Intip 7 Cara Memilih Besi Beton yang Bagus

Intip 7 Cara Memilih Besi Beton yang Bagus KPS Steel distributor besi jakarta

Bagi Anda yang ingin membeli besi beton (steel bar), sebaiknya kenali lebih dulu apa saja kelebihan besi beton sebab jenis material konstruksi. Salah satunya yaitu berperan besar dalam menjaga kekokohan struktur bangunan.

Material ini memang sudah lama digunakan oleh banyak orang, dalam mempertahankan struktur bangunan agar mampu berdiri dalam waktu lama. Saat ini pilihan jenis material tersebut tidak hanya 1, namun tersedia juga berbagai jenis dengan merek dan ukurannya masing-masing.

Material ini bekerja dengan saling melengkapi bersama beton, karena kedua material ini dikenal kuat untuk digunakan sebagai material bangunan. Jika pembaca masih bingung cara memilih steel bar berkualitas, maka kami akan membantu Anda untuk memilihnya melalui tips berikut ini.

Keistimewaan Besi Beton

Mungkin sebagian pembaca masih bertanya-tanya, mengapa banyak orang lebih memilih jenis material ini ketimbang jenis lainnya. Setiap material memang memiliki kelebihannya masing-masing, begitu juga steel bar yang terkenal akan ketahanan dan kekuatannya.

1. Mudah Dipasang

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh steel bar yaitu, material ini mudah dipasang dengan fabrikasi bengkel. Dengan pemasangan menggunakan alat khusus, material akan bertahan lebih lama karena bisa menggunakan mesin las, mesin bending atau jenis mesin lainnya.

2. Mudah Dipotong

Kelebihan besi beton lainnya adalah material ini mudah dipotong, untuk menyesuaikan ukuran bangunan dengan besi, biasanya tenaga ahli akan memotongnya. Meskipun dimensi dari steel bar terbilang cukup tebal, namun material ini tetap bisa dipotong menggunakan mesin las.

3. Mampu Bertahan Lama

Keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh jenis material lain adalah, steel bar mampu bertahan lebih lama tanpa mengalami penurunan kualitas, jika mendapat perawatan dengan tepat. Selain itu steel bar bersifat homogen, artinya material ini memiliki kualitas dan mutu yang terjamin.

Baca Juga: Tabel Berat Jenis Besi Beton dan Ulir Serta Cara Menghitungnya

Cara Memilih Besi Beton

Agar pembaca bisa membedakan mana steel bar berkualitas dan mana yang tidak, kami akan mengajak pembaca untuk mengetahui berbagai jenisnya, mulai dari bentuk, warna hingga ukuran yang masing-masing berbeda jenisnya.

1. Tentukan Jenis-Jenis Besi Beton

Penentuan jenis besi beton yang akan digunakan dapat disesuaikan dengan jenis bangunan yang ingin didirikan. Terdapat bentuk ulir dan polos, masing-masing bentuk memiliki keunggulannya tersendiri.

  • Ulir

Untuk bentuk ulir, banyak orang berpendapat bahwa bentuk ulir lebih sulit dibentuk. Namun tipe ini memiliki tingkat kekokohan yang baik.

  • Polos

Sedangkan bentuk polos lebih mudah dibentuk, dan Anda bisa menemukan tipe polos seperti ini di berbagai merek material steel bar.

Baik besi beton ulir maupun besi beton polos, KPS Steel selaku distributor besi Jakarta menyediakannya untuk meemenuhi kebutuhan besi Anda.

2. Perhatikan Kondisi Besi Beton

Kondisi steel bar sangat penting diperhatikan, jangan sampai ada kecacatan pada material yang membuat struktur bangunan menjadi tidak sempurna.

  • Jangan Pilih yang Berkarat

Pastikan steel bar pilihan Anda tidak ada bagian yang terkena karat, karena bagian tersebut dapat mempengaruhi kondisi bangunan dan kesehatan.

  • Jangan Tergiur Harga Miring

Biasanya kualitas steel bar yang kurang baik akan dijual dengan harga murah, maka dari itu perhatikan terlebih dulu sebelum membelinya.

3. Memilih Besi Beton yang SNI

Agar kelebihan besi beton bisa pembaca manfaatkan dengan maksimal, maka pilihlah steel bar yang memiliki logo SNI. Dengan terteranya logo tersebut, maka membuktikan bahwa produk material ini telah memenuhi standar yang ditetapkan di Indonesia.

4. Pilih Besi Beton Berdasarkan Warna

Warna pada besi beton sebagai penanda kelasnya. kelas BjTP 24 berwarna hitam, BjTP 30 & BjTD 30 berwarna biru, BjTD 35 berwarna merah, BjTD 40 berwarna kuning dan BjTD 50 berwarna hijau.

5. Perhatikan Ukuran Besi Beton

Kelebihan besi beton juga bisa dilihat berdasarkan ukuran, panjang dan diameter steel bar cukup beragam, mulai dari 6, 8, 10, 12, 13, 16, 22, dan 25 milimeter.

6. Sesuaikan Besi Beton dengan Kebutuhan

Sesuaikan ukuran steel bar dengan kebutuhan, agar sesuai dengan konstruksi bangunan serta pastikan kekuatan tegangan yang dihasilkan sesuai keinginan pengguna.

7. Membeli Besi Beton yang Bermerk

Kelebihan besi beton juga bisa Anda dapatkan, dengan memilih material bermerek. Besi beton yang bermerk merupakan salah satu tanda bahwa besi tersebut merupakan produk pabrik dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Berikut ragam merk besi beton yang dapat Anda gunakan:

  • Merk Besi Beton HIJ

Hanil Jaya Steel menyediakan besi polos dan ulir, sudah memenuhi standar SNI dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di dalam negeri.

  • Besi Beton Perwira

Biasanya merek besi ini digunakan untuk konstruksi jalan tol, jembatan atau bangunan umum. Toleransi sekitar 0,2 cm dan sudah memenuhi standar SNI, dan kualitas tidak perlu diragukan.

  • Besi Beton DP (Delco Prima)

Produk unggulan ramah lingkungan dan telah memenuhi standar SNI, dengan nilai toleransi besi 0,2 mm dan mengedepankan kualitas.

  • Besi Beton MS (Master Steel)

Kelebihan besi beton juga bisa Anda dapatkan dari Master Steel, perusahaan yang sudah lama berdiri dan mengedepankan produk berkualitas.

  • IS (Interworld Steel)

Sudah dipercaya kualitasnya dan didukung oleh tim ahli konstruksi, produk ini bisa Anda temukan dengan mudah.

  • Besi Beton CS (Cakratunggal Steel)

Kualitas dan daya tahan yang terjamin, juga mudah diterapkan di berbagai konstruksi bangunan, membuat produk ini dipilih oleh banyak orang.

  • Merk Besi Beton KS (Krakatau Steel)

Memiliki nilai toleransi paling kecil 0,1 mm, menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan dengan kualitas yang terjamin.

Steel bar memiliki tingkat deformasi yang baik, hal ini dapat membuat bangunan lebih lama kokoh. Anda bisa memilih besi beton dengan berbagai merek di KPS Steel yang terpercaya.

Baca Juga: Perbedaan Jenis Besi Beton Polos dan Ulir yang Wajib Dipahami

Jika Anda membutuhkan besi untuk melengkapi kebutuhan konstruksi bangunan, KPS Steel selaku Distributor Besi Jakarta terbaik menyediakan beragam jenis besi. Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel

Bagikan Artikel :
Menu