4 Jenis Besi Hollow dan Ukurannya yang Perlu Anda Ketahui

jenis besi hollow

Macam-Macam Ukuran Besi Hollow

Beragam jenis besi hollow atau holo semakin banyak diminati guna pembangunan berbagai macam proyek konstruksi. Ini merupakan material besi berbentuk batangan dengan rongga kosong pada bagian tengahnya. Material hollow tentunya sudah menjadi bahan yang sangat familiar bagi para pekerja di bidang konstruksi. Namun, untuk yang tidak mengetahui banyak hal mengenai konstruksi, mungkin bahan ini terdengar cukup asing.

Baca Juga: Berikut Tabel Besi Polos yang Perlu Anda Ketahui

Besi jenis ini merupakan material unggulan yang memiliki banyak kelebihan. Misalnya, kekuatannya yang tidak perlu diragukan lagi, memiliki struktur yang kokoh, pemasangannya juga mudah sehingga pekerjaan pembangunan menjadi lebih efisien. Di samping itu, bahan logam utama yakni besi membuat holo memiliki daya tahan tinggi serta tahan terhadap api, berbeda dari kayu. Harganya yang terjangkau juga membuat holo semakin banyak diminati.

Macam-Macam Besi Hollow yang Ada di Pasaran

Perlu Anda ketahui bahwa material holo ada beragam jenisnya. Beberapa jenis berbeda tersebut biasanya digunakan untuk keperluan berbeda juga. Untuk mengetahui jenis yang cocok untuk kebutuhan Anda, pahami macam-macam jenis holo berikut.

1. Hollow Gypsum

Jenis holo pertama yaitu gypsum, merupakan alternatif yang bagus untuk pembuatan rangka plafon baik pada bangunan rumah tinggal maupun jenis gedung lainnya. Jenis yang satu ini terbuat dari material besi dengan lapisan tertentu. Komposisi lapisannya berupa beberapa variasi, contohnya stainless dan meni. Holo gypsum sangat diminati karena ringan namun strukturnya kokoh serta tahan lama. Bahan ini juga bebas rayap sehingga lebih aman untuk jangka panjang.

2. Hollow Galvalume

Jenis holo galvalume juga sering dikenal dengan sebutan Zinc-alume berkat kadar besi serta aluminium yang komposisinya tinggi. Ini merupakan pilihan yang direkomendasikan jika Anda menginginkan bahan bangunan tahan karat. Komposisi galvalume terdiri dari 1,5% silicone, besi 43,5%, serta aluminium sebanyak 55% sebagai lapisan coating. Galvalume merupakan jenis besi hollow yang paling bagus karena ketahanannya terhadap karat sangat tinggi.

3. Hollow Galvanise

Holo galvanise bisa dibilang memiliki kualitas setingkat di bawah galvalume. Komposisi logam penyusun galvanise didominasi oleh unsur zinc atau besi, yakni sebesar 97%. Sedangkan komposisi lainnya yaitu aluminium 1% serta unsur-unsur lain. Komposisinya yang tinggi akan zat zinc membuat permukaan galvanise lebih mudah mengalami korosi atau terkena karat. KPS Steel menyediakan besi galvanise berkualitas dengan harga bersaing untuk kebutuhan pagar, atap, atau struktur konstruksi lainnya.

4. Hollow Hitam

Holo hitam terbuat dari bahan baja hitam sehingga memiliki tampilan kuat dan kokoh. Sayangnya, holo hitam tersedia dalam standar ukuran tertentu sehingga pilihannya terbatas. KPS Steel juga menyediakan besi hollow galvanise berkualitas. Anda dapat memesannya di KPS Steel.

Ukuran Berdasarkan Fungsinya

Selain jenisnya, ukuran material holo juga bervariasi. Anda perlu mengetahui apa kebutuhannya sehingga dapat menentukan ukuran holo yang akan digunakan. Berikut beberapa ukuran material tersebut berdasarkan fungsinya.

1. Sebagai Furniture Industrial

Bangunan bergaya industrial kian populer saat ini. Bahan hollow adalah pilihan material pembuatan furniture. Ukuran yang biasa dipakai untuk fungsi ini ialah 36×36 mm sehingga kuat terhadap beban berat.

2. Sebagai Railing Pagar

Penggunaan material holo untuk railing pagar pada umumnya menggunakan ukuran 40×40. Bisa juga memilih ukuran 50×100 yang ketebalannya 1,6 mm.

3. Sebagai Railing Tangga

Material untuk railing tangga juga bisa menggunakan besi holo berkualitas. Jika Anda ingin mengaplikasikannya, pilihlah ukuran 30×60 yang tebalnya 1,2 mm.

4. Sebagai Rangka Plafon

Pemasangan plafon secara mudah dapat menggunakan holo gypsum yang ringan namun tetap kokoh. Ukuran ideal jenis hollow gypsum sebagai rangka plafon ialah 40×40.

Material holo adalah pilihan tepat untuk menjadikan gedung Anda kokoh dan indah. Anda dapat memilih jenis galvanis dan hollow hitam berkualitas untuk berbagai konstruksi. KPS Steel menyediakan kedua jenis besi hollow tersebut dengan kualitas terbaik untuk Anda. Beli besi berkualitas dan tahan lama di KPS Steel.

Baca Juga: Cara Kerja Metode Blasat Furnace Pada Besi Kasar

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai besi hollow dan beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu