4 Cara Mengetahui Besi Beton Asli dengan Besi Beton Palsu

cara membedakan besi beton asli dengan yang palsu

Cermati dan ketahui ciri-ciri besi beton asli dengan besi beton palsu, sebelum Anda membeli. Besi beton memiliki peran penting dalam dunia pembangunan, untuk itu Anda tidak boleh salah membeli besi beton.

Hal ini dikarenakan banyaknya barang palsu yang ada di pasaran dan dijual dengan harga miring. Bahkan banyak penjual nakal yang mengatakan barang asli, yang sebenarnya merupakan barang imitasi atau abal-abal.

Sebagai pembeli, sudah sepatutnya Anda harus cerdas membedakan besi beton asli dengan yang palsu. Hal ini dilakukan demi meminimalisir berbagai risiko pembangunannya.

Bahan material yang satu ini, sangat dibutuhkan sebagai material campuran yang sangat bermanfaat untuk pertahanan. Sehingga mampu menahan beban, atau menjadi penyangga pada bangunan, dan mampu membuat bangunan menjadi lebih kokoh.

Jangan sampai karena mencari harga yang lebih murah, Anda harus mengabaikan keaslian dari bahan material tersebut. Mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan karena harganya murah, tetapi untuk jangka panjang sangat berisiko.

Cara Mengetahui Keaslian Besi Beton yang Ingin Dibeli

Maka dari itu jika ingin mendapatkan besi beton yang asli, Anda harus tahu bagaimana cara membedakannya. Berikut beberapa cara sederhana dan paling mudah yang dapat Anda lakukan, sehingga tidak mengalami kesulitan atau penipuan.

1. Kenali Spesifikasinya

Pertama, Anda harus mengetahui kalau barang yang asli ada spesifikasi khusus bahkan memiliki standar SNI. SNInya yaitu 07-2052-2002 yang mana pada proses pembuatan harus terhindar dari lipatan, kandungan serpihan dan lainnya.

Pada pedoman SNInya mengatur tentang jenisnya, ukuran, panjang, berat, dan toleransi penyimpanan. Semua harus sesuai dan tidak boleh kurang ataupun melebihi dari standar yang sudah ditentukan.

Contohnya dari standar yang ada antara 0,222 kg/m sampai 17,4 kg/m dengan toleransi 3,5% maksimal. Jika Anda mendapatkan besi beton dengan ukuran tidak sesuai standar maka dipastikan palsu.

2. Cari Merk Terkenal dan Berkualitas

Kalau Anda memang tidak memiliki pengalaman membeli besi jenis ini sebelumnya, maka harus mencari banyak informasi. Karena tidak semua penjual mau jujur pada pada produk yang dijual demi mendapatkan keuntungan.

Salah satunya dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang merk terkenal apa saja, dan bagaimana kualitasnya. Saat ini internet memberikan banyak kemudahan mencari informasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghindari barang palsu.

Dengan cara ini Anda bisa mengetahui keunggulan setiap merk dan apa saja kekurangannya sebagai pertimbangan. Ketika akan membeli secara langsung tinggal sebutkan saja merknya sehingga dijamin mendapatkan barang asli.

Baca Juga: Tips Membuat Pondasi Mezzanine Menggunakan Besi Beton

3. Perhatikan Harga Pasarannya

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli besi beton secara langsung sebaiknya cermati harga pasarnya. Sebaiknya cari informasi berapa harga umum di Indonesia karena dapat dijadikan sebagai patokan.

Jika mendapatkan harga lebih rendah sebaiknya waspada, karena bisa saja palsu atau barang cacat. Akan sangat merugikan jika Anda mengeluarkan banyak uang namun mendapatkan barang palsu.

Lakukan perbandingan harga juga antar toko sebagai informasi dan demi mendapatkan harga terbaik. Ingat jangan menjadikan harga sebagai dasar, poinnya Anda harus lebih waspada jika terlalu murah atau terlalu mahal.

4. Lakukan Pengecekan Dimensi

Selain beberapa langkah di atas, Anda juga bisa melakukan pengecekan secara langsung dari dimensinya. Pastikan kalau dimensi harus sesuai dengan standar SNI sehingga dapat dijadikan sebagai acuan.

Meskipun tidak ada yang diproduksi 100% sempurna, kini sudah ada toleransi kekurangan sesuai standar. Jadi, jangan sampai toleransinya berbeda terlalu jauh karena sudah pasti barang palsu.

Jika memang Anda belum paham bagaimana cara mengecek dimensinya maka bisa mengajak orang yang lebih tahu. Karena dengan cara tersebut jauh lebih aman dan meminimalkan risiko.

Sebenarnya cara termudah untuk mendapatkan yang asli adalah membeli di toko terpercaya. Percayakan kepada KPS Steel yang selalu menjual besi beton asli dan silahkan cek sendiri keasliannya secara langsung.

Baca Juga: Besi Beton, Penguat dalam Konstruksi Beton

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi beton lainnya. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu