Kegunaan Besi Cincin untuk Bangunan

kegunaan-besi-cincin-untuk-bangunan

Salah satu kegunaan dari besi cincin adalah sebagai pengekangan inti beton yang bertujuan agar jika terjadi getaran besar kehancuran tidak dapat merambat ke inti beton.

Material yang digunakan dalam pembangunan sangatlah banyak, bukan hanya pasir dan semen saja tetapi ada material lainnya juga. Salah satu material yang sangat dibutuhkan dalam sebuah pembangunan adalah besi cincin atau sering disebut dengan begel sengkang. Mungkin di setiap daerah besi jenis ini disebut dengan nama-nama yang berbeda, tapi kali ini kita sebut besi jenis cincin saja, ya.

Banyak orang awam yang bertanya, apa saja kegunaan besi jenis cincin untuk bangunan? Sudahkah Anda mengetahuinya, atau mungkin Anda salah satu orang awam yang memiliki pertanyaan sama? Jika iya, yuk simak informasi yang akan diulas di bawah ini:

Baca Juga: Pengetahuan Seputar Cor Dak, Kolom Tiang, Dan Sloof

Apa Itu Besi Cincin?

Sebelum beralih pada pembahasan kegunaan, Anda wajib tahu apa itu besi jenis cincin. Nah, besi ini merupakan komponen struktur yang terbuat dari beton, yang kemudian dibentuk layaknya ring atau cincin dan digunakan untuk penahan beban geser.

Kegunaan Besi Jenis Cincin untuk Bangunan

Setelah mengetahui pengertian dari besi jenis cincin, kini akan disajikan kegunaan dari besi jenis ini. Kira-kira besi jenis ini memiliki kegunaan yang seperti apa, ya? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Menahan Gaya Geser

Kegunaan yang pertama ini sudah umum dan sudah diketahui oleh orang banyak, yakni menahan gaya geser. Gaya geser merupakan sebuah gaya yang sangat berbahaya pada bangunan, sebab dapat mengakibatkan terjadinya keruntuhan.

Maka dari itu, untuk menahan gaya geser, Anda bisa memanfaatkannya. Nah, jika gaya geser cukup besar, maka yang Anda perlukan adalah sekang atau besi cincin, karena kapasitas geser beton terbatas. Jadi, semakin besar gaya geser, maka sekang yang digunakan juga semakin meningkat.

2. Lateral Restraint untuk Tulangan Tekan

Fungsi kedua adalah menjadi lateral restraint untuk tulangan tekan. Karena tanpa besi ini, apabila gaya tekan yang diterima tulangan melebihi pcr atau terjadi getaran seperti gempa, maka struktur akan hancur. Hal ini bisa terjadi karena tulangan mengalami blucking, dan tentunya sangat membahayakan, bukan?

3. Pengekangan Inti Beton

Selanjutnya, besi cincin juga berfungsi sebagai pengekangan inti beton yang bertujuan agar jika terjadi getaran besar kehancuran tidak dapat merambat ke inti beton. Itu jika ada pengekangan, ya, kalau tidak ada dapat dipastikan kehancuran bisa masuk dengan mudah ke inti beton, sehingga dapat mengakibatkan keruntuhan.

4. Memperkuat Sambungan antar Tulang

Manfaat terakhir adalah memperkuat sambungan antar tulang, karena tidak mungkin jika pada bangunan tidak ada sambungan ini. Dengan adanya sambungan antar tulang ini, pastinya akan menjadi titik lemah pada bangunan yang rawan kehancuran.

Namun dengan adanya besi jenis cincin ini, kehancuran dapat dihindari karena besi ini berfungsi sebagai penguat sambungan antar beton. Akan tetapi pemasangan sengkang alias besi jenis cincin ini juga tidak bisa sembarangan, ya. Anda perlu memasangkannya dengan rapat. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan ketika pemasangan cukup renggang, maka dapat mengakibatkan kegagalan pada daerah sambungan antar tulang. Dengan memasangkan besi jenis cincin secara rapat, dapat meningkatkan kekuatan pada sambungan antar tulang.

Namun perlu Anda ingat, bahwa dalam pemasangan sengkang pada sambungan antar tulang, daerah pemasangan harus tepat, ya. Selain itu, menurut ahli harus ada panjang penyaluran sepanjang 40d, agar pemasangan berhasil dan tidak menimbulkan hal-hal yang merugikan.

Baca Juga: Cara Menghitung Besi Beton, Besi Cincin, Dan Besi Pokok

Jadi, itulah beberapa informasi yang bisa disampaikan terkait kegunaannya untuk Anda. Meskipun Anda tidak bekerja di bidang ini, tidak ada salahnya mempelajari tentang besi jenis cincin, karena bisa menambah pengetahuan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu