Lebih Dekat dengan Besi Kanal CNP & UNP, Materi Penting untuk Konstruksi

lebih-dekat-dengan-besi-kanal-jenis-cnp-dan-unp-kps-steel-jakarta-indonesia-ukuran-besi-cnp

Manfaat penting besi kanal jenis CNP & UNP pada konstruksi bangunan

Untuk membangun sebuah konstruksi, khususnya atap tentunya dibutuhkan materi pendukung yang dapat memperkuat konstruksi bangunan. Jenis materi yang digunakan salah satunya adalah besi kanal jenis CNP & UNP.

Baca Juga: Mengenal Standar Pada Produk Besi Dan Baja

Untuk dapat membedakan keduanya, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang besi kanal tersebut:

Seluk Beluk Besi Kanal

Besi kanal adalah sejenis lembaran baja yang dilapisi chrome dengan teknik pembuatan yang menggunakan teknologi tinggi sehingga ketebalannya lebih presisi. Untuk membuatnya tidak diperlukan waktu yang lama. Seusai pemotongan, akan dibentuk menjadi besi kanal dengan dimensi tertentu.

Fungsi Penting

Penggunaan besi kanal sangatlah penting untuk sebuah konstruksi bangunan. Fungsi vitalnya dapat memperkuat bangunan dan menjadikan bangunan lebih kokoh dan bertahan lebih lama.

Jenis Besi Kanal

Di pasaran dikenal dua jenis besi kanal yang terkenal, yaitu jenis CNP dan UNP. Keduanya diproduksi sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan.  Untuk mengenal lebih jelas, berikut ini spesifikasinya:

  • Besi Kanal CNP

Dinamakan CNP karena bentuk besi kanal ini menyerupai huruf C. Besi ini mempunyai variasi ketebalan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Lebih banyak digunakan dalam pembuatan rangka atap rumah, bangunan industri dan juga bangunan komersial lainnya. Selain untuk konstruksi, besi ini juga dimanfaatkan untuk produk otomotif, rangka kanopi  dan aplikasi pada pagar.

  • Besi Kanan UNP

Besi kanal lainnya adalah jenis UNP yang bentuknya menyerupai huruf U. Panjang dan variasi besi kanal ini tidak berbeda jauh dengan CNP. Penggunaan besi kanal ini lebih banyak digunakan sebagai rangka atap, penopang dinding, sambungan atau balok penutup.

Jenis Kekuatan

Dalam hal kekuatan, besi kanal ini bisa Anda andalkan karena dikenal kokoh dan kuat. Terbuat dari baja, besi ini dapat bertahan dari karat yang ditimbulkan adanya perubahan cuaca dan juga anti rayap. Karena memiliki kekuatan yang lebih inilah, bukan hal yang asing apabila semakin banyak yang memakai besi kanal sebagai pelengkap saat membangun konstruksi bangunan.

Pemasangan

Untuk pemasangannya, Anda tidak perlu cemas, sebab relatif mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hal ini jelas akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Lebih hemat biaya dan dan waktu. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak menggunakannya.

Informasi Harga

Untuk mengetahui tentang harga besi kanal ini tidaklah sulit. Baik itu jenis CNP atau pun UNP berbanding lurus dengan dimensinya. Semakin besar dimensi yang dimilikinya tentu akan lebih tinggi harganya. Dapat dikatakan harga besi ini beragam. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan konstruksi.

Dapat Dimanfaatkan Untuk Bangunan Tahan Gempa

Dari berbagai fungsi yang dihadirkan, keunikan besi kanal ini adalah tentang pemanfaatannya untuk bangunan tahan gempa. Bangunan yang mulai banyak digunakan untuk daerah yang rawan gempa, dapat juga menggunakan besi kanal ini untuk memperkuat konstruksi bangunan. Dengan variasi ukuran dan berat akan lebih memudahkan saat pengaplikasiannya.

Baca Juga: Peran Konstruksi Baja Dalam Sejarah Ritel Modern Di Inggris

Setelah mengetahui informasi tentang besi kanal jenis CNP & UNP, lalu Anda tertarik untuk segera menggunakannya sebagai material pendukung konstruksi bangunan Anda, bisa langsung menghubungi KPS Steel Jakarta yang memang telah dipercaya sebagai distributor besi. Besi kanal yang ditawarkan beragam, kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Demikian informasinya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu