Cara Menghitung Besi Beton, Besi Cincin, Dan Besi Pokok

Supaya dapat melakukan konstruksi yang efisien, Anda memerlukan bahan-bahan yang sesuai. Jumlah bahan material, seperti besi, yang kurang atau berlebih hanya akan membuang waktu, tenaga, dan juga uang.

Besi yang dibutuhkan untuk keperluan konstruksi juga beragam. Bahan besi yang dibutuhkan mulai dari besi as, besi beton, besi cincin, besi hollow, besi kanal, besi plat, besi profil, besi pokok, besi siku, hingga besi wiremesh. Menghitung jumlah yang sesuai dengan rencana biaya harus Anda dan ahli konstruksi Anda lakukan sebelum menggunakan besi-besi tersebut.

Terdapat tiga jenis besi yang selalu digunakan pada saat membangun sebuah konstruksi. Ketiga besi tersebut yaitu besi beton, besi cincin, dan besi pokok. Karena itu, para ahli konstruksi dan Anda harus benar-benar menghitung kebutuhan ketiga besi tersebut dengan tepat. KPS Steel, selaku distributor besi Jakarta akan memberikan penjelasan kepada Anda bagaimana cara menghitung jumlah besi.

Cara Menghitung Besi Beton Yang Diperlukan

Dalam konstruksi, umumnya terdapat dua jenis beton yang dapat Anda gunakan. Pertama, besi beton polos yang mudah dibengkokkan dan kedua, besi beton uliran yang sangat sulit dibengkokkan. Sebelum menggunakan besi beton, Anda harus menentukan panjang dan diameternya. Jika sudah menentukan panjang dan diameter besi beton, Anda harus melihat tabel berat besi yang sudah ada.

Jika menggunakan besi dengan panjang 24m dan diameter 8, berat besi tersebut adalah 0,395kg/m menurut tabel. Maka, volume besi berjumlah 0,395kg/m x 24m=9,48kg. Jumlah besi yang dibutuhkan adalah 24m : 12m (panjang besi per batang di pasaran adalah 11m dan 12m) = 2 batang besi.

Baca Juga: Mari Pelajari Lebih Lanjut Tentang Tangga Putar Besi!

Cara Menghitung Besi Cincin Yang Diperlukan

Besi cincin dengan panjang 36m dan diameter 8, maka perhitungan berat besi tersebut adalah 0,395kg/m. Tulangan besi cincin memiliki panjang 25cm+15cm+25cm+15cm+5cm+5cm=90cm=0,9m. Jumlah tulangan besi cincin adalah 40 tulangan besi cincin. Hasil ini didapat dari perhitungan jarak pemasangan 15cm pada tinggi kolom 6m, yang membentuk perhitungan 6m x 0,15m.

Banyaknya besi cincin yang dibutuhkan adalah 36m (panjang tulangan besi cincin): 11m (panjang besi per batang di pasaran adalah 11 m dan 12 m)=3,27 batang dan berat besi cincin yang dibutuhkan adalah 0,395 kg/m x 36m=14,22kg.

Cara Menghitung Besi Pokok Yang Diperlukan

Jika menggunakan besi pokok sebanyak 4 batang dengan panjang 6m dan diameter masing-masing besi 10, berat besi tersebut adalah 0,617kg/m menurut tabel. Volume besi yang akan digunakan adalah 4mx6m=24m.

Banyaknya besi pokok yang dibutuhkan adalah 24m : 11m (panjang besi per batang di pasaran adalah 11m dan 12m)=2,18 batang dan berat besi pokok yang dibutuhkan adalah 0,617kg/m x 24m=14,808kg.

Persoalan mengenai jumlah material konstruksi besi bukanlah perkara mudah. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi pada distributor besi Jakarta, KPS Steel, untuk jumlah perhitungan besi beton, besi cincin, dan besi pokok yang Anda perlukan. Selain itu, KPS Steel juga menawarkan harga yang miring, namun tetap berkualitas. 

Baca Juga: Model Teralis Minimalis Untuk Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam jenis besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu