Mengenal Besi Kanal Untuk Kebutuhan Konstruksi

Besi kanal merupakan salah satu jenis besi yang paling sering dan banyak digunakan untuk kebutuhan pembangunan dan konstruksi. Namun bagi orang awam, jenis besi ini tidak terlalu dikenal.

Apakah itu besi kanal untuk kebutuhan konstruksi? Jika diteliti dari segi etimologis, oanal berarti terusan atau sambungan. Namun, apa sebenarnya besi kanal itu? Pertanyaan ini banyak diajukan oleh sebagian orang yang tidak berkecimpung langsung dalam dunia konstruksi atau belum pernah mengaplikasikan material ini. Bagaimana dengan Anda?

Anda dapat menelusuri seluk-beluk material konstruksi yang satu ini. KPS Steel Distributor Besi Jakarta menyajikan artikel ini khusus untuk Anda yang tertarik untuk mencari tahu tentang besi jenis ini.

Seluk-Beluk Besi Kanal

Besi kanal adalah produk fabrikasi dengan bahan utam pelat koil (lembaran baja atau galvalum dilapis chrome). Pembuatannya menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi dengan sistem komputer sehingga dihasilkan bentuk yang presisi.

Proses pembuatannya pun dapat dibilang relatif cepat. Tahapan umumnya meliputi pemotongan pelat, penekukan hingga menjadi bentuk besi kanal dengan dimensi tertentu, pemotongan sesuai panjang standar, pendinginan hingga penyusunan produk untuk dikirim.

Baca Juga: Mengenal Spesifikasi Dan Kegunaan Besi Siku

Selain kuat dan kokoh, besi kanal yang terbuat dari baja ini tahan karat dan antirayap. Dalam pemasangannya juga relatif mudah. Maka itulah, besi kanal ini sangat sering digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan dalam berbagai jenis ukuran.

Jenis-Jenis Dan Kegunaan Besi Kanal

Ada dua jenis besi kanal di pasaran, yaitu besi kanal C dan besi kanal U. Pabrikan dapat memproduksi besi kanal sesuai kebutuhan proyek. Namun, untuk konstruksi umum diproduksi bentuk dan ukuran standar. Berikut spesifikasinya!

Besi Kanal C (Besi CNP)

Dinamakan kanal C karena penampangnya menyerupai huruf C. Besi kanal C atau besi CNP (C-channel) diproduksi dengan panjang standar 6 meter, tetapi dengan beberapa variasi dimensi, seperti (dalam mm) 60, 75, 100, 120, 150, dan 200. Namun di pasaran ketebalannya terbatas pada 3,2 mm.

Besi kanal C umum digunakan dalam pembuatan rangka atap rumah maupun bangunan komersial dan industri; dikenal juga sebagai balok purlin karena dapat berfungsi sebagai dudukan penutup atap. Besi CNP juga diaplikasikan pada pagar/batas, rangka kanopi, dan elemen arsitektural. Ada pula pemanfaatan untuk produk-produk otomotif.

Besi Kanal U (Besi UNP)

Besi kanal U memiliki penampang menyerupai huruf U. Panjang standar dan variasi dimensi besi kanal U tidak berbeda dengan besi kanal C. Demikian pula ketebalannya. Besi kanal U juga digunakan sebagai rangka atap, balok penutup, penopang dinding, dan elemen konstruksi lain termasuk sambungan. Tak jarang juga dimanfaatkan dalam industri otomotif.

Harga besi CNP maupun harga besi UNP berbanding lurus dengan dimensinya. Besi kanal C/U dimensi paling besar tentu memiliki harga tertinggi. Banyak distributor menawarkan material ini dengan beragam harga.

Namun, di KSP Steel kami jual besi CNP dengan harga miring. Demikian halnya kami jual besi UNP. Sebagai salah satu distributor terbaik di Indonesia, area Jabodetabek, kami bukan hanya memberikan harga terbaik, tetapi juga menawarkan produk berkualitas. Untuk informasi detail Anda dapat langsung menghubungi pemasar kami. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Harga Besi Hollow dan Kenali Kegunaannya

Untuk cari tahu harga besi kanal secara lengkap, Anda bisa menghubungi kami di sini!

Bagikan Artikel :
Menu