Kanal C/Besi CNP

Seperti namanya, besi ini memiliki bentuk mirip huruf C. Besi CNP sendiri umumnya digunakan untuk pembuatan rangka atap rumah, bangunan komersil dan industri. Selain digunakan sebagai rangka atap, besi ini juga bisa digunakan untuk pembuatan rangka kanopi sampai produk-produk otomotif.

Besi kanal C diproduksi dengan panjang standar yaitu 6 meter, namun memiliki beberapa variasi dimensi dalam satuan mm, seperti 60,75, 100, 120, 150 dan 200. Namun di pasaran standar ketebalan besi ini terbatas pada 3,2 mm.

2. Besi Kanal U/Besi UNP

Besi UNP ini juga memiliki bentuk menyerupai huruf U dengan panjang dan ketebalan hampir sama dengan besi CNP. Untuk kegunaan dari besi UNP sendiri yaitu untuk penutup dinding (girts), penutup dudukan atap atau rangka atap, dan rangka komponen konstruksi lainnya. Dari segi harga besi UNP dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan besi CNP.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Besi Kanal CNP & UNP, Materi Penting untuk Konstruksi

Demikian beberapa keuntungan dan jenis besi kanaluntuk konstruksi bangunan. Anda pun bisa mempertimbangkan penggunaan besi ini sesuai dengan kegunaan dan harganya. Baik besi CNP ataupun UNP memiliki kegunaan masing-masing dengan kualitas yang sama.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu